news image
news 29 Juni 2022
Tanpa mengetahui keadaan jaringan dan server bukan tidak mungkin layanan yang kamu miliki tidak mampu berjalan dengan normal. Untuk memastikan layanan dapat berjalan dengan baik salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan monitoring server.
 
Monitoring server ada untuk memastikan bahwa setiap tugas, fungsi, maupun komponen dari server berjalan dengan baik. Artikel ini akan membahas beberapa software monitoring server yang bisa kamu gunakan secara gratis.
 

Apa Itu Monitoring Server 

Monitoring server adalah sebuah kegiatan untuk memantau resource dan layanan pada server. Kegiatan ini untuk memastikan server untuk bisa berjalan dengan normal dan optimal. Resource yang dipantau ini misalkan penggunaan CPU, penggunaan RAM, keadaan jaringan (network), dan penggunaan disk.
 
Hasil dari pemantauan komponen-komponen diatas akan didapatkan data apakah pada sistem dan resource berjalan dengan normal atau memiliki kendala, jika seandainya memiliki kendala kita juga bisa langsung melihat apa penyebabnya dan sekaligus memikirkan bagaimana solusi yang tepat untuk memperbaiki masalah yang terjadi. 
 

Software Monitoring Server 

Berikut ini merupakan software monitoring server yang bisa anda gunakan secara gratis dan bersifat open source.  

1. Cacti 

Cacti merupakan software monitoring server yang bersifat open source dan mampu memberikan tampilan grafis yang kompleks untuk memantau kondisi sumberdaya server. Data statistik penggunaan sumber daya ditampilkan dengan grafis yang menarik dan mudah untuk dipahami.
 
Cacti juga memiliki kemampuan untuk menambahkan banyak pengguna atau sebuah grup pengguna yang menyebabkan proses monitoring lebih terstruktur. Selain itu, software ini memiliki kemampuan untuk melakukan otomatisasi pemantauan perangkat dan grafis. Kamu bisa memasang Cacti pada Virtual Machine milikmu dengan mengikuti panduan dibawah ini.

Baca Juga: Cara Install & Konfigurasi Monitoring Cacti Serta Mengetahui Fungsi Fitur Pada Cacti  

 

2. Zabbix 

Zabbix adalah monitoring tools open source untuk memantau jaringan, perangkat keras jaringan, server, dan aplikasi. Software ini dirancang untuk melacak dan memantau status sistem dan server. Zabbix menawarkan dukungan untuk banyak sistem basis data termasuk MySQL, PostgreSQL, SQLite, dan IBM DB2. Zabbix dibangun dengan bahasa pemrograman C untuk back-end dan PHP untuk front-end.   Zabbix mendukung VMware, Hyper-V dan virtualisasi lainnya. Software ini mampu memberikan informasi rinci tentang kinerja dan ketersediaan VM serta aktivitasnya. Zabbix dapat dikonfigurasikan untuk memantau dan mengambil data dari berbagai perangkat dan jaringan, kemudian menampilkan layanan dan performa dari masing-masing perangkat atau jaringan tersebut ke dalam tampilan grafis. Untuk menginstal Zabbix pada sistem operasi CentOS 7 kamu bisa mengikuti panduan berikut ini.  

Baca Juga: Cara Install dan Konfigurasi Monitoring Zabbix pada Centos 7 

 

3. Nagios Core 

Nagios Core merupakan aplikasi untuk memonitor sistem, jaringan, dan infrastruktur yang bersifat open source. Nagios akan memberikan sinyal peringatan jika seandainya masalah pada server. Kemudian Nagios akan memberikan sinyal peringatan sekali lagi jika seandainya masalah telah teratasi.    Nagios Core mampu memonitoring infrastruktur jaringan, server, switch, router. Tampilan dari Nagios Core juga cepat dan intuitif, namun konfigurasi Nagios Core lebih kompleks yang menyebabkan Nagios Core sulit digunakan oleh pengguna. Untuk cara menginstall Nagios kamu bisa mengikuti panduan berikut ini.  

Baca Juga: Cara Instalasi dan Konfigurasi Nagios di Linux Serta Fitur-Fiturnya

 

4. Icinga 

Icinga sebenarnya merupakan fork dari Nagios. Awalnya Icinga dibangun dengan source code dari Nagios, tapi kemudian Icinga sudah berdiri sendiri dengan Icinga 2. Berbeda dengan Icinga 1 yang lebih seperti ekstensi dari Nagios, Icinga 2 mungkin tidak sefleksibel Icinga 1 tapi memiliki performa lebih cepat serta mampu memberikan peringatan pada sisi monitoring jika seandainya terjadi masalah.   Software monitoring ini bisa kamu gunakan untuk memonitor penggunaan pada komponen server maupun jaringan. Selain itu Icinga 2 juga memiliki kemampuan untuk membuat laporan jika seandainya terjadi masalah. Icinga juga memiliki tampilan user interface yang menarik ditambah kompatibilitas untuk terhubung dengan beberapa database seperti MySQL, Oracle, and PostgreSQL. Untuk cara menginstal Icinga kamu bisa mengikuti panduan berikut ini.  

Baca Juga: Cara Instalasi Icinga 2 dan Icinga Web 2 Pada CentOS 7 

 

5. OpenNMS 

Open NMS juga merupakan software monitoring untuk server dan jaringan yang gratis dan open source. OpenNMS adalah software monitoring yang memiliki label enterprise grade yang berarti aplikasi ini digunakan oleh perusahaan dan mampu mengelola hingga ribuan perangkat. Selain itu OpenNMS juga didukung oleh komunitas dan support yang tergabung ke OpenNMS Group yang menawarkan layanan komersial, pelatihan dan dukungan untuk OpenNMS.   OpenNMS mampu melakukan monitoring untuk berbagai sumber daya mulai dari perangkat keras, sistem operasi seperti Windows, Linux, atau Solaris, maupun platform virtualisasi seperti VMWare dan Hyper-V. Untuk memasang OpenNMS kamu bisa mengikuti panduan berikut ini.  

Baca Juga: Cara Instalasi Monitoring OpenNMS

 

Kesimpulan 

Sebagai kesimpulan, menggunakan software monitoring server sangat berguna untuk memastikan server, jaringan, hingga perangkat tidak memiliki masalah sehingga memastikan setiap layanan dapat berjalan dengan optimal. Biznet Gio menyediakan layanan NEO Virtual Compute, layanan cloud server ini tersedia beberapa Availability Zones di Indonesia dengan gratis Inter-DC Link dan bandwidth up to 10 Gbps. NEO Virtual Compute mampu untuk menjalankan aplikasi, server database, dan website dengan traffic tinggi dan bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp340/jam. Didukung dengan layanan support pelanggan 24/7 yang selalu siap untuk menjawab permasalahan teknis apapun terkait layanan untuk memaksimalkan performa website dan aplikasi milikmu. Kunjungi Portal Biznet Gio atau hubungi support@biznetgio.com sekarang!