6 Ekstensi Plesk Terbaik Untuk Website


Plesk adalah control panel hosting yang mampu digunakan untuk membangun, mengelola, dan menjalankan website maupun aplikasi. Jika dibandingkan dengan kompetitornya, Plesk lebih unggul karena mendukung banyak sistem operasi seperti Linux dan Windows.

Salah satu keunggulan Plesk adalah fitur ekstensi yang memberikan fitur, alat, dan layanan tambahan ke Plesk. Fungsinya adalah untuk meningkatkan fungsi serta mendapatkan layanan-layanan lainnya untuk menunjang setiap website maupun aplikasi yang berjalan di Plesk.

Melalui artikel ini, kita akan menyorot 7 ekstensi Plesk terbaik untuk website!

1. WordPress Toolkit

WordPress merupakan CMS yang sangat populer untuk membuat website. CMS WordPress saat ini bahkan menguasai 65.2% website di seluruh dunia. Plesk sendiri memiliki ekstensi yang dikhususkan untuk mengelola website berbasis WordPress dengan berbagai fitur yang bisa diaktifkan hanya dengan sekali klik.

Beberapa fitur unggulan dari WordPress Toolkit antara lain:
  • Fitur keamanan dan pembaruan otomatis untuk banyak website WordPress pada satu server
  • Kemampuan untuk memasang, menghapus, dan hingga kloning website dengan mudah pada satu dashboard.
  • Otomatis melakukan pengujian terhadap website yang baru di-update dengan mesin pengujian regresi visual bertenaga AI.
  • Instal, aktifkan, perbarui, dan hapus plugin serta tema dengan mudah.
  • Memaksimalkan page indexing untuk meningkatkan trafik website.

2. SEO Toolkit

Salah satu metode untuk meningkatkan visibilitas website pada mesin pencari adalah dengan menerapkan Search Engine Optimization (SEO). Salah satu ekstensi Plesk yang dikususkan untuk SEO adalah SEO Toolkit. SEO Toolkit akan membantu untuk meningkatkan ranking website pada mesin pencari dengan menganalisis, menguji, dan memonitor keyword, melakukan pengujian terhadap strategi SEO yang ingin diimplementasikan, melihat status website, dan perbandingannya dengan website kompetitor.

Berikut fitur-fitur dari SEO Toolkit:
  • Site Audit yang memastikan website tidak memiliki masalah pada SEO sekaligus memberikan rekomendasi jika seandainya terdapat masalah.
  • Me-review¬† aktivitas crawling pada website dengan menggunakan fitur Log File Analyzer.
  • SEO Advisor yang akan memberikan rekomendasi strategi SEO serta memberikan peringatan konten duplikat atau menyarankan penggunaan Heading pada konten agar lebih mudah terindeks.
  • Fitur Rank Tracker untuk membandingkan keyword yang ditargetkan dengan website kompetitor

3. Google PageSpeed Insight

Selain menerapkan SEO, salah satu kunci untuk mendapatkan lebih banyak trafik ke website adalah memiliki website yang bisa ditampilkan dengan cepat. Penelitian dari Google menemukan bahwa 53% pengunjung website dari pengguna perangkat mobile akan meninggalkan website jika tidak ter-load dalam waktu tiga detik. Hal ini menyebabkan website akan minim interaksi. Dengan menggunakan ekstensi Google PageSpeed Insight, Plesk mampu menganalisa dan mengoptimasi waktu load konten dan laman website khususnya untuk mobile, lalu akan memberikan rekomendasi spesifik untuk peningkatan kecepatan website.

Beberapa fitur dari Google PageSpeed Insight:
  • Menganalisa perfroma website yang berjalan di Plesk.
  • Memberikan skor kecepatan baik dari kecepatan desktop maupun mobile.
  • Memberikan laporan hasil analisis kecepatan website.
  • Memberikan saran rekomendasi untuk mengoptimalkan performa kecepatan website
  • Memberikan rekomendasi ekstensi dan plugin
  • Fitur File Compressed yang otomatis memperkecil ukuran file dan konten untuk mengoptimalkan waktu load website.

