news image
news 19 Juli 2024

Mengenal Local SEO: Pengertian dan Bagaimana Cara Melakukannya

 

Bagi bisnis yang memiliki segmentasi lokal dan ingin menarik calon pelanggan, maka local SEO bisa menjadi pilihan terbaik. Pasalnya, praktik ini memungkinkan untuk mengoptimalkan bisnis muncul pada mesin pencari organik lokal.

 

Keunggulan dari SEO lokal ada visibilitasnya yang relevan dengan pencarian tertentu. Misalnya, ketika seseorang mencari di Google "hotel terdekat", maka Google akan menampilkan beberapa rekomendasi hotel yang telah menggunakan local SEO, berdasarkan kata kunci yang dimasukkan.

 

Lalu, bagaimana cara melakukan local SEO? Yuk, simak selengkapnya penjelasan mulai dari definisi hingga cara-caranya.

 

Apa itu Local SEO?  

Sebelum membahas bagaimana cara melakukan local SEO, pahami dulu yuk apa itu local SEO. Sederhananya, local SEO adalah salah strategi untuk meningkatkan visibilitas bisnis pada mesin pencari yang berhubungan dengan lokasi tertentu.

 

Tujuan mengoptimalkan local SEO adalah untuk meningkatkan brand awareness, menarik pelanggan secara lokal, serta mendapatkan calon pelanggan lainnya yang ada pada lokasi tertentu.

 

Oleh karena itu, dengan optimalkan local SEO, Google akan memunculkan bisnismu pada kata kunci yang relevan. Misalnya, jika perusahaanmu bergerak pada bidang jasa cuci sepatu, ketika ada seseorang yang mencari di Google dengan kata kunci "cuci sepatu terdekat" maka, Google akan menampilkan bisnismu pada mesin pencari.

 

Sebaliknya, jika tidak menggunakan local SEO, maka mesin pencari akan memunculkan daftar bisnis lain yang relevan dan telah mengoptimalkan local SEO.

 

Cara Melakukan Local SEO  

Mengoptimalkan Local SEO sangat penting untuk meningkatkan visibilitas bisnis lokal di mesin pencari seperti Google. Dengan mengoptimalkan Local SEO, bisnis kamu dapat lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan di sekitar lokasi bisnis. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengoptimalkan Local SEO, dengan referensi dari artikel di atas.

 

1. Buat Entri di Google Business Profile

Langkah pertama dalam mengoptimalkan Local SEO adalah memastikan bisnis kamu terdaftar di Google Business Profile. Untuk mendaftarkannya pun cukup mudah, berikut cara melakukannya:

 

  • Kunjungi Google Maps: Buka Google Maps dan klik menu di sebelah kiri atas, lalu pilih "Tambahkan Bisnis Anda". Kamu akan diarahkan ke halaman Google Bisnisku.
  • Halaman Google Bisnisku: Kunjungi halaman Google Bisnisku dan klik "Login" atau "Kelola Sekarang". Setelah itu, klik "Tambahkan Bisnis".
  • Isi Formulir Pendaftaran: Isi semua informasi yang diminta dengan data yang valid dan lengkap. Pastikan untuk mencatat data yang diisi untuk keperluan NAP Citation, karena konsistensi sangat penting dalam Local SEO.
  • Verifikasi Bisnis: Selesaikan proses verifikasi yang diperlukan. Jika berhasil, bisnis kamu akan masuk ke tahap review dalam 1x24 jam dan kemudian bisa tampil di Google Maps. 

2. Lakukan Riset Keyword untuk Bisnismu

Riset keyword sangat penting dalam strategi SEO untuk bisnis lokal. Berikut langkah-langkah melakukan riset keyword:

 

  • Gunakan Tools Gratis: Tools seperti Ubersuggest dapat membantu menemukan kata kunci yang paling sesuai untuk bisnismu. Cari data jumlah pencarian kata kunci per bulan dan tingkat kesulitannya.
  • Contoh Riset Keyword: Jika bisnismu adalah digital marketing, gunakan kata kunci seperti “Digital Marketing Agency” atau “Jasa Pembuatan Website Murah” dalam nama bisnis di Google Maps.
  • Panduan Riset: Baca panduan menggunakan Ubersuggest untuk riset keyword di sini.

3. Optimasi Konten On-Page

On-Page SEO sangat penting untuk memberi sinyal kepada mesin pencari tentang relevansi konten kamu. Berikut cara meng-optimasi On-Page SEO:

 

  • Schema Markup: Tambahkan structured data dengan schema markup pada website. Pilih jenis schema "Local Business" dan isi data bisnis kamu. Gunakan Schema Markup Generator untuk membantu membuat structured data ini.
  • Relevansi Konten: Pastikan semua informasi di Google Bisnisku relevan dengan bisnis kamu. Sertakan kata kunci dalam setiap paragraf dan rutin membuat postingan di Google Maps mengenai promo atau artikel terkait. 

