news image
news 5 Juli 2024

10 Rekomendasi Plugin LMS WordPress Terbaik untuk E-Learning

 

Saat ini belajar secara online menjadi suatu trend tersendiri bagi para pelajar. Apalagi di saat pandemi covid-19 melanda, di Indonesia bahkan di seluruh dunia melakukan belajar mengajar secara daring atau online.

 

Meski pandemi sudah berlalu, nyatanya belajar online masih banyak diminati. Nah, buat kamu yang sedang mengembangkan e-learning atau Learning Management System (LMS), kamu bisa menggunakan plugin LMS di WordPress untuk membuatnya.

 

Plugin LMS WordPress tidak hanya diperuntukkan bagi dunia pendidikan, tetapi juga bisa dari organisasi atau perusahaan misalnya, untuk training karyawan, lembaga kursus, pendidikan informal dan lain sebagainya.

 

WordPress menawarkan banyak plugin LMS terbaik yang bisa kamu gunakan. Agar tidak bingung memilihnya, berikut 10 rekomendasi plugin LMS WordPress yang bisa digunakan.  

Apa itu LMS?  

Sebelum membahas rekomendasi plugin LMS WordPress, yuk pahami dulu apa itu LMS. LMS adalah singkatan dari Learning Management System yang digunakan untuk mengatur, mengelola dan menyampaikan materi pembelajaran. Biasanya LMS digunakan para guru untuk melakukan belajar mengajar dengan murid.

 

Jadi, sederhananya LMS adalah platform yang digunakan untuk menggantikan kegiatan belajar mengajar dengan tatap muka atau secara langsung.

 

LMS sendiri memiliki fitur pendukung yang memungkinkan penggunanya bisa melakukan ujian online, mengerjakan tugas rumah, penilaian, dan kemampuan lain yang mencakup pembelajaran online.

 

Semakin trendnya pembelajaran online, tentunya akan membuka peluang bisnis yang menarik. Untuk membuat LMS dibutuhkan plugin LMS yang membantu untuk mendesain dan menambahkan fitur yang dibutuhkan. Fitur-fitur plugin yang dibutuhkan seperti, dashboard, materi, forum diskusi, penilaian otomatis, payment gateway, dan lain sebagainya.

 

Rekomendasi Plugin LMS WordPress

Berikut ini 10 rekomendasi plugin LMS WordPress yang bisa kamu gunakan untuk membuat e-Learning dengan mudah. Yuk, cek pilihannya apa saja!

1. LearnPress  

LearnPress adalah salah satu plugin LMS WordPress dengan fitur setup wizard. Dengan ini kamu bisa melakukan setup sendiri seperti, mengeksport konten, membuat materi pembelajaran, kuis dan pertanyaan-pertanyaan.

 

Lebih lanjut, LearnPress juga dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan untuk bisa digunakan dua hingga tiga pengajar dalam satu kursus. Jika ingin menggunakan plugin ini kamu bisa memilih versi gratis atau berbayar (Pro). Jika ingin menggunakan semua fitur dan add onsnya maka kamu bisa menggunakan versi berbayar (pro).

2. LearnDash  

LearnDash adalah plugin WordPress terbaik yang cukup populer digunakan. Hal ini karena LearnDash sudah memiliki lebih dari 500 perusahaan yang menggunakan, tidak hanya perusahaan tetapi juga universitas, sekolah atau tempat kursus.

 

Keunggulan dari LearnDash adalah kemudahan mengelola hanya dengan drag and drop, memungkinkan untuk membuat kursus dengan multi-layer secara mudah, pengguna juga bisa dengan mudah membuat pelajaran, topik, kuis, hingga membuat jadwal dan durasi kursus dengan fitur Drip-Feed.

 

Plugin ini juga cocok buat kamu yang ingin membuat LMS untuk dimonetisasi. Sebab, LearnDash juga dilengkapi dengan fitur monetisasi seperti, subscription, pembelian satu kali, membership, shopping cart, serta dilengkapi dengan payment gateway mulai dari PayPal, Stripe, dan 2CheckOut.

3. TutorLMS

Rekomendasi plugin WordPress terbaik berikutnya ada TutorLMS yang dikembangkan oleh Themeum. Plugin ini juga cocok digunakan untuk perusahaan e-Learning yang masih merintis atau startup, sebab bisa digunakan secara gratis dan saat ini sudah digunakan lebih dari 40.000 pengguna.

 

Meskipun bisa digunakan secara gratis, fitur yang dimilikinya pun tidak kalah dengan plugin lainnya. Tersedia add ons yang canggih dan berkualitas. Integrasi dan pengelolaannya pun mudah mulai dari membuat materi, kustomisasi, manage, dan mengelola membership setiap pelanggan.  

4. LifterLMS

Jika kamu mencari plugin LMS WordPress terbaik tetapi lengkap fiturnya, maka LifterLMS adalah jawabannya. Dengan menggunakan plugin ini, kamu bisa mengatur lebih dari satu pengajar, murid dan pengajar juga bisa berinteraksi dengan mudah dari forum diskusi, komentar, timelines, serta tersedia area mengajar secara privat.

