news image
news 24 Juli 2024

7 Strategi SEO Off-Page Terbaik 2024 

 

Optimasi SEO adalah salah satu cara yang digunakan untuk menaikkan peringkat website pada mesin pencari atau SERP. Namun, nyatanya optimasi menggunakan SEO on page seperti, penggunaan kata kunci saja tidak cukup. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan optimasi SEO off page juga.

 

Perbedaan dari SEO off page, optimasi ini lebih fokus pada memaksimalkan dukungan eksternal, dan tidak berhubungan langsung dengan faktor-faktor yang ada di dalam halaman website seperti SEO on page.

 

Untuk melakukan strategi SEO off page ada beberapa cara yang harus dilakukan. Nah, di artikel kali ini akan membahas strategi SEO off page terbaik yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan ranking website. Yuk, simak hingga akhir, ya!  

Apa itu SEO Off Page?

SEO Off Page adalah salah satu cara optimasi SEO (Search Engine Optimization) yang menggunakan faktor eksternal website. Sama seperti, SEO on page tujuan utama dari optimasinya adalah untuk menaikkan ranking website pada Search Engine Result Page (SERP) seperti, Google.

 

Dengan optimasi SEO off page, maka kamu juga bisa meningkatkan page authority halaman website. Selain itu, untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan, dan reputasi di brand.

 

Untuk melakukan strategi SEO off page, kamu harus fokus pada faktor di luar website, seperti, membangun link, promosi pada sosial media, email marketing, dan lain sebagainya. Berbeda dengan SEO on page yang berfokus di dalam website, seperti, pembuatan konten, optimasi meta description, keyword research dan lain sebagainya.

 

Strategi SEO Off Page  

Manfaat optimasi SEO off page tidak hanya yang disebutkan di atas, jika website dilakukan optimasi SEO off page, maka Google akan memprioritaskan website tersebut.

 

Sebab, dengan optimasi tersebut, maka website akan sering ditemukan, terutama untuk niche market yang lebih relevan. Dengan begitu, website akan mendapatkan kredibilitas di mata Google. Dari banyaknya manfaat dari optimasi tersebut, yuk lanjut simak cara optimasi SEO off page dengan strategi terbaik berikut ini.  

1. Memanfaatkan Link Building

Cara optimasi SEO off page pertama dan cukup penting adalah memanfaatkan link building. Apa itu link building? Link building merupakan kegiatan untuk mendapatkan link dari website lain atau disebut juga dengan backlink.

 

Jika sebuah website mendapatkan banyak backlink dari website relevan, maka Google akan menilai website tersebut kredibel dan merupakan sumber terpercaya.

 

Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan link building untuk mendapatkan backlink yang bisa meningkatkan kredibilitas dan reputasi website di mesin pencari. Menurut data, Google akan memprioritaskan website yang memiliki banyak backlink, dan rata-rata website di peringkat pertama mendapatkan backlink lebih banyak hingga 3.8 kali dibandingkan website di bawahnya.

 

Ada beberapa cara untuk melakukan link building, berikut cara-cara yang bisa dilakukan:  Link Building dari Konten:

 

  • Buat konten berkualitas tinggi: seperti artikel panduan lengkap, content pillars, infografik, dan statistik yang bermanfaat.Pastikan konten tersebut relevan dan memberikan informasi yang berharga sehingga website lain akan merujuknya.
  • Guest Blogging: tulis artikel berkualitas untuk diposting di website lain yang relevan dengan bisnis Anda.
  • Broken Link Building: Cari website yang memiliki broken link (link rusak) yang berkaitan dengan niche bisnis. Hubungi pemilik website dan tawarkan konten sebagai pengganti link yang rusak tersebut.
  • Identifikasi backlink: Cek halaman website yang mengalami error 404 (halaman tidak ditemukan).Perbaiki halaman tersebut dan hubungi pemilik website yang memberikan backlink untuk memperbarui link ke halaman yang sudah diperbaiki.
  • Ego bait: Sebutkan nama orang atau brand yang terkenal di dalam konten artikel.  

2. Tingkatkan Authority  

Authority website atau lebih lengkapnya Expertise Authoritativeness and Trustworthiness (EAT) merupakan salah satu indikator yang bisa menunjukan konten pada website sesuai dengan Search Quality Evaluator. Jika sebuah website memiliki authority yang bagus, maka Google akan menampilkan website sesuai dengan kata kunci yang relevan.

 

Meningkatkan authority ini juga cukup penting, sebab banyaknya informasi yang memuat konten hoax, membuat Google semakin selektif untuk menampilkan hasil pencarian kepada pengunjung.  

3. Promosi Melalui Media Sosial

Promosi melalui media sosial menjadi salah satu strategi jitu dalam SEO off page. Dengan menggunakan platform media sosial ini, kamu bisa gunakan untuk membagikan pemberitahuan untuk konten terbaru, promo, maupun hal lain yang menjadi update terbaru di website-mu.

