news image
news 23 Agustus 2024

Cara Membuat Website WordPress Muncul di Google Discover

Google Discover adalah salah satu platform yang dikembangkan oleh Google sejak 2018. Dengan platform ini, pengguna dapat menemukan konten-konten yang relevan dan sesuai dengan minat secara otomatis. Google akan memanfaatkan informasi pengguna melalui history atau riwayat pencarian yang dilakukan pengguna di mesin pencari seperti Google.  

 

Dengan platform ini tentunya kamu bisa meningkatkan trafik website yang sesuai dengan target pasar. Hal ini juga didukung dengan kemampuan Google yang memiliki kredibilitas tinggi untuk menyeleksi pengguna sesuai dengan minatnya mulai dari tiga kriteria yaitu, Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness (EAT).  

 

Dari penjelasan ini, mungkin kamu penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut, apa itu Google Discover? Lalu, seberapa penting untuk SEO? Oleh karena itu, simak artikel ini hingga akhir yang akan membahas lebih lanjut mulai dari definisi hingga bagaimana cara membuat website masuk ke dalam Google Discover.  

 

Apa itu Google Discover?

Google Discover adalah platform yang memungkinkan pengguna akan menemukan konten-konten yang relevan dari riwayat pencariannya. Hal ini karena Google dapat menyimpan data pengguna berdasarkan preferensi dan aktivitas di Google.  

 

Konten yang dimunculkan oleh Google Discover ini juga bermacam-macam mulai dari, berita, blog, video, resep, hingga gambar. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar pengalaman pengguna di Google meningkat dengan menemukan konten yang sesuai dengan preferensi mereka.  

 

Lebih lanjut, menggunakan Google Discover tidak hanya menguntungkan bagi pengguna internet, tetapi juga bagi pemilik website. Google Discover memungkinkan untuk meningkatkan trafik bagi suatu website. Google juga akan menyarankan pengguna konten yang relevan dan baru dipublikasikan. Oleh karena itu, pastikan untuk memproduksi artikel yang menarik, dengan menambahkan gambar atau elemen visual yang menarik minat pengunjung.  

 

Dengan begitu, Google Discover akan memprioritaskan website yang paling banyak menarik perhatian pengguna, untuk ditampilkan lebih banyak ke pengguna lainnya. Untuk mengakses Google Discover pun cukup mudah, cukup dengan memiliki Google pada smartphone dan biasanya sudah terinstal pada Android maupun iPhone.

 

Kelebihan Website Muncul di Google Discover

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa Google Discover juga bermanfaat untuk pemilik website, salah satunya untuk meningkatkan visibilitas website. Selain itu, berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa diperoleh ketika konten website muncul di Google Discover: 

 

1. Peningkatan Visibilitas 

Salah satu kelebihan utama dari munculnya konten di Google Discover adalah peningkatan visibilitas. Konten yang tampil langsung di beranda pengguna memiliki potensi untuk dilihat oleh audiens yang lebih luas tanpa perlu mereka melakukan pencarian aktif.  

 

Hal ini memungkinkan penerbit dan merek untuk menjangkau lebih banyak audiens dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional. Peningkatan visibilitas ini membantu memperkenalkan merek atau konten Anda kepada publik yang lebih luas dan membangun kesadaran merek yang lebih kuat.

 

2. Penargetan yang Lebih Tepat

Google Discover memanfaatkan data pengguna untuk memahami minat dan preferensi mereka, sehingga konten yang disajikan lebih relevan dan sesuai. Dibandingkan dengan metode penargetan umum seperti iklan online, Google Discover menawarkan penargetan yang lebih spesifik berdasarkan perilaku pengguna yang sebenarnya.  

 

Dengan demikian, konten yang muncul memiliki peluang lebih besar untuk menarik perhatian audiens yang benar-benar tertarik pada topik tersebut, meningkatkan interaksi dan keterlibatan.

 

3. Peningkatan Trafik

Munculnya konten di Google Discover dapat meningkatkan trafik secara signifikan untuk  website. Karena pengguna dapat mengakses konten langsung dari beranda mereka, jumlah kunjungan ke website akan meningkat tanpa perlu pencarian aktif.  

