news image
news 22 November 2022

Google Analytics merupakan sebuah tool gratis dari Google yang bisa digunakan untuk melakukan tracking traffic website serta mendapatkan informasi detail tentang traffic tersebut. Google Analytics berisi info grafis mengenai total dan sumber traffic, data pengunjung secara realtime, perilaku pengunjung ketika memasuki halaman website, dan hal lainnya yang berkaitan dengan traffic dan website.

Menambahkan Google Analytics ke website dapat dilakukan dengan mudah. Melalui artikel ini kamu akan mengetahui cara mendaftarkan website ke Google Analytics dan cara mudah untuk mengintegrasikan Google Analytics ke WordPress dengan menggunakan plugin.

Cara Daftar Google Analytics

Untuk bisa menambahkan Google Analytics pertama kamu harus memiliki akun email Google. Setelah itu kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka halaman resmi Google Analytics, kemudian klik Start measuring,
  2. Setelah itu, pada Pembuatan Akun masukkan informasi nama Akun, lalu klik Berikutnya.
  3. Pada Penyiapan Properti, masukkan nama properti, zona waktu, dan mata uang. Agar lebih mudah gunakan zona waktu dan mata uang lokal, lalu klik Berikutnya.
  4. Pada Tentang Bisnis Anda pilih kategori bisnis, ukuran bisnis, dan tujuan menggunakan Google Analytics sesuai keinginan.
  5. Kemudian klik Buat dan setujui Terms & Agreement.
  6. Kemudian pada halaman Mulai Pengumpulan Data, klik platform yang ingin di tracking, terdapat tiga pilihan yaitu Web, Aplikasi Android, Aplikasi IOS. Untuk melakukan tracking website klik Web.

  7. Isi nama website kamu yang ingin di-track, lalu isi Nama Aliran Data, sesuai keinginan, agar lebih mudah buat saja sesuai nama website. Kemudian klik Buat aliran data.

  8. Terakhir, proses pembuatan properti sudah selesai, salin ID Pengukuran untuk melanjutkan pemasangan.


Plugin Install Google Analytics ke WordPress

Terdapat tiga langkah yang bisa dilakukan untuk memasang Google Analytics ke WordPress yaitu dengan menggunakan Google Tag Manager, Penambahan Tag secara manual, dan menggunakan plugin.

Dua cara pertama sebenarnya cukup ribet karena harus melakukan perubahan pada bagian HTML website. Cara ketiga yaitu menggunakan plugin adalah cara paling mudah karena yang perlu ditambahkan hanyalah ID Pengukuran.

Selain itu dengan menggunakan plugin proses monitoring bisa dilakukan pada halaman admin WordPress dengan halaman info grafis yang mudah dipahami. Sedangkan pada dua cara sebelumnya untuk melihat tracking maka kamu harus membuka halaman Google Analytics terlebih dahulu secara manual.

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi plugin Google Analytics yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah proses instalasi dan monitoring traffic.

1. Monster Insight

Monster Insight merupakan plugin Google Analytics yang paling populer di WordPress karena digunakan di lebih tiga juta website. Plugin ini memberikan kemudahan untuk menambahkan fitur integrasi Google Analytics ke WordPress dengan mudah cukup dengan beberapa kali klik.

Selain itu, untuk menginstal Monster Insight tidak diperlukan pengetahuan coding, cukup instal plugin dan ikuti langkah singkat yang mudah dimengerti. Untuk langkah-langkahnya kamu bisa merujuk ke panduan dari Google.

Berikut ini merupakan fitur Monster Insight:
  • Mendapatkan laporan lengkap mengenai traffic seperti asal traffic, negara, perangkat yang digunakan hingga gender pengunjung secara detail.
  • Mendapatkan laporan mengenai bagaimana cara pengunjung menemukan website dan keyword yang mereka cari.
  • Melakukan dual tracking dengan menggabungkan fungsi pada Universal Analytics dan Google Analytics 4.
  • Integrasi Google Analytics ke beberapa plugin e-commerce seperti WooCommerce atau Easy Digital Download.

Monster Insight akan memberikan dashboard tersendiri pada WordPress, jadi kamu tidak perlu meninggalkan WordPress untuk me-monitoring traffic. Perlu diperhatikan juga bahwa Monster Insight bisa digunakan secara gratis.

2. Analytify

Analytify adalah rekomendasi plugin Google Analytics selanjutnya. Seperti Monster Insight, plugin ini akan memberikan dasbor tersendiri pada WordPress yang berisi data traffic. Laporan traffic dari Analytify memiliki tampilan yang bagus dan mudah dipahami karena dibagi menjadi beberapa segmen sesuai informasi yang diinginkan.

Cara menginstal Analytify pun sangat mudah seperti menginstal plugin pada umumnya, cukup pastikan kamu sudah mendaftar ke Google Analytics kemudian login pada Analytify menggunakan email yang sama dengan email yang didaftarkan.

