news image
news 17 April 2024

15 Cara Membuat Artikel SEO Friendly dan Berkualitas

 

Meningkatkan peringkat website menjadi yang teratas bisa dilakukan dengan artikel SEO Friendly dan berkualitas. Artikel SEO Friendly adalah artikel yang harus memenuhi beberapa persyaratan untuk bisa optimal dan bisa muncul pada mesin pencari seperti Google.

 

Artikel SEO friendly cukup penting untuk melakukan optimasi SEO. Nah, jika website-mu memiliki SEO yang baik, maka akan berpotensi bisa meningkatkan brand awareness dan menjangkau pelanggan lebih banyak, hingga meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, kamu perlu membuat artikel SEO friendly agar websitemu mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari.

 

Cara membuat artikel SEO friendly dan berkualitas dapat dilakukan dengan beberapa cara. Mulai dari riset kata kunci, menggunakan struktur artikel yang benar, menambahkan gambar dan lain sebagainya. Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara membuat artikel SEO friendly dan berkualitas, yuk simak hingga akhir!

 

Apa itu Artikel SEO Friendly?

Artikel SEO Friendly adalah artikel yang ditulis dan diunggah pada website dan biasanya berisi kata kunci tertentu. Biasanya kata kunci ditempatkan pada struktur heading seperti, heading 1, heading 2 dan seterusnya.

 

Kata kunci ini ditempatkan agar algoritma seperti Google bisa melakukan crawling dan memahami isi konten artikel yang dibuat. Sehingga, jika audiens sedang mencari kata kunci tertentu, maka mesin pencari seperti Google bisa menampilkan hasil website pada SERP (Search Engine Result Page). Apabila kata kunci yang ditempatkan semakin relevan, maka kesempatan untuk muncul pada peringkat hasil mesin pencari akan semakin besar. 

 

Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Agar website bisa mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari Google, kamu bisa memulainya dari menulis artikel SEO Friendly. Berikut beberapa caranya:

 

  1. Lakukan Riset Kata Kunci

    Cara menulis artikel SEO friendly yang pertama adalah melakukan riset kata kunci. Dengan riset kata kunci yang tepat kamu bisa membuat artikel yang relevan dan pas dengan pencarian audiens.

    Riset kata kunci bisa dimulai dengan mencari kata kunci pada tools riset kata kunci seperti, SEMRush, Ahrefs, Google Planner, dan lain-lain.

    Pastikan untuk mencari kata kunci yang relevan memiliki volume pencarian tinggi. Sebab, dengan volume pencarian tinggi berarti banyak pengguna yang mencari kata kunci tersebut.
     

  2. Pilih Topik yang Sesuai dengan Kata Kunci

    Setelah melakukan riset kata kunci, selanjutnya tulis artikel sesuai dengan topik kata kunci. Sehingga, nantinya kontenmu akan relevan dan bisa menjawab apa yang sedang dicari oleh audiens.

    Jadi, sebelum mulai menuliskan topik pastikan dulu kata kunci apa yang sering dicari oleh target audiens-mu. Hal ini juga biasanya disebut dengan search intent, kamu juga bisa riset melalui konten kompetitor yang menggunakan topik atau kata kunci yang serupa. Dengan cara ini, dapat dijamin kamu bisa menulis artikel SEO friendly dan berkualitas.
     

  3. Gunakan Struktur Artikel

    Salah satu cara membuat artikel SEO friendly adalah dengan menerapkan struktur artikel yang benar. Jadi, konten artikel harus berisi pembuka, isi, dan penutup.

    Berikut rincian susunan artikel yang dibagi menjadi 3 bagian.  adalah bagian awal untuk penjelasan latar belakang serta tujuan penulisan konten.
     

    • Pembuka/prolog
    • Isi adalah bagian utama dari konten yang menjelaskan secara rinci konten yang dibuat, bisa terdiri dari sub bagian, atau poin-poin. 
    • Kesimpulan adalah bagian rangkuman secara singkat yang menyimpulkan pembahasan dari konten.


    Dari struktur artikel di atas kamu juga bisa membuat outline, agar memudahkan untuk menentukan garis besar kontennya.
     

  4. Gunakan Struktur Heading

    Setelah menggunakan struktur artikel, kamu juga perlu menggunakan struktur heading. Penggunaan heading ini juga menjadi salah satu struktur artikel untuk membedakan poin penting dan isi. Heading juga memudahkan pembaca yang biasanya melakukan scanning saat membaca, serta memudahkan Google untuk melakukan crawling konten dari struktur heading yang digunakan.

    Berikut beberapa tips sub heading yang benar:
     

    • Gunakan H1 untuk judul utama artikel dan pastikan untuk menambahkan kata kunci di dalamnya.
    • Gunakan H2 untuk sub judul, di bagian ini juga bisa ditambahkan kata kunci yang digunakan.
    • Gunakan H3, H4 jika diperlukan untuk merinci setiap isi sub judul.
       