4. Plesk E-Commerce Kit

Plesk E-Commerce Kit merupakan ekstensi lengkap yang bisa kamu gunakan untuk membuka toko online. ekstensi ini bisa mempermudah membuka dan mengelola toko online mulai dari kompatibilitas dengan berbagai platform seperti Facebook Marketplace, Instagram, WiX, dan lainnya. Hingga bantuan untuk mengiklankan produk dan menaikkan trafik dengan menggunakan Google Ads dan SEO Tooling. Selain itu Plesk E-Commerce Kit juga mempermudah pengelolaan produk seperti kontrol stok produk, menjadwalkan penjemputan paket serta pelacakan pengiriman.

Berikut ini adalah fitur Plesk E-Commerce Kit:
  • Mendukung banyak platform seperti Facebook Marketplace, Instagram, WordPress dll.
  • Kemudahan mengelola setiap produk seperti kontrol stok, penjadwalan pick-up paket, dan pelacakan pengiriman.
  • Analisis lengkap dengan Google Analytics dan optimasi trafik dengan SEO Tooling dan Google Ads
  • Integrasi sistem pembayaran lengkap dan tanpa biaya transaksi untuk Plesk
  • Sistem penghitungan pajak dan penerbitan invoice otomatis
  • Kemampuan untuk mempromosikan kode promo, produk diskon, atau tawaran menarik pada produk

5. Speed Kit

Seperti Google Page Speed Insight, Speed Kit akan membantu untuk mengoptimasi dan memperbaiki masalah kecepatan load website. Speed Kit akan membuat laporan dan menampilkan video kecepatan load website. Lalu Speed Kit juga akan membuat perbandingan kecepatan sebelum menggunakan Speed Kit dan sesudah menggunakan Speed Kit dengan menggunakan Page Speed Analyzer.

Speed Kit bekerja dengan menambahkan Service Worker pada website, Service Worker mengubah rute permintaan ke back-end dengan cache cepat yang tersinkronisasi dengan website. Speed Kit mampu mempercepat website tanpa mengubah apapun pada back-end website dengan cara terhubung ke traffic dan mempercepat akses dari sisi pengguna. Penginstalan Speed Kit sebenarnya membutuhkan pengetahuan teknis, tapi jika kamu sudah menginstall WordPress Toolkit maka kamu bisa menggunakan Speed Kit hanya dengan satu klik.

Berikut adalah beberapa fitur Speed Kit:
  • Page Speed Analyzer yang berfungsi untuk menganalisa kecepatan load website sekaligus membandingkan kecepatan load sebelum dan sesudah menggunakan Speed Kit dengan API dari Google PageSpeed dan WebPagetest.
  • Memberikan analisis kinerja kecepatan website.
  • Mempercepat waktu load website hingga 2.5x.

6. Imunify360

Imunify360 adalah solusi keamanan untuk Linux web server dengan menerapkan teknologi machine learning yang memberikan perlindungan total terhadap segala jenis serangan siber atau perilaku abnormal dari server termasuk serangan brute force. Ekstensi ini mampu memberikan tambahan perlindungan terhadap web server dengan firewall tingkat lanjut yang menggunakan cloud heuristic dan kecerdasan buatan (AI) untuk mendeteksi ancaman siber dengan lebih cepat dan tepat.

Berikut adalah beberapa fitur Imunify360:
  • Automasi penuh untuk memastikan server selalu terlindungi sekaligus meminimalisir human error.
  • Memanfaatkan AI/ML untuk meningkatkan proteksi sekaligus mendeteksi ancaman lebih cepat.
  • Firewall tingkat lanjut untuk mendeteksi ancaman siber baru dan melindungi server dari brute force, DOS attack, dan port scan.
  • Aturan lengkap untuk memblokir serangan yang pernah terjadi.
  • Secara otomatis melakukan scanning pada server untuk memastikan server bebas dari malware maupun virus.
  • Kemampuan untuk memonitor reputasi website. Jadi jika seandainya IP website di blokir, Immunify360 akan memberikan notifikasi peringatan.

Sekian artikel tentang 6 ekstensi Plesk terbaik untuk website. Plesk yang merupakan salah satu control panel komprehensif yang ramah pengguna ini bisa kamu dapatkan dengan berlangganan NEO Dedicated Hosting, layanan hosting dengan sumber daya terdedikasi untuk memastikan website siap tampung traffic tinggi. Atau kamu juga mendapatkan add-ons Plesk terpisah yang bisa kamu pasang pada server milikmu dengan harga mulai dari Rp25.000/bulan. Dapatkan Plesk melalui Portal Biznet Gio atau hubungi sales@biznetgio.com sekarang!

Solusi Cloud Terbaik untuk Bisnis Anda

Mulai Sekarang