news image
news 14 April 2023

Perbedaan SSL Gratis dan Berbayar yang Wajib Kamu Ketahui

Ketika berbicara mengenai perlindungan pertama yang bisa dilakukan kepada website adalah dengan menggunakan sertifikat SSL (Secure Socket Layer). Penggunaan SSL dapat melindungi data yang masuk dan keluar pada website dengan cara enkripsi. Cara ini akan membuat data pada website terlindungi dari serangan yang memungkinkan pencurian data.

 

Nah, pada penggunaannya terdapat dua jenis SSL yaitu yang berbayar dan gratis. SSL gratis juga pada dasarnya sudah mencukupi untuk melindungi website, namun apa saja sih perbedaan antara SSL gratis dan berbayar? Baca artikel ini hingga tuntas untuk mengetahui perbedaannya.

 

Kenapa harus menggunakan SSL?

Seberapa penting SSL untuk website? Terdapat beberapa alasan mengapa harus menggunakan SSL pada website baik itu yang gratis maupun berbayar. Berikut adalah penjelasannya.

 

  1. Keamanan Data
     

    SSL menggunakan enkripsi untuk melindungi data yang dikirimkan melalui jaringan internet, seperti informasi pribadi dan informasi pembayaran. Ini memastikan bahwa informasi ini tidak dapat dibaca oleh pihak yang tidak berwenang seperti hacker atau pencuri informasi.

     

  2. Meningkatkan Kredibilitas

    Saat mengunjungi website yang memiliki SSL, browser menunjukkan "https", ikon gembok dan tulisan “secure” pada bar URL. Memiliki SSL akan membuat pengunjung merasa nyaman dan percaya bahwa website tersebut aman dan dapat dipercaya. Selain itu browser juga biasanya akan membatasi akses ke website tanpa SSL.

     

  3. Kompatibel dengan Standar Keamanan
     

    Banyak peraturan keamanan, seperti PCI DSS, membutuhkan penggunaan SSL untuk melindungi informasi sensitif. Jika website kamu berurusan dengan informasi sensitif, maka menggunakan SSL adalah suatu keharusan.

     

  4. Rangking di Mesin Pencari Lebih Tinggi
     

    Google dan mesin pencari lainnya akan memprioritaskan situs web yang menggunakan SSL dalam hasil pencarian mereka. Ini bisa membantu kamu mencapai posisi yang lebih baik dalam hasil pencarian, memiliki visibilitas lebih baik, dan meningkatkan traffic ke website.

 

Memiliki SSL pada website adalah suatu keharusan bagi website yang ingin memberikan user experience terbaik, memberikan tingkat keamanan dan kepercayaan tinggi bagi pengunjung website. Selain itu memiliki SSL juga akan membantu website untuk tampil lebih baik di mesin pencari.

 

Perbedaan SSL Gratis dan Berbayar

Setelah mengetahui seberapa pentingnya SSL bagi website, SSL juga terbagi menjadi dua yaitu SSL gratis seperti salah satunya SSL Let’s Encrypt dan SSL berbayar seperti AlphaSSL. Apa saja perbedaan antara SSL gratis dan berbayar? Berikut adalah beberapa di antaranya.

 

  1. Harga
     

    Tentu saja perbedaan pertama dari SSL gratis dan SSL berbayar adalah harganya. SSL gratis seperti Let’s Encrypt tidak membutuhkan biaya langganan tahunan sedangkan untuk SSL berbayar memiliki biaya langganan tahunan yang lumayan tinggi.

     

  2. Tingkat Keamanan Lebih Tinggi
     

    SSL gratis memiliki tingkat validasi dasar seperti DV atau domain validation yang merupakan tingkat SSL dengan perlindungan paling rendah. Sedangkan SSL berbayar akan memberikan tingkat validasi lebih tinggi seperti organization validation (OV) dan extended validation (EV). SSL Berbayar juga menawarkan keamanan yang lebih baik dengan menggunakan algoritma enkripsi yang lebih kuat dan sulit dibobol.

     

  3. Layanan Pelanggan
     

    Opsi SSL gratis seperti Let’s Encrypt tidak menawarkan layanan atau dukungan pelanggan apa pun. Karena itu, jika kamu memiliki masalah dengan penginstalan, manajemen, atau pembaruan SSL, kamu tidak akan mendapatkan layanan pelanggan. Berbeda dengan SSL berbayar yang juga menawarkan support 24/7. 

 

SSL gratis cocok bagi kamu yang memiliki website dengan intensitas kecil seperti web atau blog pribadi. Sedangkan jika kamu memiliki website untuk bisnis maupun e-commerce tentu opsi dengan SSL berbayar bisa menjadi pilihan yang lebih baik karena menawarkan tingkat keamanan yang tinggi dan layanan dukungan pelanggan untuk membantumu jika seandainya terjadi masalah.

 

Lindungi Website dengan SSL

SSL merupakan perlindungan pertama yang bisa digunakan untuk melindungi website dari serangan siber yang menargetkan pencurian data. SSL terbagi menjadi SSL gratis dan berbayar. SSL gratis salah satunya bisa kamu dapatkan dengan menggunakan Let’S Encrypt. SSL gratis Let’s Encrypt bisa dipasang dengan mudah menggunakan control panel seperti Plesk atau cPanel.

 

Bila tidak mau repot atur SSL pada website secara manual kamu bisa menggunakan layanan WordPress hosting instan dari Biznet Gio yaitu NEO WordPress. Dengan NEO WordPress kamu bisa mendapatkan aplikasi WordPress siap pakai dalam waktu 60 detik tanpa repot atur server dan hosting. Layanan ini juga highly-scalable dimana kamu bisa upgrade sumber daya komputasinya sesuai kebutuhan. Selain itu, layanan ini sudah dilengkapi dengan SSL gratis yang langsung aktif secara bawaan.

 

Dapatkan NEO WordPress sekarang juga dengan harga Rp50.000/bulan untuk spesifikasi 1 App Container dan 1 DB Container dengan masing-masing 1 Core vCPU, 1 GB Memory & 5 GB Storage. Sudah termasuk gratis domain dan gratis bandwidth 10 Gbps tanpa kuota traffic dan biaya tersembunyi.


 


 

Selain itu Biznet Gio juga menyediakan sertifikat SSL berbayar yaitu AlphaSSL baik Single yang bisa melindungi satu domain dengan harga Rp220.000/tahun dan Wildcard yang bisa melindungi semua subdomain dengan harga Rp700.000/tahun. Kunjungi Portal Biznet Gio sekarang juga untuk mendapatkan layanan cloud terintegrasi dengan solusi terlengkap. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan kami dapat menghubungi sales@biznetgio.com.