news image
news 28 Juni 2024

7 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Ujian Online

 

Ujian online saat ini sudah umum diselenggarakan oleh lembaga pendidikan maupun organisasi tertentu. Apalagi sejak era pandemi melanda membuat setiap aktivitas tidak mungkin dilakukan secara langsung, termasuk pelaksanaan ujian.  

 

Dengan kebiasaan baru ini, tentunya sebagai pengajar dan peserta ujian harus menyesuaikan dan beradaptasi supaya bisa tetap melakukan pembelajaran. Meski membutuhkan penyesuaian, nyatanya ujian online cukup memudahkan dan memberikan banyak manfaat bagi pengajar maupun peserta. Mulai dari menghemat kertas, distribusi soal lebih mudah, dan sistem penilaian otomatis.  

 

Akan tetapi, pelaksanaan ujian tidak jarang mengalami kendala seperti, situs down, internet lemot, dan permasalahan teknis lainnya. Tentu saja, kendala-kendala tersebut dapat menjadi penyebab rasa khawatir peserta ujian dan juga pengajar. Nah, buat kamu yang sedang mempersiapkan ujian online, tidak perlu khawatir, kamu bisa menerapkan tips berikut agar ujian online lancar tanpa hambatan!  

Kendala Ujian Online

Sebelum membahas tips menghadapi ujian online supaya lancar, kamu perlu mengetahui hambatan atau kendala apa saja yang biasanya umum terjadi saat ujian online. Dengan begitu, kamu bisa melakukan beberapa cara untuk menghindarinya.  

Dari Sisi Peserta  

Kendala ujian online tidak hanya dirasakan oleh satu pihak, baik peserta maupun penyelenggaranya bisa mengalami kendala. Nah, berikut ini beberapa kendala ujian online yang perlu dihindari dari sisi peserta:

1. Koneksi Internet  

Internet merupakan kebutuhan paling utama saat pelaksanaan ujian online. Ini yang biasanya menjadi kendala utama dan paling menyebalkan yaitu, internet lemot. Kendala ini tentunya menjadi pengganggu utama proses ujian online, di samping itu biasanya ujian online juga diberikan durasi waktu tertentu. Jika internet lemot, maka kamu sebagai peserta bisa saja ketinggalan waktu submission.  

2. Gangguan Suara

Gangguan suara atau noise bisa menjadi kendala saat melaksanakan ujian online. Bisa dari suara orang di rumah, hewan peliharaan, tetangga dan gangguan suara lainnya. Kendala gangguan suara ini juga berpotensi mengganggu konsentrasi saat mengerjakan ujian online.  

3. Masalah Teknis

Ujian online bisa dilakukan dengan perangkat komputer, laptop atau smartphone. Tidak dapat dipungkiri, hal ini juga bisa menjadi sumber masalah saat mengerjakan yaitu, masalah teknis. Tidak semua peserta dapat menggunakan perangkat yang kompatibel dengan spesifikasi canggih, sehingga masalah teknis pada komputer bisa menjadi kendala.  

Dari Sisi Penyelenggara

Penyelenggara pun perlu mempersiapkan hal-hal penting untuk menghindari kendala yang biasanya terjadi. Sebelum itu, simak beberapa kendala ujian online yang biasanya dialami oleh penyelenggara berikut ini agar dapat mempersiapkan cara menghindarinya:  

1. Keterbatasan Fasilitas dan Infrastruktur

Salah satu kendala utama dalam penyelenggaraan ujian online adalah keterbatasan infrastruktur maupun fasilitas. Biasanya penyelenggara mengalami kesulitan dalam menyediakan perangkat keras dan perangkat lunak yang memadai untuk mendukung pelaksanaan ujian secara online.  

 

Tidak hanya itu, sebagai penyelenggara juga membutuhkan server yang kuat agar dapat mengatasi trafik tinggi, perangkat lunak yang kompatibel dan aman, serta koneksi internet yang stabil.  

 

Sebab kendala yang juga umum terjadi saat ujian online bisa dari situs atau aplikasi ujian yang down. Saat ujian, situs maupun aplikasi akan mengalami kenaikan trafik yang berpotensi mengalami downtime. Hal ini lah yang akhirnya menjadi kendala saat pengerjaan ujian online.  

2. Keamanan  

Tidak dapat dipungkiri bahwa ujian online bisa saja terjadi masalah kebocoran soal ujian, serangan hacker, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, penyelenggara harus memastikan bahwa sistem ujian aman terhadap serangan siber, seperti hacking dan malware.  

3. Lama Beradaptasi

Berubahnya ujian langsung menjadi ujian online tentu akan menjadi kendala tersendiri bagi penyelenggara. Sehingga, dibutuhkan pelatihan khusus untuk penyelenggara, supaya dapat mempersiapkan platform ujian yang bekerja dengan baik. Pelatihan tersebut bisa dimulai dari staf pengawas serta penilai agar dapat memahami dan mengoperasikan ujian online dengan efektif.  

4. Evaluasi dan Penilaian

Mengembangkan sistem evaluasi dan penilaian yang akurat dalam ujian online merupakan tantangan tersendiri. Penyelenggara harus memastikan bahwa soal-soal ujian dapat mengukur kemampuan dan pengetahuan peserta dengan tepat, serta mengimplementasikan metode penilaian yang fair dan objektif. Validasi hasil ujian juga harus dilakukan dengan cermat untuk memastikan keabsahan hasil yang diperoleh.