 

Trafik yang dihasilkan dari Google Discover cenderung lebih berkualitas karena disesuaikan dengan minat pengguna pada topik-topik tertentu. Tentunya, dengan begitu bisa menghasilkan konversi yang lebih tinggi, seperti pembelian produk atau langganan layanan, yang sangat penting keberlangsungan bisnis.

 

4. Peningkatan Keterlibatan Pengguna

Kelebihan website muncul di Google Discover juga mendorong keterlibatan yang lebih besar antara pengguna dan konten yang mereka temukan. Dengan konten yang disesuaikan dengan minat pengguna, interaksi seperti klik, waktu yang dihabiskan di situs, dan lain sebagainya.  

 

Pengguna cenderung lebih aktif dalam mengeksplorasi konten yang muncul di beranda mereka, yang dapat meningkatkan keterlibatan pengguna dan memperkuat hubungan antara pengguna sebagai pelanggan dan website. Sehingga dengan begitu, website akan mendapatkan reputasi baik di mata pelanggan.  

 

5. Menguatkan Brand Awareness

Konten yang konsisten muncul di Google Discover juga akan membantu meningkatkan brand awareness. Ketika pengguna terus-menerus melihat konten di website tertentu, maka merk akan menjadi lebih dikenal dan diingat.  

 

Pasalnya, pengulangan ini memperkuat citra merek di benak pengguna, membantu membangun kesadaran merek yang lebih kuat dan membedakan merek dari kompetitor. Seiring waktu, ini bisa menghasilkan loyalitas pelanggan yang lebih besar dan pangsa pasar yang lebih luas.

 

6. Peningkatan Autoritas

Konten yang muncul secara konsisten di Google Discover memberikan sinyal bahwa website yang muncul adalah otoritas dalam bidang tersebut. Sebab, pengguna cenderung lebih percaya pada konten yang mereka temui di Google Discover, yang dapat meningkatkan reputasi dan otoritas merek.

 

Selain itu, ini juga memberikan sinyal positif kepada mesin pencari tentang kualitas dan relevansi konten yang dapat meningkatkan peringkat pencarian organik dan visibilitas keseluruhan.

 

7. Sumber Trafik Langsung

Pengguna dapat langsung mengakses konten tanpa perlu melakukan pencarian pada mesin pencari, sehingga dapat meningkatkan jumlah trafik langsung ke situs web. Lebih lanjut, trafik langsung ini cenderung lebih berkualitas karena pengguna telah menunjukkan minat pada konten website. Sehingga akan menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi dan memberikan gambaran yang lebih akurat tentang seberapa menarik konten pada website bagi pengguna. 

 

Cara Membuat Website WordPress Muncul di Google Discover

Website yang muncul pada Google Discover akan memberikan manfaat seperti, meningkatnya visibilitas, trafik hingga autoritas. Lalu, bagaimana caranya agar website dapat muncul di Google Discover?  

Menurut penjelasan Google, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan agar website milikmu dapat muncul di Google Discover. Berikut cara-caranya:  

 

1. Buat Konten yang Menarik

Konten adalah kunci utama untuk muncul di Google Discover. Pastikan konten yang dibuat berkualitas tinggi, menarik, dan mampu menjawab pertanyaan yang mungkin dimiliki oleh pembaca.  

 

Fokuslah pada pembuatan konten yang tidak hanya informatif tetapi juga relevan dengan audiens target. Jadi, jangan hanya asal menghasilkan konten namun pastikan untuk selalu menyajikan informasi yang berharga dan bermanfaat serta relevan.

 

2. Posting Tepat Waktu

Google Discover dapat menemukan konten baru dengan cepat, sehingga penting untuk mempublikasikan konten pada waktu yang tepat. Konten yang dipublikasikan pada waktu yang tepat memiliki peluang lebih besar untuk muncul di Google Discover.  

 

Selain itu, perhatikan topik yang sedang tren atau populer di industri dan buatlah konten tentang topik tersebut. Meskipun konten baru memiliki peluang bagus, konten berkualitas yang selalu relevan juga bisa tampil dengan baik di Discover.

