news image
news 11 Januari 2023

PhpMyAdmin adalah salah satu software gratis yang ditulis dalam bahasa PHP dan merupakan software yang paling populer digunakan untuk mengelola tabel dan data pada database melalui web. PhpMyAdmin mendukung berbagai operasi database seperti MySQL maupun MariaDB. Tugas yang dimaksudkan seperti untuk mengelola database, tabel, kolom, indeks, user, permission, dan lain-lain. Seluruh tugas ini dapat di eksekusi melalui user interface yang user-friendly. Namun, walau phpMyAdmin memiliki user interface kamu juga masih bisa mengeksekusi MySQL statement dan query secara langsung. 


PhpMyadmin sangat populer digunakan untuk mengelola database karena bisa diakses melalui web browser. Selain yang sudah disebutkan sebelumnya kita juga dapat membuat, memperbarui, mengubah, menghapus, mengimpor, dan mengekspor tabel database MySQL dengan menggunakan software ini. Kamu juga dapat menjalankan query MySQL, memperbaiki, mengoptimalkan, memeriksa tabel, dan juga menjalankan perintah manajemen database lainnya. PhpMyAdmin juga dapat digunakan untuk melakukan tugas administratif seperti pembuatan database dan eksekusi query


Fitur phpMyAdmin 

PhpMyAdmin memiliki fitur yang cukup lengkap untuk mengelola database. Software ini awalnya bertujuan untuk mempermudah pengelolaan database melalui web, berikut ini adalah beberapa fitur yang diberikan oleh phpMyAdmin. 

  • Memiliki tampilan user interface  
  • Mendukung fitur-fitur MySQL 
  • Mengelola database, tabel, view, field, dan index.
  • Membuat, salin, ganti nama, dan ubah database, tabel, view, field, dan index.
  • Melakukan pemeliharaan server, database, dan tabel dengan saran konfigurasi server.
  • Menjalankan, edit, dan tandai SQL-statement apa pun, bahkan batch-queries
  • Mengimpor data dari CSV maupun SQL. 
  • Mencari apa pun pada database 


Kelebihan phpMyAdmin 

Setelah mengetahui fitur-fitur dari phpMyAdmin ada beberapa alasan yang menjadikan phpMyAdmin populer, berikut adalah beberapa di antaranya. 

  • Tampilan user interface yang intuitif dan mudah digunakan

    phpMyAdmin adalah aplikasi berbasis graphical user interface (GUI) yang digunakan untuk mengelola database MySQL. Kamu dapat dengan mudah membuat database dan tabel dan mengeksekusi query secara manual.
  • Bisa dijalankan di berbagai server dan sistem operasi 

    Selain menyediakan antarmuka berbasis web, phpMyAdmin dapat berjalan di server mana pun dan diakses melalui perangkat apa saja yang memiliki browser. Software ini berbasis web karena itu phpMyAdmin bisa berjalan di berbagai perangkat, server, dan sistem operasi apa saja asal perangkat akses ke internet melalui web browser. 
  • Menambahkan banyak user dan mengelola banyak server

    PhpMyAdmin bisa digunakan oleh banyak user maupun user group. Nantinya setiap user tersebut juga bisa dibatasi, izin apa saja yang bisa dilakukan ataupun dan tidak bisa dilakukan. Selain itu phpMyAdmin juga bisa digunakan untuk mengelola banyak server dalam satu dashboard
  • Kemampuan untuk ekspor data 

    Data pada database bisa di ekspor ke berbagai format seperti CSV, SQL, XML, PDF, ISO/IEC 26300 - OpenDocument Text dan Spreadsheet, Word, LATEX, dan lainnya. Selain itu data yang disimpan bisa diubah ke dalam format apa pun menggunakan serangkaian fungsi yang telah ditentukan sebelumnya, seperti menampilkan data BLOB sebagai gambar atau tautan unduhan. 
  • Eksekusi statement dan query SQL yang kompleks 

    Kita dapat mengeksekusi statement dan query SQL yang kompleks, membuat dan mengedit fungsi, dan memanggil fungsi menggunakan antarmuka grafis phpMyAdmin. 

