news image
news 1 Juli 2024

Rekomendasi 7 Platform Ujian Online CBT Terbaik!

 

Pada era pandemi Covid-19 melanda Indonesia dan hampir seluruh dunia, semua kegiatan dilakukan secara daring termasuk kegiatan belajar mengajar. Di Indonesia sendiri, ujian online atau dikenal dengan istilah CBT (Computer Based Test) sudah mulai diberlakukan sejak tahun 2015, namun belum semasif saat era pandemi Covid-19.

 

Saat melaksanakan ujian online, biasanya siswa akan menggunakan platform ujian online yang berisi soal-soal, durasi pengerjaan, dan juga terdapat peraturan pelaksanaan ujian.

 

Hingga saat ini ujian online masih sering diadakan oleh lembaga pendidikan maupun organisasi. Seiring dengan tingginya permintaan pengadaan ujian online, maka banyak pengembang juga mengembangkan platform ujian online yang memudahkan lembaga pendidikan atau penyelenggara dalam mengadakan ujian online. Selain itu, menggunakan platform ujian online juga memudahkan dalam penilaian. Hal tersebut dikarenakan adanya fitur-fitur yang dapat memberikan penilaian ujian siswa secara otomatis setelah selesai pengerjaan.

 

Lalu, apa saja platform ujian online CBT yang gratis dan terbaik untuk digunakan? Yuk, simak 7 rekomendasi platform-nya di bawah ini!  

Apa itu CBT?  

Sebelum membahas rekomendasi platform ujian online CBT, pahami dulu yuk apa itu CBT! Platform ujian berbasis komputer atau disebut dengan Computer Based Test (CBT) adalah proses pengerjaan ujian yang dilakukan secara online melalui komputer, sehingga ujian tidak dilakukan dengan kertas dan pensil untuk menjawab pertanyaan.

 

Setiap peserta yang mengikuti ujian akan menjawab setiap pertanyaan pada komputer dengan mengetik atau memilih jawaban yang benar. Biasanya pengerjaan CBT juga diatur dengan durasi waktu yang tampil pada layar komputer.

 

CBT sendiri digunakan untuk seleksi masuk perguruan tinggi di Indonesia dengan sistem pelaksanaan menggunakan komputer. Dengan CBT, setiap peserta dapat diatur agar mendapatkan paket soal yang berbeda-beda dan sudah terkomputerisasi.

 

Adanya platform ujian online CBT bertujuan untuk meminimalisir kecurangan atau kebocoran data soal ujian serta mempermudah penerapan ujian online. Selain itu, CBT juga dapat menghemat pengeluaran karena mengurangi biaya pelaksanaan dan pengadaan kertas.

Rekomendasi Platform Ujian Online CBT

Ada banyak pilihan platform ujian online CBT yang bisa diakses secara gratis. Namun, agar tidak membingungkan, kami akan merekomendasikan 7 terbaik yang bisa kamu digunakan untuk membuat ujian online. Berikut daftarnya:

1. Moodle

Moodle adalah platform open-source yang sangat populer untuk e-learning dan ujian CBT. Moodle sendiri kepanjangan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment.

 

Platform ini Dikenal karena fleksibilitas dan skalabilitasnya, Moodle memungkinkan penyesuaian dan mendukung berbagai jenis pertanyaan, pengaturan waktu, dan fitur keamanan.

 

Kelebihannya memiliki komunitas pengguna yang besar dan banyak plugin yang tersedia. Namun, instalasi dan konfigurasi awalnya bisa cukup rumit bagi pengguna yang tidak berpengalaman.

2. Candy CBT

Candy CBT adalah platform khusus untuk CBT yang dirancang agar mudah digunakan dan diimplementasikan.

 

Platform ini memiliki fitur seperti bank soal, penjadwalan ujian, dan analisis hasil yang mendetail. Candy CBT unggul dalam desain user interface yang user-friendly dan kemudahan integrasinya dengan sistem lain. Meski begitu, opsi penyesuaiannya mungkin tidak se-komprehensif Moodles. 

3. Canvas

Rekomendasi berikutnya adalah Canvas. Canvas adalah platform LMS yang populer di kalangan institusi pendidikan, dengan antarmuka yang intuitif dan fitur lengkap untuk e-learning dan ujian CBT.