  5. Gunakan Kata Kunci Secukupnya

    Hindari keyword stuffing atau terlalu banyak mengulang-ulang keyword. Cara ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengoptimasi artikel SEO friendly. Meskipun kata kunci perlu dimasukkan beberapa kali pada konten, tetap pastikan untuk menambahkan kata kunci secukupnya.

    Pasalnya, jika kamu mengulang-ulang kata kunci berkali-kali justru akan membuat konten sulit dimengerti dan pastinya kurang pas untuk dibaca.
     

  6. Tambahkan Gambar atau Elemen Visual Lainnya

    Cara membuat artikel SEO Friendly tidak hanya dari segi tulisan saja, kamu juga perlu menambahkan gambar untuk merepresentasikan konten yang dibuat.

    Selain gambar, kamu juga bisa menambahkan infografik, template, video dan lain-lain. Pastikan, elemen visual tersebut relevan dengan konten, dan juga mempermudah audiens untuk lebih memahami konten.
     

  7. Gunakan Panjang Artikel Sewajarnya

    Agar artikelmu SEO friendly sebaiknya buat konten dengan panjang artikel minimal 300 kata. Sebab, dengan minimal kata tersebut, Google dapat memahami dengan baik. Namun, biasanya rata-rata artikel SEO friendly yang berkualitas memiliki panjang 1000-2500 kata.

    Dengan begitu, kamu bisa menjelaskan secara detail tentang konten atau topik yang ingin kamu jelaskan. Pastikan untuk menambahkan konten yang langsung pada intinya, berikan informasi yang akurat dan kredibel.
     

  8. Tambahkan Internal dan Eksternal Link

    Cara membuat artikel SEO Friendly berikutnya tambahkan internal dan eksternal link. Internal link adalah link yang mengarahkan dari satu halaman ke halaman lain dalam satu website.

    Menambahkan internal link bermanfaat agar Google dapat mengindeks website serta memahami konteks artikel dengan baik. Sementara untuk pengunjung, internal link dapat membantu pembaca  agar lebih memahami topik yang dibicarakan, serta bisa membuat pembaca berlama-lama di website dengan mengakses konten lainnya.

    Sedangkan, eksternal link adalah link yang mengarahkan ke website lain. Hal ini bertujuan untuk memperkuat dan meyakinkan pembaca konten di web. Kamu bisa mengarahkan eksternal link bisa untuk kutipan, infografis, jurnal dan lain sebagainya. Sehingga, eksternal link pun harus relevan agar Google tidak membacanya sebagai spam.
     

  9. Kompres Gambar

    Gambar yang dimuat di artikel dan memiliki ukuran yang besar justru akan memperberat durasi respons websitemu dan ini akan mempengaruhi SEO. Oleh karena itu, pastikan untuk memperkecil ukuran gambar. Kamu bisa mengkompres gambar untuk website tanpa harus mengurangi kualitasnya. Kamu bisa menggunakan form .webp dan bisa dikompres melalui software seperti, photoshop, AI, dan lain-lain. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan situs web online untuk mengkompres gambar seperti iLoveIMG.
     

  10. Berbentuk Daftar (Listicle)

    Salah satu format yang efektif untuk artikel SEO friendly adalah daftar (listicle). Format ini memecah informasi menjadi bagian-bagian yang mudah dipahami dan dicerna oleh pembaca. Dengan menggunakan daftar, kamu tidak hanya memberikan informasi yang terstruktur dengan baik tetapi juga meningkatkan tingkat keterlibatan pembaca.

    Misalnya, dengan menulis artikel tentang "10 Tips Memulai Bisnis Online", kamu dapat membaginya menjadi poin-poin yang terpisah untuk setiap tip. Hal ini tidak hanya membuat artikel lebih mudah dipahami tetapi juga memungkinkan untuk menyematkan kata kunci yang relevan ke dalam judul dan subjudul.
     

  11. Menambah Meta Title yang Menarik

    Meta title adalah judul yang ditampilkan di hasil pencarian mesin pencari. Judul yang menarik dan relevan adalah kunci untuk menarik perhatian pembaca dan meningkatkan klik ke artikel. Saat membuat meta title, pastikan untuk menggunakan kata kunci yang relevan dengan konten artikel.

    Sebagai contoh, jika artikel yang ingin dibuat tentang "Cara Menanam Sayuran di Halaman Belakang", pastikan meta title mencakup kata kunci seperti "menanam sayuran", "halaman belakang", dan mungkin juga "tips bercocok tanam". Buat judul yang menarik seperti "7 Tips Ahli untuk Menanam Sayuran di Halaman Belakang" dengan begitu, artikel dapat menarik perhatian pembaca dan meningkatkan kemungkinan klik.
     

