news image
news 27 Mei 2024

10 Plugin Cache WordPress Terbaik untuk Percepat Website

 

Plugin cache WordPress adalah plugin atau tool tambahan yang digunakan untuk membantu mempercepat waktu loading website dengan cara menyimpan salinan halaman website. Tentu saja, dengan plugin cache ini juga bisa meningkatkan kenyamanan pengunjung ketika mengakses website, sebab website yang loading lama pasti tidak disukai oleh pengunjung.

 

Jika kamu menggunakan WordPress dan sedang mencari plugin cache, kamu bisa mulai mengeksplorasi pilihan plugin cache yang ada di repository plugin WordPress.

 

Banyaknya pilihan plugin cache, mungkin akan membuatmu bingung untuk memilih plugin cache terbaik. Nah, oleh karena itu, yuk simak artikel di bawah ini hingga selesai. sebab kami akan merekomendasikan 10 plugin cache WordPress terbaik yang bisa kamu gunakan.

 

Rekomendasi Plugin Cache WordPress Terbaik

Plugin cache WordPress bekerja dengan cara mengirimkan salinan yang ada tanpa harus repot untuk mengulangi server, hal ini yang membuat kecepatan loading website meningkat.

 

Menambahkan plugin cache juga bisa mengurangi beban server dan waktu respon secara keseluruhan. Dengan begitu, plugin ini wajib ditambahkan pada website karena banyak manfaatnya. Berikut beberapa rekomendasi plugin cache terbaik:

 

  1. WP Rocket

    WP Rocket adalah salah satu plugin cache WordPress terbaik yang dilengkapi dengan banyak fitur-fitur canggih. Plugin ini juga bisa digunakan untuk mempercepat waktu loading website.

    Namun, jika ingin menggunakannya kamu harus membayar karena plugin ini merupakan plugin premium atau berbayar. WP Rocket memiliki beberapa fitur unggulan seperti, Optimalisasi CSS dan Javascript, Preloading cache, Lazy loading gambar, Optimalisasi basis data dan CDN.
     

  2. W3 Total Cache

    W3 Total Cache juga menjadi salah satu plugin yang banyak digunakan selain WP Rocket. Hingga saat ini pengguna W3 Total Cache sudah mencapai hingga 1 juta pengguna.

    Jika menggunakan WP Rocket harus membayar biaya berlangganan, kabar baiknya W3 Total Cache bisa digunakan secara gratis.

    Plugin ini juga dilengkapi dengan fitur lengkap seperti, page cache, object cache, GZIP Compression dan sudah terintegrasi dengan CDN. Namun, untuk pemula kamu perlu mempelajari dulu tutorialnya, karena memiliki banyak pengaturan untuk menggunakannya.
     

  3. WP Super Cache

    Rekomendasi plugin cache WordPress berikutnya ada WP Super Cache. Berbeda dengan W3 Total Cache yang memiliki banyak pengaturan, WP Super Cache justru sebaliknya, karena memiliki pengaturan yang ramah untuk pemula, dan bisa digunakan secara gratis.

    Plugin ini dilengkapi dengan beberapa fitur yang bisa meningkatkan kecepatan website diantaranya, disable cache, 304 browsing caching, GZIP compression, dan sebagainya.

    WP Super Cache juga compatible dengan mobile friendly seperti, CDN. Sehingga mudah digunakan dengan Cloudflare yang bisa membuat kinerja website maksimal.
     

  4. LiteSpeed Cache

    Plugin cache WordPress yang juga cukup populer digunakan adalah LiteSpeed Cache, tercatat sudah memiliki 3 juta lebih pengguna. Tidak heran jika banyak yang menggunakan plugin ini, pasalnya plugin ini juga memiliki tingkat kepuasan tinggi dari penggunaannya, tidak jarang mereka memberikan rate tinggi untuk LiteSpeed Cache.

    Selain rate tinggi, LiteSpeed Cache juga memiliki fitur lengkap seperti, server level caching, optimasi gambar, lazy loading, dan mendukung CDN. Menginstall plugin ini juga dianggap tepat untuk kamu yang sedang melakukan optimasi SEO atau sedang merangcang membuat website WooCommerce.

    Jika kamu ingin menggunakan plugin ini, kamu bisa berlangganan secara gratis atau, membayar biaya berlangganan mulai dari 10 dollar per bulan.
     

  5. WP Super Cache

    Jika kamu sedang mencari plugin cache WordPress yang memiliki fitur catching berbasis file, maka WP Super Cache menjadi pilihan yang terbaik. Plugin ini dapat melakukan konfigurasi sederhana serta mengganti kode PHP di WordPress. 

    Dengan kemampuan ini, WP Super Cache bisa menciptakan file HTML statis yang bisa mempercepat waktu loading, sehingga pengunjung tidak membutuhkan waktu lama untuk mengakses website.
     

  6. Cache Enabler

    Cache Enabler adalah salah satu plugin cache WordPress yang tidak hanya memiliki fitur lengkap tetapi juga ringan. Sama seperti WP Super Cache, Cache Enabler juga memungkinkan untuk dapat membuat file HTML statis website yang bisa meningkatkan kecepatan ketika website diakses oleh pengunjung.