 

Lebih lanjut, Canvas mendukung berbagai format soal, penjadwalan, dan proctoring online untuk meningkatkan keamanan ujian. Keunggulan utamanya adalah integrasi yang baik dengan alat-alat pendidikan lainnya. Namun, untuk menggunakan Canvas, pengguna perlu membayar biaya berlangganan yang cukup tinggi jika memerlukan spesifikasi tinggi.  

4. WordPress LMS

WordPress LMS menggunakan plugin seperti LearnPress atau LifterLMS untuk menyediakan fungsionalitas CBT. Kelebihan utama dari WordPress LMS adalah kemudahannya dalam diintegrasikan dengan situs web WordPress yang sudah ada, serta berbagai tema dan plugin yang tersedia. Meski demikian, tingkat keamanan dan fitur CBT mungkin tidak setinggi platform khusus seperti Moodle atau Canvas.

5. Drupal LMS

Drupal LMS menggunakan modul seperti Opigno untuk menyediakan fungsionalitas e-learning dan CBT. Drupal LMS terkenal dengan kemampuan penyesuaiannya yang tinggi, mengingat Drupal adalah sistem manajemen konten yang sangat fleksibel.

 

Plugin ini memungkinkan integrasi yang mendalam dengan situs web yang kompleks. Namun, pengaturan dan pemeliharaannya bisa membutuhkan keahlian teknis yang signifikan.

6. Dokeos

Dokeos adalah platform e-learning yang juga mendukung CBT dengan fitur seperti manajemen soal, pelaporan hasil, dan pelatihan karyawan.

 

Kelebihan Dokeos mudah digunakan dan diimplementasikan, serta menawarkan dukungan yang baik. Kelebihan lainnya adalah antarmuka yang intuitif dan alat-alat kolaborasi yang tersedia.

 

Namun, seperti beberapa platform lainnya, Dokeos mungkin tidak sefleksibel Moodle atau Sakai dalam hal penyesuaian dan pengembangan komunitas.

7. Edubox

Rekomendasi platform ujian online CBT selanjutnya ada Edubox. Edubox adalah platform CBT yang menawarkan fitur lengkap seperti manajemen soal, analisis hasil, dan proctoring.

 

Dengan interface yang user friendly, Edubox memudahkan institusi pendidikan dalam mengelola ujian secara efektif.  Plugin ini juga menawarkan dukungan pelanggan yang baik, namun mungkin tidak sepopuler Moodle atau Canvas dalam hal komunitas pengguna dan dukungan plugin.

Bikin Server Ujian Online CBT dengan Mudah

Ujian online saat ini sudah banyak digunakan dan dianggap sebagai cara yang lebih efisien dibandingkan menggunakan kertas. Bagaimana tidak, dengan CBT, pengajar dapat menghemat penyelenggaraan ujian karena tidak perlu menyediakan kertas, tinta, distribusi soal lebih mudah, dan lain sebagainya. Selain itu, pengajar juga lebih efisien dalam manajemen waktu, karena setelah pengerjaan ujian pengajar maupun peserta dapat melihat nilai secara langsung.

 

Baca juga: 7 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Ujian Online

 

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa menggunakn platform ujian online CBT  memberikan banyak kelebihan. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa ujian online juga banyak kendala dan ketidakpastian seperti, internet lambat, situs down, dan masalah teknis lainnya.

 

Oleh karena itu, jika kamu hendak membuat situs atau platform CBT sendiri. Maka, kamu harus memikir cara meminimalisir masalah-masalah tersebut. Tidak perlu khawatir karena ada solusinya! Kamu bisa mulai dengan memilih VPS terbaik dari NEO Lite.

 

Dengan konfigurasi VPS praktis yang ditenagai sumber daya terdedikasi memungkinkan performa VPS yang tangguh untuk ujian online. Dengan vCPU hingga 16 GB dan RAM hingga 16 GB pastikan ujian online lancar dan aman. Selain itu NEO Lite secara bawaaan tahan terhadap serangan DDoS level infrastruktur dengan perlindungan Anti DDoS.

 

Konsultasi Sekarang

 

Terakhir, untuk kebutuhan setup server ujian online kamu juga bisa menghubungi tim expert kami melalui support@biznetgio.com untuk konsultasi server ujian online yang sesuai kebutuhanmu.