news image
news 3 Juli 2024

10 Kelebihan CBT Moodle untuk Ujian Online

 

Kegiatan belajar mengajar secara dari atau e-learning saat ini sudah umum diselenggarakan. Apalagi dahulu ketika pandemi Covid-19 melanda masyarakat di Indonesia maupun dunia.

 

Penggunaan e-learning ini tidak lepas dari platform penunjangnya yakni, Moodle. Moodle adalah salah satu platform populer yang digunakan untuk membuat sistem e-learning hingga ujian online CBT, memiliki sejumlah fitur yang memungkinkan manajemen kegiatan belajar mengajar hingga ujian secara daring.

 

Baca juga: Mengenal Apa Itu Moodle: Pengertian, Fungsi, dan Kelebihannya

 

Salah satu kelebihan Moodle untuk CBT adalah pada kemudahan pengelolaannya, dengan fitur penunjang yang juga mudah dipahami walaupun masih newbie. Selain itu, ada beberapa kelebihan lainnya yang bisa jadi pertimbangan. Yuk, simak ulasannya di artikel ini hingga akhir!

Kelebihan CBT Moodle

Sebagai platform learning management system terbaik dan sudah cukup populer, Moodle memiliki beberapa kelebihan menjadi LMS yang user friendly, fleksibel, dan mudah untuk dikelola dan dikonfigurasi.

 

Kelebihan Moodle ini menjadikannya salah satu platform yang banyak digunakan untuk ujian online CBT (Computer Based Test). Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai kelebihan Moodle:

1. Berbasis Open Source

Moodle adalah platform LMS yang berbasis open source dan distribusikan melalui General Public License. Kelebihan ini memungkinkan pengguna maupun lembaga yang menggunakannya memiliki kebebasan untuk memodifikasi, kustomisasi, menjalankan, memperbarui dan mengelola sesuai dengan kebutuhan. Pengguna juga bisa melakukan instalasi dan membuat platform ujian online sendiri tanpa harus memiliki skill tertentu.  

2. Hemat Biaya

Moodle cocok digunakan untuk e-learning yang masih merintis atau startup, sebab platform ini tidak meminta biaya lisensi untuk membuat tes ujian online CBT. Jadi, pengguna bisa lebih menghemat biaya.

 

Meski gratis, pengguna tetap harus membayar biaya pengembangan dan pemeliharaan jika dibutuhkan. Selain gratis, Moodle juga memiliki layanan untuk pengguna diantaranya:

  • Pengelolaan hosting cloud Moodle
  • Penerapan dan penyiapan Moodle  
  • Integrasi moodle dan pengembangan
  • Instalasi plugin moodle serta pengembangannya
  • Mendesain tampilan dan tema Moodle  
  • Konsultasi dan bimbingan Moodle
  • Laporan jika terjadi kendala  

3. User Interface Sederhana dan Mobile Friendly

Berikutnya, kelebihan Moodle yang lain adalah tampilan atau user interface yang sederhana. Sehingga, dapat dikelola oleh pengguna dengan mudah, hal ini juga disebabkan karena navigasi yang tidak terlalu rumit, dan hanya terdiri dari tiga kolom.

 

Moodle juga memiliki basis HTML5 dan dirancang supaya responsif, dan mobile friendly. Sehingga, pengguna tidak hanya dapat mengakses ujian online melalui desktop tetapi juga bisa diakses melalui perangkat seluler sekalipun.  

4. Keamanan Terjamin

Kelebihan Moodle selanjutnya adalah jaminan keamanan dan sistem yang sudah terintegrasi. Moodle sangat memprioritaskan keamanan data pengguna. Tidak hanya itu, setiap pembaruan yang ditawarkan oleh Moodle untuk meningkatkan keamanan.

 

Selain itu, Moodle juga memiliki fitur kolaborasi atau memungkinkan integrasi dengan pihak eksternal. Untuk menggunakannya pengguna bisa menggunakan fitur external collaborative tools.  

5. Fleksibel dan Mudah Disesuaikan

Moodle unggul karena fleksibel dan mudah disesuaikan. Hal ini tentunya mempermudah pengguna karena pembuatan LMS untuk ujian online biasanya butuh penyesuaian agar sesuai dengan kebutuhan seperti, nama perusahaan/lembaga, logo, warna, dan brand identity lainnya.

