news image
news 3 Agustus 2022

5 Plugin e-Commerce Terbaik untuk Membuat Website Toko Online

 

Tertarik mengembangkan bisnis dengan punya toko online? Saat ini membuat toko online dapat dilakukan dengan mudah menggunakan WordPress. Apalagi saat ini WordPress didukung oleh 50.000+ plugin untuk mendukung aspek-aspek pada website. Selain itu juga terdapat plugin yang khusus digunakan untuk e-commerce. Menentukan plugin yang tepat tentu akan meningkatkan kesempatan bisnismu untuk lebih berkembang.

 

Dalam artikel ini kita akan membahas apa yang perlu diperhatikan sebelum membuat toko online dan rekomendasi plugin e-commerce terbaik untuk membuat website toko online.

 

Sebelum Membuat Website Toko Online

Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan sebelum membuat website toko online. Berikut adalah beberapa aspek yang perlu kamu perhatikan sebelum membangun website toko online!

 

  1. Mempunyai layanan hosting yang cepat dan bisa diandalkan Memiliki website yang cepat diakses tidak hanya meningkatkan kenyamanan pengunjung website tapi juga akan meningkatkan peringkat website di mesin pencari seperti Google. Semakin tinggi visibilitas website di mesin pencari maka kesempatan untuk meningkatkan organic traffic juga semakin tinggi. Website yang cepat ini bisa didapatkan jika layanan hosting yang digunakan mampu meng-handle itu semua. Seperti layanan hosting WordPress instan dari Biznet Gio yaitu NEO WordPress. Layanan NEO WordPress ini berjalan di back-end Kubernetes ditambah dengan gratis bandwidth untuk pastikan website bisa diakses cepat dan sanggup menampung traffic tinggi.
     
  2. Memilih nama domain yang menarik Memiliki branding yang bagus sekaligus nama domain yang menarik akan menyebabkan nama brand akan semakin mudah dikenal. Apalagi dengan memiliki domain yang terpercaya seperti .com, .id, .co.id, dan sebagainya. Untuk memiliki nama domain yang terpercaya dan teregistrasi baik oleh ICANN dan PANDI, bisa menggunakan NEO Domain. Layanan domain dari Biznet Gio ini selain sudah terdaftar resmi juga memiliki fitur registrar lock untuk pastikan domain milikmu aman dan tidak dicuri.
     
  3. Keamanan website Membuat website toko online juga mengharuskan pemilik website mempunyai website yang terjamin keamanannya. Minimal dengan sertifikat SSL, SSL berfungsi untuk mengenkripsi seluruh data agar semua data tersebut tidak bisa diakses dengan mudah. Apalagi website toko online ini setidaknya akan memiliki informasi pribadi dari calon pembeli. Jadi dengan mempunyai website dengan sertifikat SSL bisa menjamin keamanan informasi pengunjung. Selain menggunakan SSL ada yang juga perlu diperhatikan seperti menggunakan protokol https yang lebih aman dibanding protokol http biasa.

 

Plugin E-Commerce terbaik untuk Website Toko Online

Setelah mengetahui hal penting sebelum membuat website toko online, selanjutnya kita akan membahas tentang plugin e-commerce yang bisa kamu gunakan untuk membuat website toko online!

 

1. WooCommerce

WooCommerce adalah plugin e-commerce paling populer di WordPress dengan lebih dari 5 juta pengguna aktif. Ada banyak kelebihan plugin yang satu ini seperti memiliki banyak pilihan tema, integrasi ke sistem pembayaran, berbagai pilihan ekstensi tambahan untuk menunjang apapun yang dibutuhkan oleh sebuah website toko online. Selain itu WooCommerce juga user-friendly dimana pengguna bisa menggunakan plugin ini tanpa pengetahuan coding sekalipun.


WooCommerce memiliki banyak fitur. Berikut adalah fitur-fitur yang dimiliki oleh WooCommerce:

 

