news image
news 9 Januari 2023

Pada umumnya, jika kamu ingin mengakses informasi di Internet hal pertama kamu lakukan adalah mengetik informasi yang ingin dicari melalui mesin pencari seperti Google lalu mengklik hasil pencarian kemudian informasi yang diinginkan akan muncul pada sebuah website


Sebuah website tentunya membutuhkan server untuk bisa diakses melalui internet dan biasanya untuk bisa menyimpan data tersebut kita harus berlangganan layanan hosting. Misalnya, sebuah website berbasis WordPress yang tentunya membutuhkan server agar data, file, dan database website tersimpan. Pada layanan Biznet Gio terdapat tiga layanan hosting yang bisa digunakan untuk menempatkan website berbasis WordPress, yaitu NEO Dedicated Hosting, NEO Web Hosting, dan NEO WordPress


Apa saja perbedaan antara ketiga layanan tersebut? Ayo baca artikel ini hingga tuntas!


NEO Web Hosting dan NEO Dedicated Hosting

Kedua layanan ini merupakan layanan hosting dari Biznet Gio yang sudah dilengkapi dengan control panel dan beberapa fitur built-in lainnya sehingga pelanggan bisa dapat mudah mengakses server dengan tampilan dashboard yang intuitif dan mudah digunakan. Ini dapat mempermudah pengguna untuk melakukan konfigurasi pada server dan menjalankan website atau aplikasi. NEO Web Hosting& (NWH) merupakan Platform as a Service (PaaS) karena pelanggan hanya dapat mengakses server melalui dashboard cPanel yang sudah terpasang.


Pada layanan ini setiap pengguna akan saling berbagi sumber daya pada sebuah server dengan pengguna atau tenant. Layanan ini cukup menguntungkan bagi kamu yang baru ingin beralih ke website ,belum membutuhkan sumber daya yang besar, dan belum memiliki lalu lintas pengunjung yang tinggi karena layanan NEO Web Hosting memberikan harga yang lebih ekonomis. Dari segi manajemen web, kamu akan mendapatkan cPanel yang bisa digunakan untuk mengelola website dan email.


Untuk menjalankan website WordPress pada layanan NEO Web Hosting juga cukup mudah karena paket NEO Web Hosting juga sudah mencakup fitur WordPress Toolkit di mana kamu bisa membuat website WordPress hanya dalam beberapa klik.



Baca juga: Perbedaan Shared Hosting dan Dedicated Hosting. Pilih yang Mana?


Berbeda dengan layanan NEO Web Hosting, layanan NEO Dedicated Hosting menggunakan server fisik yang kemudian dibagi menjadi mesin virtual (VM) yang sudah diberikan control panel Plesk. Semua sumber daya pada sebuah VM hanya diberikan pada satu pengguna, hasilnya performa dari website yang berjalan di NEO Dedicated Hosting jauh lebih cepat dan responsif. Berbeda dengan shared hosting yang berbagi resources server, jika seandainya ada overload usage pada satu pengguna maka akan berdampak ke pengguna lain yang menggunakan server yang sama. Dengan kepemilikan tunggal pada VM, maka pengguna tidak akan mengalami gangguan akibat usage pengguna lain.


Berbeda dengan NEO Web Hosting, layanan NEO Dedicated Hosting merupakan Infrastructure as a Service (IaaS) yang berbasis Elastic Cloud Server sehingga pengguna juga dapat mengakses root server melalui remote console ataupun SSH. Layanan ini cocok bagi kamu yang ingin mengembangkan layanan digital menjadi lebih luas dengan server yang memiliki fleksibilitas dan skalibilitas tinggi. Mulai dari menjalankan website atau bisa juga sekaligus diintegrasikan ke aplikasi dengan performa tinggi karena NEO Dedicated Hosting dipersiapkan untuk bisa menerima traffic yang lebih besar dan masih mampu mempertahankan performa yang stabil. Dari segi pengelolaan, NEO Dedicated Hosting dilengkapi dengan Plesk sebagai control panelnya yang memberikan fitur komprehensif untuk mengelola website dan aplikasi.



NEO WordPress

Setelah sebelumnya membahas tentangNEO Dedicated Hosting dan NEO Web Hosting, kali ini kita akan membahas salah satu layanan terbaru dari Biznet Gio yang khusus untuk menjalankan WordPress yaitu NEO WordPress. Perbedaan yang paling kentara antara NEO WordPress dengan layanan hosting sebelumnya adalah NEO Web Hosting NEO Dedicated Hosting yang berjalan pada sebuah cluster hosting konvensional, sedangan NEO WordPress berjalan diatas teknologi baru yang menggunakan cluster Kubernetes.


