news image
news September 4, 2024

Apa itu SEO? Pengertian, Cara Kerja, Strategi, dan Tips SEO

 

Bagi yang tertarik mendalami dunia marketing digital, maka SEO menjadi salah satu hal penting yang harus dipelajari dan dipahami. SEO atau search engine optimization adalah salah satu strategi penting yang perlu dipelajari.

 

Mengapa demikian? Karena SEO dapat membantu website muncul di hasil pencarian organik, sehingga akan meningkatkan trafik dan pengunjung website.

 

Selain itu, SEO juga dapat meningkatkan efektivitas berbagai upaya pemasaran yang sedang diterapkan oleh perusahaan.

 

Menariknya, strategi ini tidak memerlukan biaya besar untuk diterapkan.Oleh karena itu, hampir semua perusahaan yang menjalankan kampanye marketing saat ini menggunakan metode SEO.

 

Bahkan, penyedia layanan SEO diperkirakan akan meraup untung hingga 83,7 miliar dolar AS pada tahun 2025 dengan CAGR sebesar 19,6%, menurut penelitian PR Newswire.

 

Oleh karena itu,  kali ini kita akan membahas segala hal tentang SEO, mulai dari definisi hingga cara kerjanya. Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini! 

Apa itu SEO?

SEO merupakan singkatan dari search engine optimization. Lebih lanjut, SEO adalah praktik optimasi situs web di mesin pencari. Tujuannya adalah agar situs lebih terlihat di mesin pencari seperti Google. SEO meningkatkan peluang halaman situs muncul berdasarkan kata kunci atau keyword yang relevan.

 

Jika pengguna memasukkan kata kunci di mesin pencari, mereka cenderung mengklik tautan yang muncul di baris pertama hasil pencarian. Ini adalah impian setiap pemilik situs, yaitu melihat halaman situs mereka di posisi teratas mesin pencari.

 

Semakin banyak yang mengklik tautan menuju situs di mesin pencari, semakin meningkat traffic-nya. Jika SEO diterapkan dengan baik, peluang situs untuk mencapai traffic yang besar akan meningkat.

 

Bukan hanya traffic, SEO juga berfungsi menunjukkan kualitas sebuah situs sesuai tujuan. Pengunjung tentu ingin kata kunci mereka di mesin pencari menuju tautan yang relevan dengan informasi yang mereka butuhkan. 

Cara Kerja SEO

Setelah memahami definisi SEO, berikutnya pasti penasaran dengan cara kerjanya, kan? Penggunaan SEO sangat bergantung pada algoritma mesin pencari. Hal itu disebabkan, karena SEO memiliki tiga tahap dalam cara kerjanya.  

 

Setiap cara kerja SEO mengandalkan web crawler milik mesin pencari. Web crawler bertugas mengumpulkan informasi agar halaman situs yang ditemukan bisa masuk indeks. Berikut adalah tiga tahap cara kerja SEO:

Crawling

Pada tahap crawling, web crawler mencari dan mengumpulkan informasi berupa halaman yang baru diperbarui. Web crawler akan memasukkan halaman tersebut ke dalam indeks.

Indexing

Setelah web crawler memasukkan halaman situs ke dalam indeks, mesin pencari akan menilai kata kunci, kualitas, struktur, dan relevansinya. Kemudian, mesin pencari menampilkan halaman tersebut sesuai kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna.

Ranking

Mesin pencari mengurutkan setiap halaman situs yang tersimpan di indeks berdasarkan kata kunci. Halaman yang berada di posisi teratas menandakan paling relevan bagi pengguna. 

Kelebihan SEO

Setelah mengetahui definisi SEO dan juga cara kerjanya, dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa SEO memiliki banyak manfaat dan kelebihan, terutama untuk website.  