    Lebih lanjut, plugin ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan konfigurasi minimal, dan fitur lainnya yang mendukung penggunanya untuk melakukan plugin caching.

    Canggihnya, Cache Enabler juga memiliki dokumentasi yang ekstensif untuk mendukung penggunanya mengeksplorasi dan mengatur fitur-fitur lainnya. Di dalam plugin ini juga dilengkapi dengan layar dan video yang akan memberikan tutorial penggunanya pada awal penggunaannya.
     

  7. WP Optimize

    WP Optimize adalah plugin caching freemium yang tersedia dalam versi gratis dan versi premium. Dengan lebih dari satu juta pengguna di seluruh dunia, WP Optimize adalah salah satu pilihan populer lainnya untuk mempercepat situs WordPress.

    Keunggulannya, WP Optimize membantu membersihkan database situs web dengan menghapus data yang tidak diperlukan dan mengoptimalkan tabel, sehingga meningkatkan efisiensi dan kecepatan situs. Jadi, jika kamu ingin meningkatkan kecepatan website, maka plugin ini juga bisa menjadi pilihan, pasalnya plugin ini juga secara otomatis mengoptimalkan gambar untuk mengurangi penggunaan sumber daya server dan ukuran halaman.
     

  8. WP Fastest Cache

    WP Fastest Cache adalah plugin caching WordPress gratis yang menawarkan optimasi situs web dengan sedikit pengaturan konfigurasi. Dengan interface yang sederhana, plugin ini cocok untuk pengguna yang mencari solusi caching yang mudah digunakan, sehingga cocok untuk pemula.

    Fitur unggulannya,  mampu meminimalkan file CSS dan JavaScript serta menonaktifkan emoji, yang membantu meningkatkan kecepatan situs. Sama seperti, plugin sebelumnya plugin cache ini juga tersedia secara gratis maupun berbayar. Namun, jika kamu ingin menggunakan fitur seperti, optimasi gambar, pembersihan basis data, dan caching seluler, maka kamu perlu membayar biaya berlangganan.
     

  9. Hummingbird

    Hummingbird adalah plugin cache dan optimasi kecepatan yang dikembangkan oleh WPMU DEV. Plugin ini menawarkan pengalaman pengguna yang sederhana dengan banyak fitur untuk meningkatkan performa situs web.

    Lebih lanjut, Hummingbird dilengkapi dengan berbagai fitur untuk mempercepat situs, termasuk kompresi file, modifikasi CSS dan JavaScript, lazy loading, serta caching. Nah, jika kamu masih pemula dan sedang mencari plugin yang gampang dikelola maka, Hummingbird adalah pilihan terbaik.

    Dengan tampilan interface yang sederhana akan memudahkan bagi pemula untuk mengatur fitur-fiturnya, jika kesulitan kamu bisa mengakses tips dan petunjuk untuk mengoptimalkan sistem cache.
     

  10. Autoptimize

    Autoptimize adalah plugin cache yang fokus pada penggabungan dan optimasi file CSS, JavaScript, dan HTML secara otomatis. Plugin ini membantu meningkatkan kecepatan situs dengan mengelompokkan dan mengurangi kode yang dimuat pada halaman web.

    Fitur unggulan yang dimilikinya adalah penggabungan File CSS dan JavaScript, secara otomatis plugin ini akan menggabungkan dan mengoptimalkan file CSS dan JavaScript untuk mengurangi jumlah permintaan HTTP dan meningkatkan kecepatan pemuatan halaman. Fitur unggulan lainnya, Autoptimize akan mengoptimalkan kode HTML dengan menghapus tag yang tidak perlu, sehingga mengurangi ukuran halaman. 

 

Tingkatkan Kecepatan Website dengan Plugin Cache WordPress Terbaik!

Demikian rekomendasi plugin cache WordPress terbaik yang bisa kamu pilih, dari pembahasan di atas dapat disimpulkan, bahwa menggunakan plugin cache sangat membantu dalam meningkatkan kecepatan, dan bisa meningkatkan SEO.  

 

Baca juga: 5 Rekomendasi Plugin Ini Bisa untuk Mempercepat Loading Website WordPress

 

Namun, tidak hanya kecepatan website yang dipertimbangkan untuk mengoptimalkan SEO, kamu juga perlu menggunakan hosting WordPress terbaik yang bisa menjamin website-mu anti downtime.  

 

Apabila saat ini kamu sedang mencari hosting WordPress yang memiliki fasilitas lengkap dan membantumu dalam mengoptimasi SEO, maka NEO WordPress adalah jawabannya!  

 

Dengan infrastruktur kubernetes, website akan minim downtime, stabil dan cepat. Selain itu, NEO WordPress juga menerapkan cache built-in, sumber daya skalabel sehingga akan tetap stabil berapapun visitornya. Nah, jika website memiliki tingkat respon yang cepat, dan minim downtime tentunya Google akan memprioritaskan websitemu untuk tampil di halaman pertama hasil pencarian.  

 

Dapatkan NEO WordPress Sekarang

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai fitur baru NEO WordPress kamu juga bisa menghubungi kami melalui fitur live chat, maupun email ke support@biznetgio.com.