  • Tema dan ekstensi berlimpah. Dengan total lebih dari 100 pilihan tema dan ekstensi akan memberikan kemudahan bagimu untuk menambahkan fitur baru ke website sekaligus banyak pilihan untuk desain dan tampilan website.
  • Integrasi dengan beragam sistem pembayaran. WooCommerce kompatibel dengan ratusan sistem pembayaran dan juga cocok digunakan di Indonesia. Misalnya seperti Paypal dan juga sistem pembayaran lokal seperti Midtrans dari Gojek yang mendukung pembayaran dari kartu debit atau kredit dari berbagai bank di Indonesia serta dukungan pembayaran e-Wallet.
  • Integrasi ke berbagai sistem pengiriman dan penghitungan pajak. WooCommerce juga bisa diintegrasikan ke berbagai layanan pengiriman lokal maupun global. Sekaligus mengkalkulasikan berapa total ongkir dan berapa nilai pajak yang harus dibayarkan.
  • Mendukung beragam produk. Maksudnya kamu bisa menjual produk digital maupun fisik dengan WooCommerce. Selain itu plugin ini juga mendukung program afiliasi dan membuat sistem referral secara mandiri.
  • SEO Friendly. WooCommerce juga terintegrasi dengan All in One SEO (AIOSEO) plugin untuk membantu peringkat website lebih tinggi di mesin pencari.
  • Integrasi ke media sosial, Google Ads, dan MailChimp. Untuk mendukung penjualan, kamu juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengiklankan produk atau layanan melalui media sosial, iklan Google, ataupun via email dengan mudah.

 

2. Easy Digital Downloads

Easy Digital Downloads adalah plugin e-commerce untuk membuat website toko online yang menjual produk digital seperti ebook, dokumen, fotografi, musik, video, maupun media digital lainnya dengan mudah. Salah satu nilai jual dari Easy Digital Downloads adalah plugin ini bisa digunakan secara gratis selamanya dan juga didukung beragam ekstensi. Jika bisnismu semakin berkembang kamu juga bisa membuka fitur penuh Easy Digital Downloads hanya dengan 99$ per tahun.

 

Berikut adalah fitur-fitur yang dimiliki oleh Easy Digital Downloads:

 

  • Mudah digunakan. Plugin ini sangat mudah untuk digunakan karena memiliki tampilan konfigurasi yang ramah pengguna. Tampilan dari Easy Digital Downloads akan memudahkan untuk menambah katalog baru dan memunculkannya pada tampilan website.
  • Beragam pilihan ekstensi. Seperti WooCommerce, Easy Digital Downloads juga memberikan beragam pilihan ekstensi untuk menambah fitur pada website seperti ekstensi pilihan pembayaran dan pengiriman, email marketing, dan sebagainya.
  • Kompatibel dengan beragam tema WordPress. Plugin ini kompatibel dengan beragam tema yang dimiliki WordPress, plugin ini bahkan memiliki tema bawaan jika website belum memiliki tema.
  • Lisensi software. Easy Digital Downloads juga memungkinkan untuk menjual plugin maupun software. Dengan Easy Digital Downloads, kamu juga bisa memberikan lisensi terhadap produk digital tersebut agar produk tersebut tidak disalahgunakan oleh oknum-oknum tak bertanggung-jawab.
  • Membantu percepat pertumbuhan website. Easy Digital Tools memiliki alat untuk membantu pertumbuhan website seperti penerapan SEO dan MonsterInsight untuk meningkatkan organic traffic website dan tracking perkembangan serta penjualan pada website.
 

3. BigCommerce

BigCommerce sebenarnya merupakan solusi terpisah untuk WordPress karena BigCommerce memiliki sistem manajemen dan hosting sendiri. Namun dengan plugin BigCommerce for WordPress keduanya bisa diintegrasikan untuk membuat sebuah website toko online yang powerful. Jadi dengan integrasi tersebut kamu bisa menggunakan WordPress untuk front-end, sedangkan untuk manajemen katalog, pembayaran, dan logistik menggunakan back-end dari BigCommerce.


Berikut adalah penjelasan untuk fitur-fitur dari BigCommerce:

 

  • Integrasi mulus dengan WordPress. Hanya dengan satu plugin ini kamu bisa mendapatkan semua kelebihan dari BigCommerce pada WordPress seperti kemampuan untuk memasarkan produk di beragam platform maupun marketplace dari satu tempat.
  • Kemampuan skalabilitas. BigCommerce mampu mendukung semua kebutuhan untuk website toko online. Mulai dari skala kecil hingga besar dengan kemampuan skalabilitas.
  • Website lebih cepat dan maintenance mudah. Karena menggunakan dua hosting yang berbeda dengan WordPress di front-end dan BigCommerce di back-end menyebabkan website dapat diakses lebih cepat sekaligus mempermudah pengelolaan website maupun maintenance website.
  • Tanpa biaya admin. Tidak seperti platform e-commerce lain dimana penjual akan dibebankan biaya admin setiap produk terjual. BigCommerce tidak memiliki hal tersebut sehingga seluruh pilihan pembayaran bisa dilakukan. Yang kamu butuhkan hanya membayar biaya layanan BigCommerce.
  • Pembayaran lebih aman. Pembayaran apapun dapat dilakukan lebih mudah dan aman karena PCIDSS Compliances akan dibantu oleh pihak BigCommerce dan penjual bisa fokus memasarkan produk maupun layanan mereka.