 

Meskipun tidak dapat langsung terlihat dalam jangka pendek, SEO cukup ampuh untuk strategi marketing dalam jangka panjang, dan bagi pengusaha perlu bersabar dan berusaha untuk mengetahui hasil SEO. Lalu, apa saja kelebihan SEO? Berikut beberapa kelebihan yang bisa kamu rasakan sebagai pengusaha atau pemilik website.  

 

Website Mudah Ditemukan Target Audiens

Target audiens cenderung mengklik website yang berada di halaman pertama SERP dan malas membuka halaman berikutnya. SEO memungkinkan website berada di halaman pertama sehingga lebih mudah dicari oleh target audiens. Jumlah traffic website pun bertambah jika strategi SEO diterapkan dengan baik, baik secara off-page maupun on-page.

 

Mendapatkan Target Audiens yang Tepat

SEO bisa mempertemukan bisnis dengan target audiens yang sesuai. Penggunaan kata kunci yang tepat dalam konten atau halaman produk dapat meningkatkan peluang website lebih mudah ditemukan target pasar. Algoritma mesin pencari juga memunculkan hasil pencarian sesuai karakteristik audiens, seperti demografi dan histori penelusuran.

 

Meningkatkan Brand Awareness

Mesin pencari adalah sarana praktis dalam membangun brand awareness bisnis. Ketika pengguna mencari produk yang dibutuhkan, mereka langsung membuka mesin pencari dan mencari informasi tentang produk tersebut. Besar kemungkinan mereka akan menemukan website di SERP dan membukanya. Manfaatkan keuntungan ini untuk membuat atau mengoptimasi konten dan halaman produk di website agar sesuai kaidah SEO.

Meningkatkan Angka Penjualan atau Konversi

SEO membuat website mampu menjangkau target audiens lebih luas, bahkan bisa menyasar pengguna media sosial. Traffic website akan meningkat jika berhasil menembus ranking teratas di SERP. Akibatnya, bisnis memiliki angka penjualan dan konversi yang bertambah sehingga pendapatan juga meningkat. Manfaat terakhir ini bisa meningkatkan level bisnis di masa depan. 

Strategi SEO

Setelah mengetahui berbagai manfaat SEO, sekarang saatnya mempraktikkan cara penerapan SEO untuk menarik traffic dan pengunjung ke situs.  

 

Tidak cukup hanya mengetahui teorinya, penerapan yang maksimal sangat penting.Berikut adalah tahapan strategi untuk menerapkan SEO agar situs berpeluang mengundang traffic organik.

Riset Keyword

Cara pertama dimulai dari riset keyword. Mulai dengan mencari keyword yang relevan untuk situs. Lakukan riset untuk menemukan keyword apa yang sering dicari pengguna saat itu agar konten relevan dengan target. Gunakan alat seperti Google AdWords atau Keyword Tool untuk melakukan riset pada kata kunci pilihan.

Gunakan Tools Pendukung SEO

Saat menulis konten situs, pastikan keyword sudah tersebar secara alami dan SEO diterapkan dengan tepat. Cara termudah adalah menginstal plugin SEO untuk membantu memastikan hal ini. Jika menggunakan WordPress, terdapat beberapa pilihan plugin SEO seperti AIOSEO dan Yoast SEO.

 

Baca juga: 5 SEO Tracking Tools Terbaik 2024

 

Pastikan Waktu Loading Website Cepat

Dalam penerapan SEO, waktu loading situs harus cepat. Jika loading situs lama, pengunjung akan merasa tidak nyaman dan segera beralih ke situs lain. Aktifkan cache dalam website dan kompres setiap gambar agar loading tidak lama.

 

Baja juga: 5 Rekomendasi Plugin Ini Bisa untuk Mempercepat Loading Website WordPress

 

Pastikan Konten Berkualitas

Terakhir, buatlah konten original yang sesuai dengan keyword pilihan. Jangan menjiplak secara utuh dari artikel lain. Konsistensi juga penting agar situs berpeluang tinggi mendapatkan traffic banyak. Update situs secara konsisten dengan konten baru yang menarik dan ramah SEO. Beri backlink ke referensi yang kredibel agar konten berkualitas.