Hal yang Harus Dipersiapkan saat Ujian Online

Setelah mengetahui kendala-kendala yang umumnya terjadi saat ujian online, mungkin kamu sedikit khawatir, apalagi jika kendala tersebut tidak segera bisa diatasi. Tenang saja, karena kamu bisa menerapkan cara-cara berikut agar ujian onlinemu lancar tanpa hambatan.  

Hal yang Harus dipersiapkan Peserta

Seperti yang sudah kita ketahui, kendala ujian online bisa dialami oleh kedua belah pihak, baik peserta maupun penyelenggara. Jika kamu adalah peserta yang akan menghadapi ujian online, sebaiknya persiapkan hal-hal berikut ini agar ujian online lancar:  

1. Pastikan Ujian Jadwal Online yang Ditentukan

Sebelum mengkhawatirkan perangkat dan internet, biasanya kendala juga terjadi ketika kamu lupa jadwal ujian online. Oleh karena itu, pastikan untuk cek jadwal ujian yang sudah ditentukan. Pastikan sudah mempelajari sesuai dengan materi yang akan diujikan. Dengan mengecek jadwal ujian, kamu juga bisa mulai mengalokasikan waktu untuk persiapan dan belajar.  

2. Persiapkan Peralatan Ujian dengan Baik

Kendala ujian online biasanya terjadi pada perangkat yang dipakai. Jadi, untuk menghindarinya, persiapkan peralatan yang dibutuhkan supaya lancar, misalnya, menyiapkan kalkulator, laptop, catatan kecil dan koneksi internet yang lancar.  

3. Pilih Tempat yang Nyaman  

Agar ujian online lancar, kamu harus memilih tempat yang bebas dari gangguan suara dan nyaman serta mendapatkan pencahayaan yang baik. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus dan tidak terdistraksi dengan sekitarmu.  

 

Dalam pemilihan tempat, kamu juga perlu mempertimbangkan jaringan internet, pastikan memilih tempat yang memiliki koneksi internet stabil, agar saat mengerjakan ujian online kamu tidak perlu khawatir dengan internet lemot, atau mendapati  halaman yang error.  

Hal yang Harus Dipersiapkan Penyelenggara

Tidak hanya bagi peserta, penyelenggara juga harus mempersiapkan pengadaan ujian online dengan baik. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan:  

1. Meningkatkan Infrastruktur IT

Penyelenggara harus berinvestasi dalam perangkat keras dan perangkat lunak yang handal. Menggunakan server dengan kapasitas yang memadai, perangkat lunak ujian yang teruji, dan memastikan koneksi internet yang stabil adalah langkah awal yang krusial.

2. Meningkatkan Keamanan  

Menggunakan proktor digital dengan pengawasan video dan audio dapat membantu memantau peserta ujian secara real-time. Beberapa solusi proktor digital juga dilengkapi dengan kecerdasan buatan (AI) untuk mendeteksi perilaku mencurigakan.

 

Selain itu, penyelenggara juga dapat mengimplementasikan enkripsi data ujian dan penggunaan protokol keamanan yang ketat dapat mencegah akses tidak sah dan menjaga kerahasiaan informasi dan data ujian.

3. Pelatihan untuk Beradaptasi

Memberikan pelatihan intensif bagi staf dan pengawas ujian untuk memastikan pihak yang bertanggung jawab dapat mengoperasikan sistem ujian online dengan baik dan menangani masalah yang mungkin terjadi saat ujian online.  

 

Jika diperlukan, penyelenggara juga dapat menyediakan panduan dan tutorial yang jelas dan mudah dipahami bagi peserta ujian tentang cara menggunakan platform ujian online.

4. Menggunakan Metode Penilaian yang Beragam

Menggunakan berbagai metode penilaian seperti soal esai, studi kasus, dan proyek selain soal pilihan ganda untuk memberikan evaluasi yang lebih komprehensif dan mengurangi kemungkinan kecurangan.

Ujian Online Lancar Dengan Server Terbaik!  

Ujian online memang memudahkan bagi peserta maupun pengajar dalam melaksanakan evaluasi belajar mengajar, namun kendala-kendala yang terjadi seringkali tidak dapat dihindari. Dengan menerapkan beberapa tips di atas, kamu tidak perlu khawatir, baik peserta maupun penyelenggara dapat mengikuti ujian online dengan lancar tanpa kendala jika benar-benar diterapkan.  

 

Jika kamu seorang penyelenggara, pengajar atau dari lembaga pendidikan dan ingin menyelenggarakan ujian online, pastikan kamu memilih layanan dari Biznet Gio seperti NEO Virtual Compute. Layanan elastic cloud server ini memberikan performa dan ketersediaan tertinggi sehingga akan sangat aman digunakan sebagai server ujian online.  

 

Baca juga: Rekomendasi 7 Platform Ujian Online CBT Terbaik!

 

Selain itu Biznet Gio juga menyediakan solusi server ujian online yang di-desain khusus untuk server ujian online dengan berbagai kebutuhan. Dengan harga terjangkau dan siap tampung okupansi peserta ujian hingga 800 per sesi. Selain itu, untuk kebutuhan kustom diatas okupansi 800 peserta kamu bisa langung menghubungi sales representative kami untuk konsultasi server ujian online sesuai kebutuhan.

 

Konsultasi Sekarang

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai NEO Metal kamu juga bisa menghubungi kami melalui fitur live chat, maupun email ke support@biznetgio.com.