 

4.WP eCommerce

WP eCommerce adalah plugin e-commerce yang sedikit familiar dengan WooCommerce dimana fitur, tema, dan ekstensi yang dimiliki akan familiar bagi kamu yang pernah menggunakan WooCommerce. Walaupun tidak sekompleks plugin lainnya, WP eCommerce adalah pilihan yang bisa cukup diandalkan untuk membuat website toko online sederhana.

 

Beberapa fitur yang ditawarkan WP eCommerce adalah sebagai berikut.

  • Konfigurasi mudah dan sederhana. Karena menawarkan plugin e-commerce dasar dan mudah, konfigurasinya juga sangat mudah bahkan jika dilakukan oleh pemula. WP eCommerce sudah memiliki semua fitur dasar untuk membuat website toko online.
  • Mempunyai fitur SSL bawaan dan shipping tools yang terintegrasi. WP eCommerce juga memberikan sertifikat SSL bawaan yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan keamanan website. Sekaligus memiliki fasilitas pengiriman yang terintegrasi dengan beberapa layanan pengiriman lokal maupun global.
  • Berbagai pilihan ekstensi untuk mendukung kemampuan website. Dengan berbagai pilihan ekstensi yang mendukung fitur-fitur tambahan ke website seperti ekstensi sosial media dan iklan untuk mempercepat pertumbuhan website dan brand.

 

5. Cart66 Cloud

Rekomendasi plugin e-commerce terakhir adalah Cart66 Cloud. Cart66 sendiri merupakan vendor toko online tapi mereka juga menawarkan plugin e-commerce yang bisa terintegrasi dengan WordPress. Jika dibandingkan dengan WooCommerce yang lebih kompleks, Cart66 Cloud menawarkan kemudahan untuk membuat website toko online dengan fitur berlimpah.
 

Beberapa kelebihan yang ditawarkan Cart66 Cloud adalah sebagai berikut:

 

  • Semua fitur sudah dimiliki plugin. Berbeda dengan plugin lain yang membutuhkan ekstensi tambahan untuk membuat website, Cart66 Cloud sudah memberikan semua fitur yang dibutuhkan dalam satu plugin.
  • Konfigurasi mudah dengan layanan bantuan yang responsif. Konfigurasi plugin ini juga mudah dan tidak perlu memahami coding untuk membangun website toko online dengan Cart66 Cloud. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah, termasuk jika seandainya ada yang belum kamu pahami, kamu bisa menghubungi contact support maupun membaca dokumentasi yang lengkap.
  • Pengelolaan email marketing yang bagus. Cart66 Cloud memiliki fitur email marketing yang lengkap dan bisa untuk mengelola campaign, diskon, dan lainnya cukup dalam satu dashboard.
  • Integrasi ke lebih dari 100 sistem pembayaran. Terdapat beragam metode pembayaran yang dapat diaplikasikan ke Cart66 Cloud, sekaligus tambahan add-ons untuk mempermudah integrasi pembayaran.

 

Dapatkan Website Toko Online dengan Hosting WordPress Instan

Memilih plugin yang tepat tentu akan membantu pertumbuhan dan perkembangan website serta bisnismu lebih cepat. Dan tidak kalah pentingnya juga harus mempertimbangkan dimana hosting tempat website kamu akan berjalan, karena waktu loading website yang cepat juga dipengaruhi oleh kualitas hosting. Oleh karena itu pastikan toko online-mu menggunakan layanan hosting WordPress instan dari Biznet Gio yaitu NEO WordPress. Jalankan WordPress siap pakai dalam 60 detik anti ribet tanpa setup hosting, lengkap dengan gratis SSL dan gratis domain sementara. Selain itu, resource pada NEO WordPress juga dapat di upgrade dengan mudah.
 

NEO WordPress berjalan di cluster Kubernetes dan dilengkapi gratis bandwidth besar hingga 10 Gbps yang gratis tanpa kuota untuk pastikan website lebih cepat tanpa downtime. Cukup dengan Rp50.000/bulan kamu sudah bisa mendapatkan NEO WordPress dengan spesifikasi 2 vCPU, 2GB RAM, dan 10GB SSD Storage. Kembangkan website dan bisnis dengan fitur terlengkap dari Biznet Gio. Untuk info lebih lanjut, hubungi kami via live chat di website Biznet Gio atau via email di sales@biznetgio.com.