Berikut ini merupakan beberapa fitur Analytify:
  • Mendapatkan data statistik lengkap mengenai traffic.
  • Memberikan data statistik per masing-masing halaman website.
  • Integrasi ke plugin e-commerce seperti WooCommerce

Analytify merupakan plugin Freemium yang bisa didapatkan secara gratis dengan beberapa batasan. Kamu juga bisa mendapatkan fitur tambahan dengan berlangganan layanan premium dari Analytify.

3. ExactMetrics

Selanjutnya merupakan plugin Google Analytics yang telah mendapatkan total satu juta instalasi aktif yang menjadikannya salah satu plugin Google Analytics populer. ExactMetrics memberikan fitur tracking lengkap dari Google Analytics ke WordPress dan memiliki dasbor tersendiri. Integrasi ini dapat dilakukan mudah tanpa membuat coding apapun.

ExactMetrics digunakan oleh beberapa brand besar seperti Microsoft, Pizza Hut, dan Pepsi. Walaupun demikian ExactMetrics juga cocok digunakan oleh bisnis yang berkembang ataupun blog pribadi karena bisa digunakan secara gratis.

Beberapa fitur dari ExactMetrics.
  • Tampilan dasbor statistik traffic yang mudah dipahami
  • Tracking untuk AMP (Accelerated Mobile Pages).
  • Dukungan dual-tracking menggunakan Universal Analytics dan Google Analytics 4
  • Tracking untuk e-commerce yang terintegrasi ke plugin seperti WooCommerce.
  • Tracking Google Ads.
  • Mengetahui Bounce Rate, halaman yang error 404, dan traffic channel.

4. GA Google Analytics

Jika kamu menginginkan plugin Google Analytics yang ringan dan tidak membebani website, kamu bisa menggunakan GA Google Analytics. GA Google Analytics akan mempermudah integrasi Google Analytics ke website cukup dengan melakukan setup yang mudah.

GA Google Analytics tidak akan membebani website karena tidak memberikan dasbor langsung pada WordPress, sehingga untuk mengakses Google Analytics kamu perlu login ke dashboard Google Analytics.

Beberapa fitur dari GA Google Analytics adalah:
  • Instalasi mudah Google Analytics ke WordPress tanpa coding.
  • Ringan karena tidak memiliki dasbor sendiri, untuk mengakses Google Analytics harus dilakukan secara manual.

5. WP Statistics

WP Statistics juga memberikan kemudahan integrasi Google Analytics ke website, selain itu seperti Monster Insight ataupun Analytify. WP Statistics juga memberikan tampilan statistik traffic statistik yang lengkap namun mudah dimengerti.

Dengan WP Statistics, kamu bisa mendapatkan statistik lengkap mengenai sumber traffic termasuk IP pengunjung, browser yang digunakan, negara, hingga mesin pencari yang digunakan oleh pengunjung.

Beberapa fitur WP Statistics:
  • Statistik data lengkap pengunjung website.
  • Tampilan visual yang bagus dan mudah dimengerti.
  • Mengurutkan statistik traffic berdasarkan Top 10.
  • Membagi tampilan data berdasarkan satuan waktu.

Sebagian besar fitur WP Statistics dapat digunakan secara gratis tanpa biaya tambahan, kecuali jika kamu menginginkan plugin ini untuk pasar yang lebih luas dan membutuhkan fitur premium seperti real-time tracking.

Optimalkan Traffic dengan Plugin Google Analytics

Melakukan monitoring pada traffic dapat membantu kamu untuk bisa melakukan strategi yang tepat dalam menunjang perkembangan website. Selain itu, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, menggunakan plugin dapat menambah beban pada website karena setiap website dibuka maka plugin yang aktif juga akan di-load bersamaan, sehingga jika sumber daya pada layanan hosting tidak memadai maka website akan melambat. Pastikan kamu menggunakan layanan hosting WordPress yang mampu mendukung performa tinggi seperti NEO WordPress.

NEO WordPress berjalan di cluster Kubernetes serta di sisi sumber daya bisa di upgrade dan downgrade dengan mudah sehingga kamu tidak perlu khawatir website melambat karena menginstal plugin. NEO WordPress merupakan layanan WordPress hosting instan yang siap pakai dalam 60 detik tanpa perlu ribet untuk melakukan setup hosting terlebih dahulu sehingga sangat praktis.


NEO WordPress dilengkapi gratis bandwidth besar hingga 10 Gbps yang gratis tanpa kuota untuk pastikan website lebih cepat tanpa downtime. Cukup dengan Rp50.000/bulan kamu sudah bisa mendapatkan NEO WordPress dengan sumber daya komputasi 2 vCPU, 2GB RAM, dan 10GB SSD Storage. Dibagi ke dalam 2 pod di mana masing-masing untuk apps dan database dengan 1 vCPU, 1 GB RAM, dan 5 GB storage. Kembangkan website dengan fitur terlengkap dari Biznet Gio. Untuk info lebih lanjut, hubungi kami via live chat di website Biznet Gio atau via email ke sales@biznetgio.com.