news image
news 1 Februari 2023

Tahukah kamu bahwa salah satu tipe layanan server yang mampu memberikan performa yang tinggi, memiliki sumber daya sendiri, dan bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau dibandingkan memiliki server sendiri dan server tersebut mampu tumbuh serta berkembang seiring pertumbuhan aplikasi/website.


Tentu saja memiliki VPS akan memberikan performa yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan shared hosting, namun tetap saja terdapat beberapa kriteria yang harus kamu pikirkan sebelum membeli layanan VPS yang tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu.


Sebelumnya jika kamu belum mengetahui apa itu VPS kita sudah pernah membahasnya melalui tautan di bawah ini!


Baca juga: Apa itu VPS? Pengertian, Cara Kerja, hingga Kelebihan VPS!


Mari ke menu utama dari artikel yakni tips memilih VPS. Melalui artikel ini kamu akan mengetahui beberapa tips sebelum menentukan VPS yang tepat untuk kebutuhanmu.


Tips Memilih VPS yang Sesuai Dengan Kebutuhanmu

Memilih layanan VPS yang tepat sebaiknya berdasarkan dari performa, kegunaan, dan tentu saja yang harus dipertimbangkan adalah layanan pelanggan yang responsif. Supaya lebih jelas berikut adalah 7 tips yang harus diperhatikan sebelum memilih layanan VPS.


  1. Memiliki jaminan Uptime

    Uptime adalah indikator terpenting untuk menentukan penyedia layanan VPS yang dapat diandalkan. Tingkat uptime biasanya ditampilkan sebagai persentase, misalnya pada layanan Biznet Gio dimana memberikan jaminan SLA 99,99%, yang berarti layanannya sangat andal untuk menunjang uptime. Uptime disini berarti server dimana layanan VPS berjalan mendapatkan jaminan bahwa servernya tidak akan down dengan persentase hingga 99.99%.

    Semakin tinggi uptime yang bisa ditawarkan oleh provider maka akan semakin banyak keandalan yang bisa kamu harapkan, serta meminimalisir website/aplikasi yang berjalan di layanan VPS down atau tidak bisa diakses, setidaknya pada masalah di level server. Memiliki website yang jarang down juga bisa memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik serta meningkatkan traffic ke website/aplikasi kamu. Carilah penyedia layanan VPS yang menawarkan jaminan uptime.




  2. Kapasitas bandwidth

    Bandwidth adalah kecepatan maksimum halaman web dapat mengirimkan dalam 1 detik. Dengan demikian, semakin besar bandwidth, semakin cepat kecepatan transmisi data. Semakin tinggi bandwidth, semakin besar data yang diizinkan untuk ditransmisikan. Masalahnya adalah bandwidth telah mencapai batas yang ditentukan oleh provider habis, maka semua permintaan untuk mengakses website akan ditolak.

    Beberapa provider terkadang memberikan limit kepada bandwidth dan untuk mendapatkan bandwidth tambahan harus mengeluarkan biaya tambahan. Kasusnya berbeda dengan layanan VPS dari Biznet Gio yang memberikan kapasitas bandwidth super besar hingga 10 Gbps dan tanpa kuota traffic sehingga menyebabkan layanan yang berjalan pada VPS selalu bisa diakses.


  3. Kapasitas sumber daya RAM dan CPU

    VPS memiliki sumber daya tersendiri yang tidak berbagi dengan pengguna lain seperti shared hosting, karena itu VPS memiliki performa lebih tinggi, tapi semakin besar website maupun aplikasi yang berjalan di VPS tentu saja akan membutuhkan kapasitas sumber daya seperti RAM dan CPU yang lebih besar.

    Oleh sebab itu memiliki layanan hosting yang memiliki fleksibilitas untuk meningkatkan kapasitas sumber daya seiring perkembangan website dan layanan juga bisa menjadi poin penting untuk menunjang keberlangsungan layanan yang kamu miliki.

  4. Jenis storage

    Kamu juga perlu mempertimbangkan jenis penyimpanan yang digunakan oleh layanan VPS tersebut. Layanan VPS yang menggunakan SSD tentu lebih bisa diandalkan dibanding layanan VPS yang menggunakan HDD karena SSD bisa puluhan kali lebih cepat dibandingkan dengan HDD.

