news image
news 13 Maret 2023

Pantau Performa Server dengan NEO Sense, Fasilitas Platform Monitoring Tak Berbayar

Menjaga kelaikan dan performa server dapat dilakukan salah satunya dengan rutin melakukan monitoring server. Monitoring server dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga maupun platform tambahan lainnya. Biznet Gio sendiri menyediakan platform yang diperuntukkan khusus untuk monitoring server yaitu NEO Sense. NEO Sense mengukur response time dari layanan milikmu.

 

Penasaran dengan layanan NEO Sense? Yuk baca secara lengkap melalui artikel ini.

 

Apa itu Response Time?

Response time adalah berapa lama waktu yang dibutuhkan sebuah perangkat untuk menerima umpan balik dari server setelah perangkat berhasil mengirimkan permintaan ke server untuk memuat permintaan yang dimaksud seperti misalnya memuat halaman website.

 

Metrik waktu ini menjelaskan bagaimana kinerja server setiap adanya permintaan dari luar, sedangkan website yang memiliki response time tinggi lebih lambat untuk diakses, begitu juga seandainya terjadi downtime dimana website tidak bisa diakses.

 

Performa server ini penting untuk diukur dan diketahui karena banyak aplikasi web tidak dapat berfungsi dengan normal tanpa feedback yang baik dari server. Website yang memiliki response time rendah cenderung cepat dan stabil untuk diakses.

 

Pada saat yang sama, response time server yang lama akan diterjemahkan sebagai anomali, dimana halaman web tidak ditampilkan sama sekali atau ditampilkan dengan kesalahan. Kesalahan ini bisa berupa gambar yang gagal atau setengah dimuat, tata letak website yang berserakan, dan lain-lain.

 

Dengan demikian, response time yang lambat tidak hanya mempengaruhi kecepatan load website, tetapi juga stabilitas website, dan tampilan website. Response time sendiri juga sering disebut Time to First Byte (TTFB), karena ini mengukur waktu yang diperlukan server untuk mengirim satu byte ke pengguna sebagai tanggapan atas permintaan pengguna.

 

Apa itu NEO Sense? 

NEO Sense merupakan layanan khusus untuk monitoring server dari Biznet Gio. Platform ini dapat digunakan untuk memantau dan memonitor response time dari server apakah server memiliki response time yang baik atau mengalami downtime. NEO Sense sekaligus dapat mengirimkan notifikasi kepada pengguna ketika memenuhi suatu kondisi yang sebelumnya sudah ditentukan.

 

Apa saja yang bisa di monitor oleh NEO Sense?

NEO Sense bisa melakukan monitoring response time, uptime, dan downtime beberapa layanan dengan beragam lokasi pengetesan yang tersedia seperti Jakarta, Singapura, Tokyo, dan New Jersey. Layanan yang bisa di monitor NEO Sense seperti:

  1. Website 
  2. Server API 
  3. Server HTTP 
  4. Server TCP

 

Nantinya jika seandainya terjadi masalah seperti downtime ataupun memenuhi kriteria yang sudah ditentukan sebelumnya maka NEO Sense dapat mengirim notifikasi ke email maupun channel lain yang sudah ditentukan oleh pengguna.

 

Fitur NEO Sense

NEO Sense memberikan banyak fitur yang akan menguntungkan pengguna dalam melakukan monitoring pada server. Berikut ini adalah fitur-fitur dari NEO Sense.

 

1. Pengelolaan organization dan project

Dengan menggunakan NEO Sense pengguna bisa menambahkan banyak organization dan pada setiap organization bisa ditambahkan banyak project. Pada setiap project pengguna juga bisa menambahkan layanan apa saja yang ingin di-monitor seperti website, server API, atau server HTTP atau TCP.


Selain itu, setiap pengguna juga bisa menambahkan pengguna lain berdasarkan tingkatan akses, sehingga pengguna yang memiliki tingkat akses lebih rendah tidak bisa mengubah konfigurasi yang sudah ditentukan

 

2. Laporan metrik kinerja server

Merupakan hasil data yang sudah dikumpulkan oleh NEO Sense. Hasil data tersebut akan menunjukkan laporan data berdasarkan satuan waktu seperti harian, mingguan, atau bulanan dan dirunut berdasarkan lokasi pengetesan yang dipilih. Laporan yang dikirimkan bisa berupa rata-rata response time dan uptime, insiden yang terjadi, serta lokasi dimana insiden terjadi.

 

3. Notifikasi yang bisa dikustomisasi

Dengan menggunakan NEO Sense kamu bisa mengatur dan mengelola bagaimana dan apa saja notifikasi yang dikirimkan, misalnya jika terjadi insiden, dan kemana notifikasi akan dikirim, bisa melalui email ataupun media sosial seperti WhatsApp, Facebook, dan Discord. Notifikasi yang dikirimkan bisa dipicu oleh ketentuan yang kamu buat seperti:

  • Notifikasi jenis insiden ketika response time server melebihi dari waktu yang sudah ditentukan.
  • Notifikasi ketika response time memenuhi kata kunci dari waktu yang sudah ditentukan.
  • Notifikasi ketika HTTP status code dari server tidak sesuai.

 

4. Importing file 

Fitur ini dapat mempermudah pengguna jika ingin menambahkan banyak probe untuk di monitor dibanding menambahkan satu per satu secara manual. File yang di-upload harus memiliki definisi probe yang sesuai. Jenis file yang didukung oleh NEO Sense antara lain:

  • Monika configuration file (YAML)
  • Sitemap file (xml)
  • HAR file
  • Postman file
  • Insomnia file

 

5. Rangkuman harian 

NEO Sense memiliki fitur daily summary yang memberikan laporan harian mengenai kinerja server di setiap harinya melalui jalur komunikasi yang diinginkan seperti email maupun media sosial.

 

6. Multi-location Probing 

NEO Sense memiliki fitur pengujian uptime di banyak lokasi yang bisa dikelola secara bebas oleh pengguna. Beberapa lokasi tersebut antara lain: Jakarta, Singapura, Tokyo, dan New Jersey.

 

Jika kamu menginginkan informasi lebih lengkap mengenai layanan NEO Sense, kamu bisa membaca artikel di bawah ini:

 

Baca juga: NEO Sense

 

Monitor Server secara Mudah dengan NEO Sense

NEO Sense merupakan layanan monitor server yang mudah dan bisa kamu gunakan secara GRATIS untuk mengetahui response time server serta kondisi uptime dan downtime dari website maupun server selama 24/7. Selain itu NEO Sense serta secara otomatis mengirimkan notifikasi pada pengguna jika seandainya terjadi insiden atau masalah sesuai dengan kriteria yang sebelumnya sudah ditentukan.

 

NEO Sense juga dilengkapi dengan sistem notifikasi yang bisa diatur dan dikelola sesuka hati dan memberikan notifikasi ke beragam channel mulai dari email serta media sosial seperti Telegram, WhatsApp, Facebook, dan Discord.

 

Gunakan NEO Sense secara GRATIS, daftar sekarang juga melalui BGNLab. Temukan juga layanan eksperimental Biznet Gio lainnya melalui BGNLab yang seluruhnya bisa digunakan secara GRATIS. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan NEO Sense dan produk BGNLab lainnya, kamu bisa menghubungi support@biznetgio.com.