Cara install phpMyAdmin 

Jika sebelumnya kamu sudah berlangganan layanan hosting ataupun VPS yang mempunyai control panel seperti misalnya pada layanan hosting dari Biznet Gio yaitu NEO Web Hosting ataupun NEO Dedicated Hosting maka kamu bisa mengakses phpMyAdmin pada menu bawaan dari masing masing control panel. Sedangkan pada layanan VPS kamu bisa mengaksesnya melalui console


Melalui cPanel 

cPanel bisa kamu dapatkan secara gratis dengan berlangganan NEO Web Hosting namun kamu juga bisa membelinya secara terpisah. untuk bisa mengakses phpMyAdmin kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut: 

  • Buka cPanel dengan cara mengetik namadomain.com:2083 pada kolom URL browser. 
  • Kemudian masukkan kredensial yang kamu miliki. 
  • Lalu klik menu phpMyAdmin di sub menu database. 
  • Setelah itu kamu sudah bisa mengakses phpMyAdmin. 

Melalui Plesk 

Sedangkan untuk control panel Plesk, phpMyAdmin juga bisa diakses menggunakan menu bawaan yang sudah tersedia dari Plesk. Plesk sendiri bisa kamu dapatkan jika berlangganan layanan NEO Dedicated Hosting atau membeli lisensinya secara terpisah. Sama seperti cPanel, untuk bisa mengakses phpMyAdmin melalui Plesk kamu bisa mengikuti panduan berikut: 

  • Buka Plesk dengan mengetik alamatIPkamu:8443 pada kolom URL browser. 
  • Login dengan kredensial yang kamu miliki. 
  • Masuk ke menu Database, klik domain yang diinginkan. 
  • Terakhir klik menu phpMyAdmin dan kamu sudah bisa mengaksesnya. 


Melalui VPS 

Jika kamu saat ini memiliki layanan VPS maka kamu bisa menginstal phpMyAdmin secara gratis. Kamu bisa menginstall phpMyAdmin menggunakan terminal atau SSH pada VPS milikmu. Misalnya menggunakan layanan VPS dari Biznet Gio yaitu NEO Lite, dengan NEO Lite kamu bisa mendapatkan VPS dengan sumber daya dedicated yang didukung penyimpanan SSD super cepat. 


Untuk bisa memasang phpMyAdmin pada layanan VPS, terlebih dahulu kamu harus mengakses console pada layanan VPS. Langkah-langkahnya bisa jadi berbeda tergantung sistem operasi (OS) apa yang digunakan oleh VPS. Khususnya pada layanan NEO Lite yang dari sisi OS bisa di kustom dari beberapa pilihan Distro Linux seperti Ubuntu atau CentOS. Proses instalasinya kamu bisa mengikuti panduan pada Knowledge Base Biznet Gio berikut: 


Baca juga: Cara Install phpMyAdmin pada Ubuntu dan CentOS 


Kelola database dengan mudah melalui phpMyAdmin 

Sekian artikel mengenai apa itu phpMyAdmin kali ini. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya phpMyAdmin dapat digunakan untuk mempermudah pengelolaan database. Untuk bisa menggunakan phpMyAdmin kamu memiliki beberapa pilihan seperti menggunakan control panel pada layanan hosting maupun menginstalnya pada layanan VPS secara manual melalui terminal/SSH. Jika kamu menginginkan layanan VPS yang memiliki resource dedicated dan penyimpanan SSD namun dengan harga terjangkau kamu bisa memilih NEO Lite.


Layanan VPS praktis dari Biznet Gio ini bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau. Mulai dari Rp50.000/bulan saja, kamu sudah bisa mendapatkan VPS hingga 16 Core vCPU, 16GB RAM, dan 60 GB storage yang bisa di upgrade kapan saja dengan mudah. Serta didukung bandwidth gratis hingga 10 Gbps tanpa biaya egress. Dapatkan NEO Lite sekarang juga melalui Portal Biznet Gio. Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami via live chat atau email ke support@biznetgio.com.