    Selain dari jenis storage, kapasitas storage juga perlu dipertimbangkan untuk keberlangsungan layanan pada VPS, khususnya pada permulaan melakukan migrasi layanan ke VPS, apakah pihak penyedia telah memberikan ruang penyimpanan yang cukup sebagai awalan sebelum nantinya melakukan ekspansi seiring perkembangan aplikasi atau website yang berjalan pada VPS.

  5. Lokasi Data Center

    Lokasi data center akan berpengaruh terhadap kualitas layanan, jika semisalnya target layanan adalah Indonesia, maka menggunakan server dengan data center dari Indonesia akan lebih baik khususnya dari segi kinerja dan kecepatan akses. Karena itu menggunakan layanan VPS lokal cukup layak dipertimbangkan jika target pengunjung adalah orang-orang Indonesia. Untungnya layanan NEO Lite dari Biznet Gio memiliki data center lokal di Indonesia.

  6. Layanan pelanggan

    Layanan pelanggan juga perlu dipertimbangkan karena secara praktik VPS ini lebih teknis jika dibandingkan hosting biasa, karena itu memiliki penyedia layanan VPS dengan layanan pelanggan yang bisa sangat membantu bagi kamu yang baru akan pindah ke layanan VPS.

    Apalagi layanan pelanggan memainkan peran yang cukup signifikan dalam penggunaan layanan VPS. Jika seandainya terjadi kendala, kamu tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan bantuan bahkan untuk hal teknis sekalipun. Lihat juga sistem tiket support yang ditawarkan, opsi support menggunakan panggilan telepon, email, atau obrolan langsung. Perhatikan juga apakah layanan memiliki Knowledge Base yang berisi panduan dan tutorial mengenai layanan yang digunakan.

    Layanan pelanggan dari Biznet Gio sendiri sangat bisa diandalkan selama 24/7 dengan respon cepat di bawah 15 menit. Sehingga apapun kendala yang mungkin dialami bisa diperbaiki dengan cepat.

  7. Harga

    Mungkin ini adalah poin yang menjadi batu sandungan ketika ingin menggunakan layanan VPS, karena kebanyakan penyedia layanan VPS memberikan harga langganan yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan shared hosting. Bahkan jika terdapat layanan VPS dengan harga yang terjangkau maka akan mengorbankan sumber daya dan storage yang diberikan, sehingga ini akhirnya dapat menghambat performa website ataupun aplikasi yang berjalan di VPS.

    Namun pertimbangkan juga jika kamu ingin performa terbaik tapi membuang biaya investasi yang tinggi untuk sumber daya yang sebenarnya belum kamu perlukan. Karena itu pikirkan terlebih dahulu harga terbaik yang sesuai dengan kebutuhan layanan dan juga sumber dayanya. Memiliki layanan VPS yang bisa ditingkatkan sembari melihat peningkatan dari website atau aplikasi milikmu.

Waktunya beralih ke VPS

Semua kriteria tersebut bisa didapatkan jika kamu berlangganan layanan VPS dari Biznet Gio yaitu NEO Lite. Selain dengan sumber daya yang dedicated dan scalable, didukung gratis bandwidth tanpa kuota, data center di Indonesia, layanan support yang bisa diandalkan, serta harga yang sangat terjangkau di kelasnya menjadikan NEO Lite salah satu solusi VPS yang mampu untuk menjalankan semua semua kebutuhan layanan-mu.&



NEO Lite dari Biznet Gio memberikan sumber daya komputasi dedicated dan bisa ditingkatkan sesuai kebutuhan. Selain itu kapasitas penyimpanannya bisa di-upgrade juga jika kamu membutuhkan penyimpanan tambahan.


Dapatkan NEO Lite sekarang juga dengan harga mulai dari Rp50.000/bulan untuk 1 vCPU Core, 1 GB RAM, 60 GB SSD Storage. Selain itu dapatkan lisensi cPanel Solo© Cloud secara gratis dengan berlangganan NEO Lite MM 8.4 ke atas dengan harga mulai dari Rp245.000/bulan dengan spesifikasi 4 vCPU Core, 8 GB RAM dan 60 GB SSD Storage. Lisensi cPanel gratis dapat diklaim melalui Portal Biznet Gio

 

Selain itu NEO Lite juga memberikan gratis public IP dan gratis bandwidth 10 Gbps tanpa kuota. Kunjungi Portal Biznet Gio sekarang juga! Untuk informasi lebih lanjut hubungi support@biznetgio.com.