  12. Menambahkan Call to Action

    Call to action (CTA) adalah perintah yang dirancang untuk mendorong pembaca untuk melakukan tindakan tertentu, seperti berlangganan, membagikan artikel, atau mengunjungi halaman lain di situs. Menambahkan CTA ke dalam artikel tidak hanya dapat meningkatkan interaksi pembaca tetapi juga dapat membantu meningkatkan tingkat konversi dan pengikut.

    Misalnya, di bagian akhir artikel, tambahkan CTA yang mengundang dan mengajak pembaca untuk berlangganan newsletter atau email marketing untuk mendapatkan pembaruan terbaru tentang topik maupun promo yang sedang berlangsung. Selain itu, kamu juga bisa  menambahkan tombol berbagi sosial (share) untuk memudahkan pembaca dalam membagikan artikel ke platform media sosial.
     

  13. Tambahkan Komponen Teknis Blog

    Komponen teknis blog, seperti title tag, permalink, dan meta description, adalah elemen-elemen penting dalam optimasi SEO. Elemen ini membantu mesin pencari memahami konten dan menampilkan informasi yang relevan di hasil pencarian. Berikut komponen teknis blog yang perlu diperhatikan:
     

    • Title Tag/SEO Title: Ini adalah judul halaman yang ditampilkan di tab browser dan sebagai judul di hasil pencarian. Pastikan untuk menyertakan kata kunci yang relevan dan menjadikannya menarik agar lebih banyak pengguna mengkliknya.
    • Permalink: Permalink adalah URL permanen yang menunjukkan alamat halaman. Pastikan permalink singkat, deskriptif, dan mengandung kata kunci.
    • Meta Description: Ini adalah deskripsi singkat yang muncul di bawah judul di hasil pencarian. Gunakan meta description untuk menjelaskan isi artikel secara singkat dan menarik, sambil memasukkan kata kunci yang relevan.
       
  14. Gunakan Plugin Optimasi SEO

    Untuk mempermudah proses optimasi SEO, kamu juga bisa menggunakan plugin SEO seperti Yoast SEO atau All in One SEO Pack. Plugin ini menyediakan tools yang berguna, seperti analisis kata kunci, pengaturan meta tag, dan saran optimasi konten.

    Setelah menginstal plugin, kamu bisa dengan mudah mengoptimalkan setiap artikel dengan mengikuti petunjuk yang diberikan. Plugin akan memberitahu jika ada bagian-bagian yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan SEO artikel.
     

  15. Konsisten Update Artikel secara Berkala

    Terakhir yang juga tidak kalah penting adalah konsisten untuk update artikel secara berkala. Meskipun telah mempublikasikan artikel yang dioptimalkan dengan baik, pekerjaan belum selesai di sini. Google dan mesin pencari lainnya menyukai konten yang terus diperbarui dan diperbaharui secara berkala. Jadi, agar websitemu tetap disukai Google, pastikan tetap konsisten memperbarui artikel  dengan informasi baru, studi kasus, atau tren terbaru dapat membantu mempertahankan dan meningkatkan peringkat SEO websitemu.

    Jika diperlukan, buat jadwal rutin untuk memperbarui artikel secara berkala. Kamu juga dapat menambahkan bagian tambahan, mengubah informasi yang sudah tidak relevan, atau memperbarui gambar dan grafik untuk menjaga konten tetap  aktual dan relevan. 

 

Buat Artikel Websitemu Lebih SEO Friendly! 

Dengan menerapkan cara membuat artikel SEO friendly di atas, tentunya kamu bisa membuat artikel lebih SEO friendly sehingga bisa meningkatkan peluang untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian. Hal yang perlu diingat juga bahwa SEO adalah proses yang berkelanjutan, jadi pastikan untuk terus memantau kinerja artikel dan menyesuaikan strategi SEO sesuai kebutuhan.

 

Baca juga: 7 Tips Meningkatkan SEO On-page untuk Website

 

Strategi SEO yang kamu terapkan akan lebih optimal dengan dukungan hosting website terbaik seperti, NEO WordPress. Dengan infrastruktur berbasis Kubernetes, websitemu dijamin anti downtime, tetap stabil, cepat, dan aman. Website yang responsif dan load website yang cepat tentunya akan meningkatkan skor SEO website kamu. Jadi, tidak perlu ragu lagi, untuk menggunakan NEO WordPress sebagai strategi mengoptimasi SEO website milikmu.

 

 
Untuk informasi lebih lengkap mengenai NEO WordPress kamu juga bisa menghubungi kami melalui fitur live chat, maupun email ke support@biznetgio.com.