news image
news 19 April 2023

5 Keunggulan dan Fungsi VPS, Apa Saja?

Virtual private server (VPS) merupakan server virtual yang biasanya berasal dari server fisik dan dedicated. Saat ini, VPS menjadi jawaban bagi pengembang website dan aplikasi yang ingin memiliki layanan yang stabil dan optimal. Hal ini dikarenakan pengguna VPS tidak perlu berbagi sumber daya komputasinya dengan pengguna VPS lain.  

 

Alhasil, layanan-layanan yang dibangun dengan VPS pun menjadi lebih kencang, tetap aman, dan optimal. Pengguna pun sepenuhnya akan diberikan kebebasan untuk menginstal aplikasi dan membuat perubahan tanpa harus melalui penyedia hosting

 

Selain itu, VPS juga terkenal jauh lebih murah dibandingkan dengan dedicated hosting maupun elastic cloud server (ECS). Berbeda dengan shared hosting yang menawarkan harga murah tetapi tidak memberikan ruang server khusus meskipun harganya lebih murah. Walau demikian, kualitas VPS tetap jangan diragukan karena VPS cocok digunakan oleh pengguna yang hendak mengembangkan layanan-layanannya.  

Perbedaan VPS vs Shared Hosting 

Seperti yang kita ketahui, shared hosting merupakan layanan yang ditujukan untuk pemilik situs dengan jumlah traffic yang belum tinggi. Biasanya pilihan ini juga cocok untuk menjadi langkah awal pemula dalam membangun website atau bisnis sederhana. Sayangnya, memakai shared hosting berarti pengguna harus berbagi resource dengan pengguna lain sehingga tidak ada alokasi sumber daya komputasi yang dedicated. Kinerja hosting pun akan bergantung pada kebutuhan pengguna layanan lainnya.

 

Berbeda dengan itu, VPS menawarkan kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan shared hosting. Misalnya saja, VPS itu lebih cepat dan andal daripada shared hosting karena jaminan resource yang terdedikasi. VPS juga menawarkan layanan yang mudah di-scale up seiring dengan pertumbuhan dan berkembangnya layanan.

 

Lalu, apa saja keunggulan sekaligus dari VPS ini? Yuk, simak ulasan lengkapnya dalam artikel berikut. 

Keunggulan VPS 

  1. Siap tampung traffic tinggi

    Menggunakan layanan shared hosting tentu memiliki banyak kekurangan. Misalnya, tidak begitu stabil dan nyaman untuk mengembangkan layanan website karena sumber dayanya tidak terdedikasi atau berbagai dengan pengguna lain dari cloud provider yang sama. Tingginya traffic pada website bila menggunakan shared hosting dapat mengganggu resource bersama. 

    Oleh karena itu, bila ingin membuat layanan yang lebih maksimal dan memperbesar skalanya maka segeralah untuk migrasi ke layanan VPS.  
     

  2. Sumber daya komputasi dengan skala yang besar

    Memiliki layanan website atau aplikasi tanpa takut mengalami masalah teknis atau down time merupakan hal yang penting. Untuk itu, memilih VPS merupakan langkah yang tepat karena VPS memiliki sumber daya yang dedicated dan jauh lebih besar dibandingkan dengan jumlah sumber daya yang ditawarkan shared hosting. Misal saja pada layanan NEO Lite dari Biznet Gio. Layanan ini menawarkan VPS dengan 60 GB SSD Storage, vCPU hingga 4 Core, dan RAM hingga 4 GB. 

    Dengan sumber daya komputasi tersebut, tentunya cocok untuk mengembangkan layanan agar semakin besar dan dapat dijangkau. 
     

  3. Meningkatkan kinerja layanan

    Penggunaan VPS juga tentunya membuat kinerja layanan jauh lebih meningkat, seperti konten-konten yang dimuat akan lebih stabil pada browser pengunjung. Hal ini tentunya membawa angin segar untuk meningkatkan kunjungan pengguna internet yang lebih tinggi, tingkat konversi lebih baik, hingga meningkatkan SERP website
     

  4. Build aplikasi

    Berbeda dengan hosting, pengguna baru VPS akan diberikan server yang kosong bahkan tanpa control panel sekalipun. Jadi, VPS dapat dilakukan untuk mem-build aplikasi karena pada dasarnya pengguna harus mengatur apa-apanya sendiri secara bebas. 

    Oleh karena itu, VPS cocok digunakan bila sedang mengembangkan software, aplikasi, sistem operasi, atau framework. Karena dengan harga terjangkau, VPS memberikan fasilitas yang mumpuni untuk melakukan build software atau aplikasi. 
     

  5. Layanan berbasis cloud 

    Fleksibilitas kegunaan VPS membuat pengguna dapat menjalankan berbagai layanan berbasis cloud. Misalnya, menjadi aplikasi penyimpanan file, platform untuk pembuatan website, menjadi website, hingga aplikasi. Selain itu, VPS juga dapat digunakan untuk menginstal berbagai control panel, framework, dan membangun platform dengan bahasa pemrograman tertentu. 
     

  6. Remote desktop

    VPS yang menggunakan graphical user interface (GUI) juga memungkinkan penggunanya untuk mengakses atau menggunakan server secara remote. Pengguna akan diberikan kontrol penuh menggunakan VPS tanpa dibatasi lokasi sehingga pengguna dapat mengontrol server di manapun berada. 
     

  7. Harga terjangkau

    Walau menawarkan berbagai kelebihan, seperti sumber daya yang besar dan terdedikasi, VPS dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Bahkan, tidak begitu jauh dengan harga shared hosting. Sebelum memutuskan untuk berlangganan pada salah satu cloud provider VPS, ada baiknya untuk membandingkan harga dan fasilitas yang ditawarkan dari berbagai tempat.  
     

Pada layanan NEO Lite, kamu bisa mendapatkan VPS dengan spesifikasi yang sudah sangat mumpuni untuk membangun layanan yang bagus dengan harga hanya yang terjangkau mulai dari Rp50.000 per bulan. Sangat terjangkau, bukan? Adapun NEO Lite merupakan layanan VPS praktis dari Biznet Gio dengan berbagai pilihan OS serta memiliki redundasi jaringan untuk ketersediaan tinggi.  

 

Dengan harga yang terjangkau, NEO Lite sudah dibekali dengan sumber daya komputasi yang dedicated, yakni CPU hingga 16 Core, RAM hingga 16 GB, 60 GB SSD Storage, dan bandwidth tanpa kuota hingga 10 Gbps. Storage pada NEO Lite dapat di-scale up sesuai kebutuhan. Tersedia juga pilihan add-on backup untuk melengkapi kebutuhan server kamu, seperti Snapshot. Lisensi cPanel solo juga bisa didapatkan secara gratis hanya dengan membeli layanan NEO Lite mulai dari MM 8.4 dan seterusnya. Pengguna juga dapat mengelola VPS dengan mudah melalui Portal Biznet Gio.
 

Dapatkan NEO Lite sekarang juga! Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui support@biznetgio.com