4. Optimasi Meta Descriptions

Meta description membantu meningkatkan klik dari hasil pencarian. Berikut tips mengoptimasi meta descriptions:

 

  • Sertakan Kata Kunci Lokal: Masukkan kata kunci yang mencakup lokasi seperti nama kota atau wilayah. Contoh: “Toko bunga terbaik di Jakarta Pusat”.
  • Informasi Lokasi: Sertakan alamat atau landmark terkenal di sekitar bisnis kamu.
  • Deskripsi Menarik: Buat deskripsi yang menarik dan memunculkan rasa ingin tahu. Gunakan antara 155-160 karakter untuk deskripsi optimal.
  • Referensi Iklan: Lihat iklan Google Ads untuk gaya penulisan yang menarik dan adaptasi untuk meta description kamu.
5. Buat NAP Citations

NAP Citations (Name, Address, Phone number) adalah informasi penting untuk Local SEO yang berisi nama bisnis, alamat, dan nomor kontak yang bisa dihubungi. Berikut cara memaksimal NAP Citations:

 

  • Konsistensi Informasi: Pastikan NAP Citations yang kamu bagikan di internet konsisten dengan yang di Google Bisnisku.
  • Distribusi NAP Citations: share di website, blog, media sosial, dan platform lain di internet. Semakin sering NAP Citations muncul, semakin terkenal bisnis kamu di mata mesin pencari. 

6. Tanggapi Ulasan Konsumen

Ulasan konsumen sangat mempengaruhi reputasi bisnis kamu di Google Bisnisku. Berikut tips untuk mendapatkan ulasan yang bagus:

 

  • Lokasi Bisnis Bersih: Pastikan lokasi bisnis selalu dalam kondisi bersih.
  • Pelayanan Ramah: Berikan pelayanan yang ramah dan profesional.
  • Informasi Kontak: Sediakan informasi kontak yang mudah dihubungi.
  • Unggah Foto: Unggah foto interior dan eksterior bisnis kamu untuk memberikan gambaran kepada calon pelanggan.
  • Tanggapi Komentar: Aktif menanggapi komentar dan ulasan konsumen untuk menjaga rating dan review tetap positif.

7. Lengkapi Informasi Seputar Produk

Informasi lengkap mengenai produk dan layanan sangat penting di Google Bisnisku. Berikut langkah yang bisa diambil:

 

  • Isi Informasi Lengkap: Isi semua kolom informasi seperti menu, produk, rentang harga, jam buka, dan lain sebagainya.
  • Cantumkan URL Website: Jika kamu memiliki website, cantumkan URL di Google Bisnisku agar calon pelanggan dapat melihat informasi lebih lanjut. 

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat mengoptimalkan Local SEO untuk bisnis kamu, meningkatkan visibilitas dan menarik lebih banyak pelanggan lokal.

Bisnis Semakin Optimal dengan Local SEO

Itu dia ulasan mengenai lokal SEO mulai dari definisi, dan bagaimana cara melakukannya. Dari penjelasan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa local SEO bisa menjadi pilihan yang tepat bagi bisnis untuk meningkatkan eksistensinya secara digital atau online.  

 

Baca juga: 15 Cara Membuat Artikel SEO Friendly dan Berkualitas

 

Selain melakukan local SEO, meningkatkan visibilitas online juga penting bagi bisnis untuk memiliki website. Website dapat memberikan manfaat untuk memaksimalkan SEO, mulai dari off page hingga on page, selain itu memiliki bisnis juga bisa meningkatkan kredibilitas bisnis serta kepercayaan pelanggan.  

 

Jika kamu bisnismu belum memiliki website, kamu bisa memulainya dengan NEO WordPress. Hanya dengan 50 ribu rupiah kamu sudah bisa mendapatkan domain .ID hingga .COM secara gratis. Berikut beberapa benefit lainnya yang bisa kamu dapatkan:  

 

  1. Website yang memiliki rancangan kontainerisasi dan automasi sehingga terhindar dari gangguan server.  
  2. Memiliki sumber daya komputasi, sehingga website dipastikan memiliki performa terbaik, seamless dan anti downtime.  
  3. Gratis AI text generator dan web builder.  
  4. Tetap stabil berapapun visitornya.
  5. Didukung dengan web assistant yang siap membantu menyelesaikan tugas dan kendala.  


Dapatkan NEO WordPress Sekarang

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai fitur baru NEO WordPress kamu juga bisa menghubungi kami melalui fitur live chat, maupun email ke support@biznetgio.com