 

Jika kamu mendapatkan banyak trafik dari berbagi melalui media sosial, maka Google akan menilai konten yang sedang kamu bagikan menarik bagi orang lain.

 

Selain itu, brandmu juga akan mendapatkan exposure agar semakin dikenal, hingga akhirnya reputasi brand akan ikut meningkat. Apalagi media sosial akan membuat brandmu lebih dekat dengan pelanggan, kamu juga bisa mendapatkan feedback dengan mudah dari mereka.  

4. Membuat Email Newsletters

Strategi SEO off page berikutnya adalah menggunakan email newsletter. Hal ini bertujuan untuk mempromosikan konten-konten yang ada pada website, contohnya promo atau artikel. Supaya konten tersebut banyak dikunjungi dan dibaca oleh pelanggan.

 

Oleh karena itu, dengan strategi ini kamu bisa meningkatkan trafik website melalui email newsletter.  

5. Menggunakan Google Bisnis

Tidak ada salahnya memanfaatkan platform Google juga untuk menarik perhatian Google, agar website kita bisa naik peringkat. Dengan Google Bisnis kamu bisa optimasi SEO off page.

 

Pastikan untuk menambahkan informasi secara detail tentang bisnismu menggunakan Google MyBusiness. Lengkapi dengan foto dan review yang terpercaya untuk dibaca calon pelanggan.  

6. Tingkatkan Domain Authority dan Page Authority  

Selain meningkatkan EAT, strategi SEO off page juga perlu tingkatkan pada domain authority (DA) dan page authority (PA). DA adalah prediksi skor rangking website di Google, sementara untuk PA adalah skor yang menunjukkan potensi peringkat halaman website di Google.

 

DA maupun PA ini memiliki skala mulai dari 1-100. Untuk meningkatkan skor DA dan PA, kamu bisa melakukan beberapa cara, diantaranya:

 

  1. Link dofollow: Gunakan ekstensi Google Chrome seperti NoFollow untuk mengecek apakah backlink bersifat dofollow atau nofollow.
  2. Anchor text: Pastikan anchor text berisi kata kunci yang sesuai dengan target. Misalnya, jika website milikmu menjual sepatu, gunakan anchor text seperti "sepatu terbaik".
  3. Relevansi: Mencari website yang relevan, contohnya jika website milikmu berada di niche kuliner, dapatkan backlink dari website kuliner lainnya. Hal ini meningkatkan relevansi dan otoritas di bidang tersebut.
  4. Monitoring trafik website yang relevan: Gunakan tools seperti Ubersuggest atau Ahrefs untuk melihat perkiraan trafik dari sebuah website. Pilih website dengan trafik tinggi untuk mendapatkan backlink. 

7. Manfaatkan Komunitas Online

Cara optimasi SEO off page terakhir adalah dengan memanfaatkan komunitas online. Biasanya terdapat komunitas online yang digunakan untuk sharing konten website, namun ada juga yang disalahgunakan untuk spam backlink. Hal ini justru merugikan website dan berpotensi mendapat nilai merah dari Google.

 

Nah, kamu bisa menggunakan komunitas online ini dengan lebih bijak yaitu, untuk optimasi SEO off page. Pastikan memberikan link konten yang relevan saat ada pembahasan di dalam komunitas. Kemudian, kamu juga bisa aktif dalam diskusi untuk menjawab pertanyaan, membuat konten yang relevan tanpa harus menambahkan link.

 

Sehingga, kamu tidak terlalu dianggap spam, dan tindakan ini lebih berpotensi untuk mendapatkan backlink dengan cara yang lebih tepat.

 

Demikian ulasan mengenai strategi SEO off page, dari pengertian hingga strategi jitunya. Dengan menerapkan cara-cara di atas potensi untuk menaikkan peringkat website-mu akan lebih besar.

 

Baca juga: Apa Itu Local SEO dan Bagaimana Cara Melakukannya?

 

Nah, agar websitemu lebih maksimal sebelum optimasi SEO off page, kamu harus memastikan bahwa websitemu sudah optimal. Jangan sampai ketika optimasi SEO off page, websitemu masih banyak masalah seperti, downtime, tidak stabil dan lemot.

 

Tidak perlu khawatir, karena NEO WordPress bisa jadi solusinya. Dilengkapi dengan fasilitas lengkap dan infrastruktur kubernetes agar website minim downtime, tetap stabil dan lebih cepat. 

 

Kamu juga tidak akan buntu untuk membuat konten, sebab layanan ini sudah dilengkapi dengan web builder gratis dan generative AI untuk membuat konten lebih menarik dan cepat.  


Dapatkan NEO WordPress Sekarang

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai fitur baru NEO WordPress kamu juga bisa menghubungi kami melalui fitur live chat, maupun email ke support@biznetgio.com