5 Control Panel Terpopuler 2023, Manakah yang Paling Tepat Untuk Website?

Seperti yang kita ketahui, control panel merupakan elemen penting yang menyediakan akses untuk mengatur atau mengelola suatu sistem, terutama website. Control panel umumnya berisi berbagai menu dan opsi yang memungkinkan pengguna untuk mengatur, mengkonfigurasi, dan memantau penggunaan sumber daya sistem. 


Dalam lingkup penggunaan web hosting dan virtual private server (VPS), control panel adalah aplikasi yang digunakan untuk mengelola dan mengontrol hosting website. Control panel biasanya mencakup berbagai fitur, seperti mengatur email, database, file, dan pengaturan lainnya seperti akses FTP, manajemen domain, dan pengelolaan database.


Apa saja fungsi control panel? 

Berikut merupakan beberapa fungsi dari control panel yang perlu kamu ketahui. 


  1. Konfigurasi server 
    Pengguna dapat mengkonfigurasi server mereka, termasuk memilih sistem operasi, mengatur ruang disk, memperbarui software, dan memonitor kinerja server. 
     
  2. Manajemen situs web 
    Pengguna dapat mengelola situs web mereka, termasuk mengunggah file, membuat database, mengelola domain, dan mengatur email. 
     
  3. Keamanan
    Control panel hosting atau server biasanya menyertakan fitur keamanan, seperti firewall, backup, dan anti-virus. 
     
  4. Pengguna dan akses 
    Pengguna dapat mengelola akses dan hak akses pengguna mereka, termasuk mengatur akun FTP, akun email, dan akses ke data dan aplikasi. 
     
  5. Statistik dan laporan
    Control panel hosting atau server juga dapat memberikan informasi statistik dan laporan tentang kinerja server, lalu lintas situs web, dan penggunaan sumber daya. 
     
  6. Pengelolaan domain dan subdomain 
    Tidak hanya mengatur akun, pengguna juga dapat mengatur domain melalui control panel, seperti perpanjangan domain, mengedit DNS, mengatur subdomain, mendaftarkan domain baru, dan berbagai pengaturan domain serta subdomain lainnya. 

Manfaat control panel 

Control panel hosting memiliki manfaat yang sangat penting bagi pengguna hosting atau server, antara lain: 


  • Kemudahan penggunaan: Control panel hosting dirancang untuk menjadi intuitif dan mudah digunakan bahkan bagi pengguna awam yang tidak memiliki pengalaman teknis. Ini memungkinkan pengguna untuk mengelola hosting mereka dengan lebih efisien tanpa harus mempelajari banyak hal teknis. 

  • Manajemen situs web yang efektif: Control panel hosting memungkinkan pengguna untuk mengelola situs web mereka, seperti mengunggah file, membuat database, mengelola domain, dan mengatur email dengan lebih mudah dan cepat. 

  • Kontrol dan keamanan: Control panel hosting menyediakan fitur keamanan seperti firewall, backup, dan anti-virus yang membantu pengguna untuk menjaga keamanan situs web dan data mereka. 

  • Pemantauan kinerja: Control panel hosting juga memungkinkan pengguna untuk memantau kinerja hosting mereka dan melacak lalu lintas situs web, penggunaan sumber daya, dan penggunaan bandwidth. 

  • Skalabilitas: Control panel hosting memungkinkan pengguna untuk memperluas hosting mereka ketika dibutuhkan, seperti menambah ruang disk, memperbarui software, atau menambah domain. 

Dengan manfaat-manfaat tersebut, control panel hosting membantu pengguna untuk mengelola hosting mereka dengan lebih mudah, efisien, dan aman, sehingga mereka dapat fokus pada pengembangan situs web mereka dan pertumbuhan bisnis. 


Adapun contoh control panel yang umum digunakan adalah cPanel, Plesk, dan DirectAdmin. Control panel ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengelola situs web mereka tanpa harus memiliki pengetahuan teknis yang mendalam. 


Nah, ingin tahu lebih lengkap apa saja control panel terpopuler sekaligus terbaik yang gratis maupun berbayar? Yuk, simak ulasan lengkapnya dalam artikel berikut ini. 


  1. cPanel

    Tidak diragukan lagi, cPanel merupakan control panel yang populer dari masa ke masa. Terkenal memiliki banyak pengguna di dunia, control panel berbasis Linux/Unix ini memiliki user-interface yang mudah digunakan, bahkan oleh para pemula sekalipun.