Pada awalnya, setiap project, seperti dalam proses pembuatan aplikasi atau website, diperlukan tiga tahapan, yaitu live, staging, dan developer. Awal mulanya, dibutuhkan tiga komputer yang berbeda untuk melakukan perubahan pada setiap level. Misalnya, perubahan yang dilakukan pada level developer untuk diimplementasikan ke level staging harus dilakukan dengan teknik yang sama, begitupun seterusnya. Hal ini berarti setiap perubahan yang terjadi dan proses maintenance untuk menerapkan perubahan juga akan membutuhkan waktu yang lama. Sehingga sebuah layanan yang sedang mengalami perubahan tidak bisa diakses untuk sementara waktu.


Untuk menyiasati hal tersebut, muncullah istilah kontainerisasi. Dengan kontainerisasi, sebuah layanan akan diubah menjadi beberapa layanan kecil yang disebut container. Setiap container berisi paket lengkap untuk menjalankan aplikasi. Dengan penerapan kontainerisasi ini, setiap layanan dapat diubah atau diperbarui lebih cepat karena ketika ingin melakukan perubahan kecil maupun besar pada layanan tidak akan mengganggu jalannya layanan tersebut. Proses ini sering disebut sebagai microservices. Dengan mengimplementasikan sistem kontainerisasi, maka sebuah layanan bisa diubah tanpa waktu maintenance yang menyebabkan layanan selalu bisa diakses.


Kubernetes sendiri merupakan salah satu platform orkestrasi container yang diperkenalkan oleh Google. Secara singkat Kubernetes merupakan platform orkestrasi container yang menciptakan sistem yang terisolasi (isolated environment) pada level OS dalam sebuah host.


Untuk lebih memahami tentang apa itu Kubernetes kamu bisa membaca artikel yang sudah pernah dibahas melalui tautan di bawah ini

Baca juga: Kubernetes: Platform Andal untuk Melakukan Transformasi ke Teknologi Microservices


Pada NEO WordPress, kontainerisasi menggunakan Kubernetes ini memberikan beberapa kelebihan pada WordPress, diantaranya:

  • Karena berjalan pada cluster Kubernetes, WordPress dapat terhindar dari downtime dan setiap perubahan pada WordPress bisa dilakukan secara seamless
  • Infrastruktur Kubernetes juga menunjang High Availability.
  • Secara bawaan, menggunakan cluster Kubernetes membuat website lebih aman.
  • Salah satu fitur unggulan Kubernetes adalah auto scaling yang menyebabkan peningkatan atau penurunan sumber daya dapat dilakukan dengan mudah. Pada layanan NEO WordPress upgrade dan downgrade sumber daya seperti container ataupun database dapat dilakukan dengan beberapa klik.
  • Khusus untuk layanan NEO WordPress, hanya butuh 60 detik dari proses pembelian hingga WordPress siap pakai.
  • Proses setup pada level hosting dan server tidak diperlukan karena sudah di automasi oleh Kubernetes sehingga pengguna pemula pun dapat dengan mudah menjalankan WordPress.

Layanan NEO WordPress ini cocok bagi kamu yang tidak ingin pusing dan hanya membutuhkan layanan WordPress siap pakai. Karena menawarkan semua hal yang dibutuhkan sebuah website WordPress termasuk upgrade sumber daya. NEO WordPress sendiri bisa kamu dapatkan dengan harga Rp50.000/bulan dengan sumber daya komputasi 2 vCPU, 2GB RAM, dan 10GB SSD Storage. Dibagi ke dalam 2 pod di mana masing-masing untuk apps dan database dengan 1 vCPU, 1 GB RAM, dan 5 GB storage. Hebatnya lagi spesifikasi sumber daya tersebut bisa ditingkatkan sesuai kebutuhan secara spesifik pada apps saja, atau database saja, maupun keduanya sekaligus. NEO WordPress sangat tepat untuk digunakan karena semuanya dapat dilakukan dengan mudah.



Kesimpulan

Itulah perbedaaan antara layanan NEO Web Hosting, NEO Dedicated Hosting, NEO WordPress. Kamu bisa memilih layanan hosting dari Biznet Gio diatas sesuai dengan kebutuhanmu. Misalnya layanan NEO Web Hosting cocok untuk kamu yang ingin memulai website karena memberikan harga ekonomis, NEO Dedicated Hosting cocok untuk website yang membutuhkan traffic tinggi, dan NEO WordPress cocok bagi kamu yang menginginkan website WordaPress tanpa pusing atur hosting maupun server.



Dapatkan layanan NEO Web Hosting, NEO Dedicated Hosting, dan NEO WordPress melalui Portal Biznet Gio, jika kamu masih memiliki pertanyaan silakan hubungi kami via live chat atau via email ke support@biznetgio.com.