 

Dengan Moodle pengguna bisa menyesuaikannya dengan mudah dan fleksibel. Jika kesulitan, pengguna juga bisa menghubungi mitra Moodle untuk membantu menyelesaikan kendala.  

6. Mengelola Semua Aktivitas di Satu Tempat

Tentunya dengan adanya Moodle sebagai platform pembuatan LMS, akan memudahkan pengajar untuk menyelenggarakan ujian online CBT. Sementara, peserta ujian juga akan merasakan kemudahannya karena dapat mengerjakan segala aktivitas belajar dari satu tempat saja.

 

Selain ujian online, dengan Moodle peserta juga bisa memanfaatkan kegiatan kolaboratif seperti, forum, diskusi, blog dan lain-lain.  

7. Dapat Diakses Tanpa Batas

Moodle dapat diakses dimanapun dan kapanpun tanpa batas, selama pengguna memiliki jaringan internet. Platform yang digunakan pun berbasis web sehingga semua orang dapat mengaksesnya. Dengan Moodle, ujian online CBT juga bisa dilakukan kapan saja dan bisa diatur agar lebih ramah melalui berbagai perangkat seperti, perangkat seluler, tablet, dan komputer.  

8. Punya Dukungan Komunitas Global

Moodle menjadi salah satu platform untuk mengadakan ujian online CBT yang populer digunakan. Hal ini disebabkan karena Moodle memiliki komunitas global yang cukup besar.

 

Hal ini berarti Moodle didukung oleh source pembelajaran yang tidak terbatas. Pengguna juga bisa berkolaborasi dan terhubung dengan pengguna Moodle lainnya, bisa bertukar pendapat, diskusi, atau meminta bantuan pada komunitas global.  

9. Analisis dan Pelaporan  

Moodle menyediakan fitur analisis dan pelaporan yang sangat komprehensif. Pengajar dapat melihat laporan hasil ujian secara detail, termasuk statistik jawaban, performa setiap peserta, dan analisis kesulitan soal.

 

Fitur ini membantu pengajar dalam memahami kesulitan peserta dalam menjawab ujian online, serta mengidentifikasi bagian yang memerlukan perbaikan dalam proses pembelajaran atau untuk ujian online berikutnya.

10. Mendukung Berbagai Tipe Pilihan Jawaban

Moodle mendukung berbagai jenis pertanyaan, seperti pilihan ganda, isian singkat, benar/salah, fill the blank, dan esai. Selain itu, Moodle dapat melakukan penilaian otomatis untuk jenis pertanyaan tertentu, seperti pilihan ganda dan benar/salah yang dapat mempercepat proses penilaian dan mengurangi beban pengajar. Hal ini tentu membuat ujian menjadi lebih fleksibel dan memungkinkan penggunaan berbagai metode evaluasi.

Implementasikan Moodle Agar Lebih Optimal!

Sebagai kesimpulan, CBT Moodle menawarkan berbagai kelebihan yang membuatnya ideal untuk digunakan sebagai platform ujian online CBT. Dengan beragam jenis pertanyaan dan kemampuan penilaian otomatis, Moodle mempermudah proses evaluasi dan memberikan fleksibilitas dalam metode pengujian. Selain itu, analisis dan pelaporan yang komprehensif membantu pengajar mendapatkan wawasan mendalam tentang performa peserta ujian, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan.

 

Namun, agar implementasi Moodle lebih optimal, penting untuk memiliki infrastruktur yang andal dan efisien. NEO Virtual Compute menawarkan solusi komputasi virtual dengan ketersediaan dan skalabilitas tinggi, memastikan platform Moodle berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

 

Dengan NEO Virtual Compute, kamu bisa mendapatkan kinerja elastic cloud server yang stabil, keamanan data yang terjamin, dan fleksibilitas serta skema pembayaran yang fleksibel. Layanan ini dilengkapi fasilitas gratis Inter-DC Link 10 Gbps untuk meningkatkan ketersediaan layanan (HA) serta gratis bandwidth tanpa kuota traffic hingga 10 Gbps.


Dapatkan NEO Virtual Compute Sekarang

 

Untuk informasi lebih lanjut dan solusi yang tepat untuk kebutuhan LMS, e-learning maupun platform ujian online dengan NEO Virtual Compute, kamu bisa menghubungi kami melalui fitur live chat maupun email ke support@biznetgio.com