    Melalui cPanel, pengguna dapat mendapatkan akses penuh untuk mengatur website dan administrasi hosting/server melalui web browser, serta bisa dipakai untuk membuat akun email. Selain itu, semua fitur di cPanel memiliki deskripsi singkat yang menjelaskan mengenai fungsi fitur tersebut.

    Berikut beberapa fitur utama yang tersedia di cPanel, seperti pengaturan, registrasi, dan transfer nama domain. Lalu, membuat dan mengatur database. Fitur keamanan yang terdiri dari IP blocker, leech protection, dan direktori yang dilindungi oleh password. Kemudian, monitor performa server, melakukan backup dan otomatisasi, serta berbagai aplikasi dan tools third party untuk menambah fungsionalitas. Lengkapnya fitur cPanel inilah yang membuat pengguna banyak memilih cPanel sebagai control panel.

    Saat ini, banyak sekali provider hosting yang sudah menyediakan produk hosting dengan cPanel dengan harga yang bervariatif. Namun, tidak banyak provider yang menawarkan produk server yang sudah termasuk lisensi cPanel gratis di dalamnya selain produk-produk NEO Lite, NEO Virtual Compute, dan NEO Metal dari Biznet Gio.

  1. CyberPanel

    CyberPanel terkenal sebagai control panel gratis populer yang memiliki cukup banyak pengguna. Selain gratis, control panel VPS ini juga terkenal ringan, memiliki fitur yang terbilang cukup lengkap, dan canggih. Inilah mengapa pengguna yang ingin membangun website dengan budget yang lebih hemat akan memilih CyberPanel sebagai control panel-nya.

    Berikut beberapa fitur-fitur CyberPanel, antara lain LiteSpeed Cache, Git Manager, Database MySQL, Backup dan Restore, Monitoring, dan masih banyak lagi. 

  1. Plesk

    Selain cPanel, Plesk juga merupakan control panel berbayar yang terbilang cukup populer. Hampir sama dengan fitur pada cPanel, bedanya cPanel dapat digunakan pada OS Linux dan OS WIndows. Selain itu, Plesk juga lebih terintegrasi dengan aplikasi dan platform yang enterprise.

    Memiliki tampilan antarmuka yang intuitif, Plesk juga menawarkan ribuan fitur yang tidak kalah lengkap dengan cPanel. Adapun beberapa fitur Plesk antara lain Administrator untuk mengatur dan membangun sistem, Client/Reseller, Domain Owner, dan Mail User. 

  1. CentOS Web Panel

    CentOS Web Panel merupakan control panel gratis yang berbasis open source. Control panel ini dirancang untuk mengatur manajemen VPS dan dedicated server agar lebih cepat dan mudah sehingga pengguna tidak perlu menggunakan console SSH setiap kali melakukan perubahan.

  1. Direct Admin

    Terakhir, Direct Admin. Control panel ini terkenal sebagai control panel yang stabil dan sederhana. Hal ini tidak lain karena penggunaannya yang mudah, dan cepat, serta user-friendly. Tidak hanya itu, panel ini juga memiliki tool anti-spam bawaan.

    Hampir sama seperti control panel lainnya, fitur yang terdapat di antaranya manajemen DNS, database, dan manajemen, pembuatan dan pengelolaan akun, dan lain sebagainya. 

Control panel untuk mempermudah pengelolaan website dan server 

Itulah penjelasan lengkap mengenai VPS, mulai dari pengertian, fungsi, manfaat, hingga beberapa control panel yang terpopuler. Pada dasarnya, semua control panel memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mempermudah seseorang dalam mengelola server. Oleh karena itu, pilihlah control panel yang sesuai dengan kebutuhan, budget yang dimiliki, dan testimoni dari pengguna. 


Apabila tertarik memilih cPanel dan sedang mencari harga terbaik, kamu bisa mempertimbangkan untuk mencarinya di Biznet Gio. Biznet Gio menyediakan lisensi cPanel terlengkap untuk berbagai kebutuhan dengan harga termurah mulai dari Rp125.000 per bulan. Bahkan, Biznet Gio juga menawarkan program Reseller Lisensi cPanel dengan diskon besar hingga 38%. 


Selain itu, Biznet Gio juga menawarkan penawaran menarik untuk pembelian cloud server atau VPS, yaitu layanan NEO Lite mulai paket MM 8.4, NEO Virtual Compute SS.2.2, dan NEO Metal semua paket, pengguna akan langsung mendapatkan lisensi cPanel gratis. Dengan demikian, pengguna tidak perlu repot untuk mengeluarkan budget lebih berlangganan control panel lagi.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi support@biznetgio.com atau langsung kunjungi Portal Biznet Gio.

The Best Solution for Your Business Needs

Start Now