 

3. Tingkatkan Kualitas Konten

Untuk meningkatkan peluang muncul di Google Discover, pastikan konten lebih baik daripada konten kompetitor. Fokuslah pada kualitas dengan meneliti audiens, pesaing, dan industri. Buatlah artikel yang lebih informatif dan mendalam.  

 

Analisis konten kompetitor yang muncul di Discover untuk memahami apa yang membuat konten mereka berhasil dan cobalah mengadopsi strategi yang serupa tanpa meniru secara langsung.

 

4. Penulisan Judul yang Deskriptif

Judul atau tag judul yang deskriptif dan tidak menyesatkan sangat penting. Hindari penggunaan judul clickbait karena bisa menyebabkan konten tidak memenuhi syarat untuk tampil di Discover.  

 

Gunakan judul yang mencerminkan isi konten dengan jelas dan akurat, sehingga pembaca tahu apa yang akan mereka dapatkan dari artikel.

 

5. Gunakan Elemen Visual Berkualitas Tinggi

Elemen visual berkualitas tinggi seperti gambar dan video sangat penting untuk menarik perhatian di Google Discover. Pastikan gambar yang digunakan memiliki resolusi tinggi, minimal 1.200 px, dan relevan dengan konten.

 

Hindari penggunaan logo situs sebagai gambar utama. Selain gambar, pertimbangkan untuk menambahkan berbagai jenis visual seperti infografis, GIF, screenshot, kutipan, atau visualisasi data. Video juga semakin penting; jika ada video yang relevan, tambahkan ke dalam konten untuk meningkatkan daya tariknya.

 

6. Menerapkan Prinsip E-E-A-T

Prinsip E-E-A-T (Experience, Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness) sangat penting untuk memastikan konten berkualitas tinggi. Pastikan penulis konten memiliki pengalaman dan keahlian di bidangnya, situs memiliki otoritas, dan informasi yang disajikan dapat dipercaya.  

 

Google berusaha memberikan informasi yang relevan dan bermanfaat kepada pengguna, sehingga konten yang unik, informatif, dan berkualitas tinggi lebih cenderung muncul di Google Discover.

 

7. Mencoba Google Web Stories

Google Web Stories adalah alat yang dirancang untuk konten visual seluler yang lebih baik. Ini adalah versi media sosial dari Google, mirip dengan konten di Facebook, Snapchat, dan Instagram.  

 

Web Stories dapat ditemukan di penelusuran dan Google Discover, sehingga ini adalah cara yang efektif untuk menjangkau pengguna seluler dengan konten yang menarik dan interaktif.

 

Itu lah ulasan mengenai Google Discover, platform yang dapat membantu meningkatkan visibilitas dan trafik website. Dengan memanfaatkannya secara efektif, kamu dapat menjangkau lebih banyak audiens potensial berdasarkan minat dan preferensi. Untuk memulai, pastikan untuk membuat konten yang menarik, menggunakan elemen visual berkualitas, dan mengoptimalkan website dengan performa terbaik menggunakan  layanan hosting terbaik seperti, seperti NEO WordPress.

 

NEO WordPress adalah solusi tepat untuk mengelola situs web milikmu dengan lebih efisien dan efektif. Layanan ini menawarkan berbagai fitur canggih yang dapat membantu meningkatkan performa websitemu dengan benefit berikut:  

 

  1. Website minim downtime dengan infrastruktur berbasis kubernetes.  
  2. Dilengkapi dengan web builder gratis dan generative AI.  
  3. Gratis domain ekstensi seperti, .id, .com dan lain sebagainya.  
  4. Website selalu on dengan rancangan kontainerisasi dan kubernetes.  
  5. Seamless tanpa downtime.
  6. tabil berapapun visitornya dengan cache built-in  
  7. Didukung dengan website assistant yang siap membantu menyelesaikan berbagai tugas.  

 

 

Dapatkan NEO WordPress Sekarang

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai fitur baru NEO WordPress kamu juga bisa menghubungi kami melalui fitur live chat, maupun email ke support@biznetgio.com