 

Baca juga: 15 Cara Membuat Artikel SEO Friendly dan Berkualitas

 

Sematkan Backlink dan Internal Link

Strategi berikutnya untuk optimasi SEO sematkan backlink dan internal link. Backlink dari situs web terpercaya dapat meningkatkan otoritas halaman. Sumber backlink yang baik biasanya berasal dari situs resmi dengan konten berkualitas.  

 

Selain itu, gunakan internal link untuk menghubungkan konten di dalam website. Ini membantu pengunjung menavigasi situs dengan mudah dan meningkatkan click-through rate.

 

Baca juga: 7 Tips Meningkatkan SEO On-page untuk Website

 

Buat Meta Description Menarik

Meta description adalah deskripsi singkat yang muncul di hasil pencarian. Pastikan meta description mengandung keyword yang relevan dan menjelaskan isi artikel secara singkat. Buatlah menarik dan tidak lebih dari 140 karakter untuk menarik pembaca agar mengunjungi situs.

 

Baca juga: Apa itu Meta Tag: Definisi, Contoh, dan Kegunaannya pada Mesin Pencarian

 

Buat Konten yang Human-Friendly

Konten yang human-friendly lebih disukai oleh mesin pencari. Jadi, usahakan untuk fokus pada pembuatan konten yang mudah dipahami dan menjawab kebutuhan pembaca. Jelaskan topik secara detail dan tempatkan diri sebagai pembaca yang tidak tahu apa-apa tentang topik tersebut.

Optimasi URL

Buat URL yang sederhana dan mengandung keyword. Hindari penggunaan angka dan simbol. URL yang jelas memudahkan mesin pencari untuk mengenali isi halaman. Misalnya, ubah URL default menjadi “domain.com/trik-seo-meningkatkan-traffic” untuk memudahkan pengindeksan.

Pastikan Struktur Halaman dengan Tepat

Struktur halaman yang jelas memudahkan pembaca dan mesin pencari. Oleh karena itu, optimasi SEO selanjutnya, gunakan heading seperti H1, H2, dan H3 untuk memetakan konten. Pastikan setiap halaman memiliki alur yang logis dan ditambahkan dengan call-to-action (CTA) yang jelas. 

Optimasi SEO dengan Website Anti Lemot

Itu lah ulasan mengenai SEO mulai dari definisi, kelebihan hingga strategi SEO agar dapat meningkatkan rangking website. Jika cara-cara sudah diterapkan dengan baik dan benar, maka kamu akan mendapatkan banyak manfaat dan hasil yang maksimal dari optimasi SEO.  

 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa salah satu strategi SEO adalah memastikan kecepatan loading website agar tidak lemot ketika diakses. Nah, untuk itu kamu perlu memulai dengan memilih hosting terbaik seperti, NEO WordPress.  

 

Websitemu dijamin akan minim downtime, cepat dan tetap stabil berapapun visitornya. Cukup dengan 50 ribu/bulan kamu bisa mendapatkan banyak manfaat sebagai berikut:  

 

  1. Website aman dan terhindar dari gangguan di level server karena automasi Kubernetes.
  2. Website pasti memiliki performa tercepat tanpa downtime.  
  3. Free AI Web builder dengan text generator berbasis Chat-GPT.  
  4. Mampu menampung jutaan visitor visitornya dengan cache built-in dan sumber daya yang fleksibel.  
  5. Dilengkapi dengan fasilitas lain seperti, SSL, WordPress terbaru, bandwidth gratis, dan domain populer mulai dari ID hingga COM.  
  6. Website assistant yang tersedia 24/7 untuk membantu menyelesaikan berbagai kendala.

 

Dapatkan NEO WordPress Sekarang

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai fitur baru NEO WordPress kamu juga bisa menghubungi kami melalui fitur live chat, maupun email ke support@biznetgio.com