news image
news 5 April 2023

VPS KVM, Apa Saja Keunggulannya?

Kernel-based Virtual Machine menjadi teknologi yang paling digandrungi para pegiat cloud server untuk virtualisasi virtual private server (VPS). Adapun VPS sendiri memiiliki berbagai macam jenis, seperti Open VZ, KVM, HVM, dan lain sebagainya. Namun, VPS berteknologi KVM terbilang lebih populer dan dipertimbangkan oleh para pengembang website dan aplikasi.

Ingin tahu apa itu VPS KVM lebih lanjut? Silakan simak artikel berikut ini, ya!

Apa itu KVM?

Kernel-based Virtual Machine (KVM) merupakan teknologi virtualisasi full hardware yang dikembangkan dan dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi, seperti Windows dan Linux. Namun, Linux merupakan sistem operasi yang seringkali lebih dipilih untuk menjalankan KVM ini. KVM digunakan untuk membagi server fisik secara virtual menjadi beberapa resource dedicated. Resource dedicated yang sudah terpecah inilah yang biasa kita kenal sebagai VPS.


 

KVM VPS akan memiliki kernel independen sehingga setiap VPS memiliki sumber daya dan RAM yang dedicated, serta dapat dimodifikasi kernelnya dan pengguna nantinya bebas dalam memilih sistem operasinya sesuai kebutuhan. Hal ini tentunya berbeda dengan virtualisasi yang tak kalah populer, seperti OpenVZ di mana virtualisasi ini mengandalkan shared kernel bersamaan dengan VPS-nya. Alhasil, pengguna tidak akan leluasa menggunakan OS lain.


 

Kelebihan lain dari KVM adalah fleksibilitas untuk upgrade resource dan memiliki performa yang stabil walau terjadi lonjakan traffic sewaktu-waktu. KVM juga biasanya dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau.


 

Tidak hanya itu, semakin bagus layanan KVM, seperti jenis server fisik yang digunakan, infrastruktur server, RAM, kapasitas penyimpanannya, maka kualitas VPS-nya pun tidak perlu diragukan.

Apa saja keunggulan KVM?

Selain beberapa keunggulan di atas, VPS KVM juga masih memiliki beragam keunggulan yang dapat kamu pertimbangkan agar lebih yakin dalam memilih VPS KVM.


 

  1. Fleksibel
    Seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan di atas, VPS KVM mendukung sistem operasi apapun yang dikuasain dan sesuai dengan kebutuhan pengguna, termasuk Linux dan Windows.

    Hal ini tentunya sangat memudahkan pengguna karena tidak perlu berpatokan pada satu sistem operasi saja sehingga pengembangan aplikasi akan berjala dengan lebih leluasa. VPS KVM juga tentunya membebaskan pengguna untuk menginstall aplikasi apapun secara bebas layakanya menggunakan Linux di komputer pribadi atau virtualisasi VMWare/Vbox.

    VPS KVM umumnya menggunakan OS Iinux. Pada layanan NEO Lite yang merupakan VPS dari Biznet Gio, pengguna bisa menggunakan berbagai sistem operasi dari Linux, seperti Ubuntu, CentOS, Debian, dan masih banyak lagi pilihannya.


     


 

  1. Performa lebih efisien dan stabil
    Sejauh ini, VPS KVM dinilai memiliki performa dan kinerja yang lebih efisien sekaligus stabil. Hal ini karena KVM berjalan di atas kernel Linux di mana kernel ini telah dilengkapi dengan fitur dan layanan yang dibutuhkan oleh server induk atau hypervisor.

    Tak hanya itu, KVM juga membantu pemisahan sumber daya dan resource dari setiap pengguna agar tidak saling bersinggungan atau dedicated. Alhasil, performa VPS yang dihasilkan bisa lebih stabil.


 

  1. Mampu menampung beban kerja yang tinggi
    VPS KVM sangat direkomendasikan bagi mereka yang membutuhkan VPS untuk menampung beban kerja yang tiggi. Misalnya, website atau aplikasi dengan banyak data pengguna. Berbeda dengan shared hosting biasa, VPS KVM telah memiliki sumber daya komputasi yang terdedikasi, seperti kapasitas penyimpanan, processor, dan RAM.

    Oleh karena itu, baik website ataupun layanan yang memerlukan resource tinggi sangat cocok untuk memilih VPS KVM. Pertimbangkan juga untuk memilih layanan yang menyediakan VPS KVM yang bebas scale up kapanpun bila sewaktu-waktu layanan mengalami perkembangan.


 

  1. Keamanan
    Kelebihan VPS KVM selanjutnya adalah dari segi keamanan. Layanan VPS KVM memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi karena bisa mengatur firewall sesuai dengan kebutuhan.


 

  1. Migrasi
    Keunggulan selanjutnya adalah KVM mendukung migrasi secara offline dan live. Misalnya, saat server host sedang offline karena maintenance maka KVM dapat digunakan untuk melakukan migrasi VM ke host lainnya.


 

Pilih NEO Lite, VPS KVM dari Biznet Gio 

Jadi, KVM atau Kernel-based merupakan teknologi virtualisasi full hardware yang dikembangkan dan dijalankan dengan sistem operasi Linux yang memungkinkan pengguna memiliki server dedicated. VPS KVM juga memiliki beragam keunggulan. Inilah mengapa VPS KVM digandrungi oleh banyak orang.


 

Nah, semua manfaat tersebut bisa kamu dapatkan melalui NEO Lite, VPS KVM dari Biznet Gio dengan harga sangat terjangkau mulai dari Rp50.000 saja. NEO Lite hadir sebagai VPS berteknologi KVM dengan berbagai pilihan OS serta memiliki redundasi jaringan untuk ketersediaan tinggi yang sudah dilengkapi dengan lisensi cPanel gratis.


 

Dengan harga yang terjangkau, NEO Lite sudah dibekali dengan sumber daya komputasi yang dedicated, yakni CPU hingga 16 Core, RAM hingga 16 GB, 60 GB SSD Storage, dan bandwidth tanpa kuota hingga 10 Gbps. Storage pada NEO Lite dapat di-scale up sesuai kebutuhan.


 

Adapun untuk mendapatkan lisensi cPanel gratis, kamu dapat berlangganan paket MM 8.4 ke atas dengan harga Rp245.000/bulan untuk 4 vCPU core, 8 GB RAM, dan 60 GB SSD Storage. Lisensi cPanel gratis ini dapat di klaim melalui Portal Biznet Gio.


 

Tersedia juga pilihan add-on backup untuk melengkapi kebutuhan server kamu, seperti Snapshot. Pengguna juga dapat mengelola VPS dengan mudah melalui Portal Biznet Gio. Dapatkan NEO Lite sekarang juga! Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui support@biznetgio.com.