news image
news 22 November 2022

5 Plugin Advertising WordPress Terpopuler

 

Saat ini, banyak sekali masyarakat, khususnya kalangan muda, yang terjun ke dalam dunia blogging. Biasanya, aktivitas blogging sering dilakukan dengan menggunakan WordPress karena terbilang memiliki CMS yang mudah.

 

Selain terbilang mengasyikkan karena mengerjakan apa yang disukai, kegiatan ini pun juga bisa menghasilkan uang. Alih-alih hanya mengandalkan metode endorse, penghasilan dari nge-blog juga bisa didapatkan melalui iklan atau adsense.

 

Adsense merupakan salah satu cara bagi para blogger atau pemilik website untuk mendapatkan uang melalui web atau blog yang dilakukan dengan menampilkan iklan pada situs web pemilik. Nantinya, pemilik website akan mendapatkan uang dari setiap iklan yang diklik pengunjung.

 

Jadi, semakin tinggi traffic pada web atau blog seseorang, maka iklan yang ditampilkan dan kesempatan pengunjung mengklik iklan pun akan semakin tinggi. Semakin efektif iklan dan relevansi blog dengan iklan, maka keuntungan pun akan semakin besar. Sehingga dapat menjadi sumber pemasukan bagi pemilik website.

 

Namun, hal di atas juga dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya penempatan iklan. Selain itu, memasang iklan adsense di WordPress pada tempat yang diinginkan juga terbilang sulit karena biasanya terbatas oleh opsi tema dari WordPress itu sendiri.
 

Walau demikian, jangan khawatir karena saat ini sudah banyak plugin WordPress yang dapat membantu pemilik blog atau website untuk mengelola dan menempatkan iklan dengan mudah dan cepat. Mau tahu apa saja? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

1.  AdInserter – Ad Manager & AdSense Ads 

Plugin ini memiliki 2.035 total ulasan pada laman WordPress dan 300.000 lebih pengguna aktif yang telah menginstal. Ad Inserter menjadi salah satu plugin yang didukung oleh Google dan tersedia versi gratis dan Pro (berbayar) yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan iklan AdSense maupun afiliasi di WordPress. Karena telah didukung oleh Google, pengguna pun tidak perlu meragukan lagi kredibilitasnya.


AdInserter juga mendukung iklan berupa HTML, JavaScript, dan PHP. Untuk letak penempatan iklan, pemilik website dapat memilih lokasinya sendiri, seperti sebelum konten, setelah konten, hingga meletakkan iklan pada lokasi tersendiri di konten. AdInserter juga menyediakan sejumlah hook yang dapat membantu pengguna untuk meningkatkan fungsionalitas adsense lebih jauh.

 

Walau terbagi menjadi dua, Pro dan Gratis, namun versi Gratis dari Ad Inserter dapat dipasang hingga 16 slot kode.
 

2.  Advanced Ads – Ad Manager & AdSense 

Memiliki 1.315 total ulasan dan 100.000 lebih pengguna aktif, Advanced Ads menjadi plugin yang dapat mengatur jenis dan ukuran iklan tanpa perlu masuk ke akun AdSense. Plugin ini juga mendukung semua jenis iklan AdSense, termasuk iklan Adsense terbaru seperti AdSensed Matched Content.
 

Tak hanya itu, plugin Advanced Ads juga sudah support untuk adblocker sehingga penghasilan pemilik website dapat didapatkan secara maksimal. Tersedia dengan 2 versi, berbayar dan gratis. Namun tidak perlu khawatir, versi gratisnya pun terbilang sudah cukup lengkap fiturnya.
 

3. Ads by WPQuads – Adsense, Ads, Banner Ads, Popup Ads & more 

Tak hanya gratis, plugin WPQuads ini memiliki 1.000 lebih ulasan dan lebih dari 50.000 pengguna aktif yang tersebar di seluruh dunia. WPQuads memiliki basis kode yang solid dan berbagai opsi untuk pengguna yang ingin menampilkan iklan pada situs website-nya, seperti visibilitas dan posisi yang dinamis.

 

Tak hanya Google AdSense, WPQuads juga dapat digunakan untuk kode iklan apapun dan tidak bergantung terhadap skrip iklan eksternal, memungkinkan pengguna untuk menampilkan hingga 10 iklan berbeda pada satu halaman, dan shortcode untuk menyesuaikan plugin ke situs pemilik.
 

4. AdRotate – Ad manager & AdSense Ads 

Plugin ads WordPress terpopuler dan terbaik selanjutnya adalah AdRotate. Plugin yang memiliki lebih dari 600 ulasan ini dapat digunakan untuk melihat impression dan banyaknya penggunya yang mengklik iklan pada web atau blog.

 

Beberapa fitur menarik dari plugin ini antara lain pengguna dapat mengatur pemberitahuan melalui email atau smartphone bila iklan sudah berakhir, dapat menampilkan iklan berdasarkan lokasi tertentu, dan dapat menentukan kapan iklan dapat muncul. Lebih jelasnya lagi, AdRotate juga memungkinkan pengguna untuk mengetahui performa iklan, seperti click through rate (CTR), statistik yang dapat diekspor ke file .csv, hingga mendeteksi ad blocker.

 

5. Site Kit by Google 

Selain dari eksternal Google, Google Developer juga memiliki plugin yang dapat digunakan oleh pengguna WordPress, yakni Site Kit by Google. Diinstal oleh lebih dari 2 juta lebih pengguna, Site Kit by Google terintegrasi dengan produk-produk dari Google, seperti search console, analytics, pagespeed, tag manager, dan lainnya. Sayangnya, karena banyaknya produk yang terintegrasi membuat plugin ini cukup berat. Alhasil, website membutuhkan beberapa detik untuk terbuka. Namun, pengguna dapat mengakali dengan mengoptimasi website dari segi HTML, JavaScript, dan CSS.

Plugin ads untuk website atau blog 

Itulah beberapa rekomendasi plugin AdSense yang populer dan terbaik. Memilih plugin yang tepat tentu akan membantu mempermudah kamu dalam menempatkan iklan. Tak hanya plugin, pertimbangkan juga di mana hosting tempat website kamu akan berjalan, karena waktu loading website yang cepat juga dipengaruhi oleh kualitas traffic yang datang. Oleh karena itu pastikan website atau blog-mu menggunakan layanan hosting WordPress instan dari Biznet Gio, yaitu NEO WordPress. Jalankan WordPress siap pakai dalam 60 detik anti ribet tanpa setup hosting, lengkap dengan gratis SSL, dan gratis domain sementara. Selain itu, resource pada NEO WordPress juga dapat di upgrade dengan mudah.

 

NEO WordPress berjalan di cluster Kubernetes dan dilengkapi gratis bandwidth besar hingga 10 Gbps yang gratis tanpa kuota untuk pastikan website lebih cepat tanpa downtime. Cukup dengan Rp50.000/bulan kamu sudah bisa mendapatkan NEO WordPress dengan spesifikasi 2 vCPU, 2GB RAM, dan 10GB SSD Storage. Untuk info lebih lanjut, hubungi kami via live chat di website Biznet Gio, via email di sales@biznetgio.com, atau langsung melalui Portal Biznet Gio.