news image
news 4 Januari 2023

Perbedaan Antara Public IP dan Private IP

Salah satu komponen yang harus dimiliki agar bisa terhubung ke jaringan adalah alamat IP. Alamat IP sendiri merupakan tanda pengenal dari sebuah perangkat agar bisa terhubung ke jaringan. Mengenali alamat IP perangkat merupakan hal yang penting karena alamat IP berisi hal-hal penting yang berkaitan dengan identitas perangkat seperti lokasi dan penyedia layanan yang digunakan.  


 

Melalui artikel ini kamu akan mengetahui apa itu alamat IP, pengertian dan perbedaan public IP dan private IP serta memahami bagaimana alamat IP perangkat milikmu dapat mengungkapkan identitas kamu di internet. 


 

Apa itu IP Address? 

IP address atau alamat IP merupakan kumpulan angka angka yang bertindak sebagai identitas dari sebuah perangkat untuk bisa berkomunikasi satu sama lain dan terhubung ke jaringan baik itu jaringan lokal ataupun internet. Setiap perangkat yang terhubung ke jaringan semuanya memiliki alamat IP yang berbeda sebagai tanda pengenal.  


 

Misalnya antara komputer dan website keduanya harus memiliki alamat IP agar bisa saling mengenal dan bisa diakses oleh komputer. Cara mengenal ini menggunakan alamat IP. Pada artikel yang berbeda kita pernah membahas tentang pengertian alamat IP, fungsi, cara kerja, serta perbedaan antara alamat IP dan domain. Kamu bisa mengakses artikel tersebut dengan klik tautan di bawah ini. 

 

Baca juga: Mengenal Apa Itu IP Address, Fungsi, dan Cara Kerjanya 


 

Apa itu Public IP? 

Public IP adalah alamat IP yang dapat diakses langsung melalui internet dan ditetapkan ke router jaringan oleh penyedia layanan internet (ISP). Menggunakan public IP untuk terhubung ke internet seperti menggunakan kode pos untuk mengirim surat, jadi kamu tidak perlu menulis alamat lengkap untuk mengakses internet. Menjadikannya sedikit lebih aman, tetapi tetap terlihat. 


 

Setiap perangkat memiliki angka alamat IP yang berbeda satu sama lain jadi sewajarnya tidak terjadi kesalahpahaman dimana alamat IP akan menerima atau mengirim data yang sesuai dengan apa yang dimaksudkan. 


 

Apa itu Private IP? 

Jika sebelumnya Public IP digunakan oleh setiap perangkat untuk terhubung ke internet, private IP hanya akan menghubungkan beberapa perangkat yang terhubung ke sebuah jaringan yang sama atau jaringan lokal. Artinya, berbeda dengan public IP yang merupakan tanda pengenal untuk masing-masing perangkat yang terhubung ke internet. private IP hanya dimiliki oleh perangkat dalam sebuah jaringan internal yang sama. 


 

Private IP memungkinkan perangkat terhubung ke jaringan yang sama berkomunikasi satu sama lain tanpa terhubung ke seluruh internet. Dengan mempersulit host atau pengguna eksternal untuk membuat koneksi, IP pribadi membantu meningkatkan keamanan dalam jaringan tertentu, seperti di rumah atau kantor. Contoh paling dekat dari Private IP adalah ketika kamu mencetak dokumen secara nirkabel pada printer rumah. Perangkat dari tetangga dan rumah di sebelahmu tentu tidak bisa terhubung ke printer di rumahmu. 


 

Poin penting dari penggunaan private IP adalah keamanannya karena private IP khusus untuk jaringan tertentu. Tapi bukan berarti private IP tidak bisa terlacak, private IP masih bisa dilihat oleh orang-orang yang terhubung ke jaringan lokal tersebut. Namun ini menyebabkan private IP tidak bisa digunakan secara online. 


 

Perbedaan Antara Public IP dan Private IP 

Tabel berikut ini akan menyimpulkan apa saja perbedaan antara public IP dan private IP: 

Public IP Private IP 
Diberikan oleh ISP Diberikan oleh lokal administrator IT 
Ruang lingkup global Ruang lingkup lokal 
Tidak gratis Didapatkan secara gratis 
Bisa terhubung ke internet secara keseluruhan Tidak bisa terhubung ke internet secara keseluruhan 
Setiap nomor IP unik dan tak bisa digunakan oleh pihak lain Setiap nomor IP tidak unik dan bisa digunakan berulang dengan jaringan lokal lain 
Kurang aman karena dapat dilihat secara online Lebih aman karena hanya tersedia pada jaringan lokal 
Tidak membutuhkan network translation apapun untuk terhubung ke internet Untuk terhubung ke internet/public membutuhkan NAT 


 

Penutup 

Sekian artikel mengenai perbedaan antara public IP dan private IP. Sebagai kesimpulan perbedaan antara public IP dan private IP seharusnya sudah terlihat. Alamat IP sendiri digunakan untuk mendefinisikan bagaimana layanan bisa terhubung ke internet. Public IP digunakan oleh setiap perangkat yang terhubung ke internet sedangkan private IP lebih terbatas karena karena hanya bisa diakses oleh perangkat dalam jaringan lokal. Begitu juga halnya dengan aplikasi maupun website, masing-masing untuk bisa terhubung ke internet harus memiliki alamat IP.  


 

Pada penggunaannya public IP bisa digunakan secara sharing, namun hal ini menyebabkan eksistensi dan kredibilitas layanan akan berkurang, karena itu menggunakan public IP yang dedicated harus dipertimbangkan jika kamu menginginkan layanan yang lebih kredibel. Selain itu penggunaan public IP yang dedicated mampu meminimalisir risiko spam dan block karena jika seandainya IP tersebut di-block maka untuk pengecekannya lebih mudah. 


 

Nah, terdapat satu jenis public IP yang memiliki fleksibilitas yang penggunaannya bisa digunakan secara bersama-sama maupun dipindah-pindah ke layanan yang lain yaitu elastic IP address. Pada layanan Biznet Gio terdapat layanan yang menggunakan elastic IP address yaitu NEO Virtual Compute. Pada layanan ini setiap VM yang kamu miliki bisa saling terhubung ke jaringan privat menggunakan private IP kemudian terhubung ke internet menggunakan public IP yang disematkan pada salah satu VM, dan dengan teknologi elastic IP, public IP dapat dipindah dari satu VM ke VM lain atau digunakan bersama-sama. 


 

Dedicated public IP sendiri bisa didapatkan secara gratis jika kamu berlanggan layanan dari Biznet Gio yaitu NEO Metal, NEO Virtual Compute, NEO Lite, dan NEO Dedicated Hosting. Khususnya pada layanan VPS Hosting terbaru dari Biznet Gio yaitu NEO Lite, kamu bisa mendapatkan layanan VPS siap pakai tanpa repot atur jaringan. Selain itu NEO Lite memiliki resource dedicated yang bisa ditingkatkan sesuai keinginan dan kebutuhan layananmu.  

Dapatkan NEO Lite dengan harga mulai dari Rp50.000/bulan kamu bisa mendapatkan layanan VPS hingga 16 vCPU, 16GB RAM, dan SSD storage 60 GB, serta gratis 1 Public IP. Didukung dengan bandwidth gratis hingga 10 Gbps tanpa kuota dan tanpa biaya egress. Kunjungi Portal Biznet Gio sekarang juga! Untuk informasi lebih lanjut hubungi support@biznetgio.com.