 

Plugin ini juga sudah terintegrasi dengan plugin WordPress lain seperti, WooCommerce, MailChimp, dan AffiliateWP. Jika ingin menggunakannya kamu tidak perlu ragu, sebab plugin ini sudah mengantongi review bintang lima, dan sudah direview dari segala perusahaan dan profesi.  

5. WP Courseware

WP Courseware adalah salah satu plugin yang cukup mudah dikelola, hanya dengan drag and drop, dan cocok digunakan untuk organisasi, institusi maupun perusahaan dalam skala besar maupun kecil.

 

Plugin ini juga dilengkapi dengan fitur yang memudahkan untuk pembuatan modul, unit, dan kuis, profil pengajar, penilaian otomatis, custom email dan fitur-fitur berguna lainnya.

 

Untuk menggunakannya kamu perlu membayar biaya berlangganan mulai dari $129 dan dibayar per tahun. Cukup murah bukan? Dengan harga murah kamu sudah bisa menggunakan seluruh fitur serta add-onsnya, dan bisa diaplikasikan untuk semua tema di WordPress.

 

6. Good LMS

Good LMS adalah plugin LMS WordPress premium. Plugin ini memungkinkan untuk membuat backend yang spesifik untuk peserta atau murid, sehingga tidak hanya memiliki tampilan visual yang menarik tetapi juga backend yang terstruktur dengan baik.

 

Fitur unggulan yang dimiliki oleh Good LMS adalah pembuatan kuisnya. Pengajar atau pengguna bisa membuat kuis dengan cara lebih interaktif dan banyak pilihan jawaban mulai dari single choice, pilihan ganda, small fill dan large fill untuk essay. Selain itu, pada kuisnya juga dilengkapi dengan durasi pengerjaan, dan penilaian otomatis untuk setiap pertanyaan yang terjawab.

7. Tutor LMS

Berikutnya ada Tutor LMS yang juga menjadi salah satu rekomendasi plugin LMS yang populer digunakan untuk membuat e-Learning.

 

Fitur-fitur yang dimiliki oleh plugin ini juga tidak kalah dengan plugin LMS lainnya, beberapa fiturnya seperti, Unlimited Courses, Extensive Course Builder, Student Forum, Email notification dan lain sebagainya.

 

Plugin ini juga bisa digunakan multi-instructor atau lebih dari satu pengajar dalam satu course/materi kursus.

8. Teachable  

Teachable adalah plugin LMS WordPress yang tidak hanya dilengkapi dengan fitur basic learning, tetapi juga ada tambahan seperti, marketing, analytic, serta keamanan dan hosting.

 

Teachable juga memungkinkan pengajar untuk menawarkan atau mempromosikan kelasnya dengan promo, kupon atau voucher bagi calon pesertanya.

 

Plugin LMS ini juga dilengkapi dengan fitur penyimpanan seperti, Dropbox, Google Drive, dan OneDrive. Tampilan interfacenya pun cukup responsif jika diakses melalui desktop maupun mobile.  

9. Sensei LMS

Seperti namanya Sensei yang berarti guru dalam bahasa Jepang, plugin LMS ini memang diperuntukan untuk para pengajar menyampaikan pembelajaran kepada murid-muridnya. Integrasi dan pengelolaan LMS menggunakan plugin ini juga cukup mudah, kamu tidak perlu memiliki skill khusus apalagi coding dari nol. Apalagi LMS ini juga cukup responsif untuk tema-tema yang disediakan oleh WordPress.

 

10. Academy LMS

Academy LMS adalah plugin LMS WordPress yang serbaguna, dapat digunakan untuk membuat situs web e-learning yang komprehensif. Fitur-fiturnya termasuk kuis untuk mengukur pemahaman siswa, sistem penyaringan yang memungkinkan calon peserta untuk menemukan kursus berdasarkan kategori atau kriteria lain. Selain itu, Academy LMS mendukung privasi data dan kompatibilitas, sehingga pengguna dapat dengan mudah mengintegrasikan plugin ini dengan desain website WordPress.

 

LMS ini memudahkan para guru atau instruktur untuk membuat kursus, pelajaran video, dan dokumen dalam jumlah yang tidak terbatas, serta memungkinkan mereka untuk menyampaikan materi sesuai skill pengajar. Sementara itu, siswa dapat mendaftar dalam kursus ini dan belajar kapan saja dan di mana saja.  

Buat Website E-Learning dengan Plugin LMS

Sekian rekomendasi 10 plugin LMS WordPress terbaik dengan fitur-fitur di dalamnya. Pilihan di atas dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu untuk pembuatan website e-Learning. Meski menggunakan plugin WordPress terbaik untuk pembuatan LMS akan percuma jika websitemu lemot!

 

Jadi, untuk menghindari website yang lemot kamu bisa mulai dengan memilih hosting WordPress terbaik. Pastikan kamu menggunakan NEO WordPress yang sudah dilengkapi dengan infrastruktur Kubernetes yang membuat website minim downtime, stabil, dan cepat.

 

Kamu juga tidak perlu khawatir soal keamanan website e-Learning yang nantinya akan kamu buat, sebab NEO WordPress sudah dilengkapi dengan SSL, perlindungan Anti DDoS, dan juga fasilitas lengkap mulai dari gratis domain, gratis AI Web Builder serta bandwidth tanpa kuota traffic hingga 10 Gbps.