news image
news 11 Agustus 2022

Menjadi ranking pertama atau muncul di halaman pertama pencarian Google menjadi tujuan sekaligus salah satu kesulitan tersendiri bagi para pemilik website. Walau demikian, hal itu juga bukanlah sesuatu yang mustahil diwujudkan, seperti dengan menginstal plugin SEO pada WordPress agar dapat mengetahui seberapa mudah terbacanya informasi yang akan di-publish pada mesin pencarian.

Saat membahas tentang plugin SEO tersebut, nama Yoast SEO dan Rank Math pasti tak asing sebagai alternatif untuk meningkatkan performa SEO. Keduanya terkenal dan sering kali digunakan sebagai plugin andalan di WordPress. Namun, apa saja perbedaannya dan mana yang lebih baik? Berikut ulasannya.

Apa itu Yoast SEO dan Rank Math?

Sebelum mengetahui perbedaan bahkan membandingkan, ada baiknya untuk menetahui terlebih dahulu mengenai kedua plugin SEO tersebut.

Yoast SEO

Yoast SEO merupakan plugin yang dibuat pada Oktober 2010 oleh Joost de Valk, seseorang yang berkiprah sebagai konsultan SEO sejak 2006. Yoast SEO mengklaim bahwa dirinya merupakan #1 WordPress SEO Plugin atau Plugin SEO terbaik untuk WordPress. Alhasil, plugin SEO yang telah berdiri selama hampir 22 tahun ini sudah memiliki hampir 8 juta instalasi aktif sekaligus pengguna terbanyak hingga saat ini.

Rank Math

Berbeda dengan kompetitornya yang telah berdiri cukup lama, Rank Math merupakan plugin SEO yang baru berdiri sejak 2018. Meski terhitung baru, Rank Math sudah terkenal sebagai penyedia plugin SEO yang andal dan mumpuni yang dibuktikan dengan keberhasilan Rank Math dalam menggaet pengguna, yakni 600.000+ pengguna aktif Rank Math.

Fitur yang dimiliki

Yoast SEO memiliki dua versi, yakni gratis dan premium yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Berikut perbedaan fitur gratis dan premium yang dimilki Yoast SEO.

Yoast SEO gratis:

  • Akses kursus gratis Yoast SEO
  • Menambakan related keyword secara manual
  • Hanya dapat mengoptimasi satu kata kunci per artikel
  • Otomatis indexing Google
  • Melakukan Google preview
  • Readibility analysis/analisis keterbacaan
  • Breadcrumbs
  • Setting URL
  • Setting nofollow dan dofollow di setiap link
  • Kompatibel dengan editor klasik dan block editor

Yoast SEO juga masih memiliki fitur premium bagi pengguna yang merasa masih kurang maksimal dengan fitur gratisnya.

Adapun beragam fitur dari Yoast SEO, baik yang gratis maupun premium dapat pengguna aktifkan maupun nonaktifkan sesuai kebutuhan website. Yoast SEO juga memiliki Local SEO, Video SEO, News SEO, dan WooCommerce SEO, yang merupakan plugin berbeda atau terpisah dan berbayar.

Berbeda dengan kompetitornya, Rank Math menjadi plugin SEO yang memberikan fitur yang jauh lebih banyak dan lengkap. Walau begitu, fitur versi gratis dan pro dari Rank Math tetap berbeda.

Secara general, fitur-fitur Yoast SEO yang di atas juga terdapat di Rank Math. Untuk itu, agar komparasinya lebih lengkap akan dijelaskan fitur Rank Math yang tidak dimiliki Yoast SEO.

Rank Math gratis:

  • Import All in One Schema Rich Snippet
  • Import dari Redirection Plugin
  • Ada skor analisis SEO
  • Terdapat notifikasi peringatan bila ada optimasi SEO yang terlewat
  • Notifikasi bila ada masalah SEO pada website dan saran perbaikan
  • Image SEO untuk otomatis mengganti nama dan menambahkan Alt teks
  • Google Keyword Suggestion
  • Monitor 404 error secara otomatis
  • Role Manager untuk pembatasan hak akses untuk admin website
  • Berbagi Schema, seperti Book, Course, Event, Job Posting, Local Business, Person, Book, Service, Software/App, dan lain-lain
  • Verifikasi website di Alexa, Pinterest, dan Norton Safe Web

Sama seperti Yoast SEO, Rank Math juga memiliki layanan pro atau berbayar.

Beragam fitur-fitur di Rank Math berbentuk module sehingga dapat diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai kebutuhan. Tak hanya itu, size plugin Rank Math hanya sebesar 2.85 MB di mana jauh lebih kecil dibandingkan Yoast SEO, yaitu 7.18 MB sehingga memberikan nilai plus untuk performa website.

Walau berlomba menjadi yang lebih unggul, baik Yoast SEO maupun Rank Math memiliki sejumlah persamaan, seperti fasilitas focus keyword, meta deskripsi, title SEO, analisis konten, internal linking suggestion, Google, dan mobile preview.

Harga

Saat membutuhkan hasil yang maksimal, maka pengguna perlu mengaktifkan paket premium atau pro yang tentunya berbayar. Yoast SEO menawarkan harga yang lebih murah bila berlangganan untuk lebih banyak website. Sedangkan untuk plugin lainnya, seperti Video SEO, Local SEO, News SEO, dan WooCommerce SEO.

Bila Rank Math, pengguna akan diberikan dua pilihan paket berbayar, yaitu Pro yang disarankan untuk kebutuhan pribadi dan bisnis.

Itulah beragam keunggulan dan perbedaan Yoast SEO dan Rank Math yang memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Bila membutuhkan review yang bisa menjadi acuan, kunjungi laman berikut ini.

Berdasarkan 27.488 ulasan Yoast SEO yang pengguna berikan, 25.809 orang memberikan ulasan bintang tertinggi atau 5 stars. Sedangkan, Rank Math mendapatkan 4.547 ulasan tertinggi atau 5 stars dari 4.757 total ulasan.

Pada dasarnya, kedua plugin tersebut sama-sama membantu pengguna untuk mengoptimasi SEO website di mata mesin pencarian raksasa, Google.

Bagaimana cara mendapatkan plugin SEO?

Saat membuka WordPress, pilih menu “Plugin” di dashboard bagian kiri. Kemudian, klik “Add New” dan masukkan plugin SEO yang kamu inginkan, seperti Yoast SEO atau Rank Math. Klik Install dan tunggu, lalu pilih “Activate” dan selesaikan step-step konfigurasi. Maka, plugin SEO sudah bisa kamu gunakan. Untuk mencobanya, pilih add new post, maka tampilan plugin SEO sudah akan meng-guide untuk memberikan rekomendasi SEO yang baik dan ramah di mesin pencarian.

Adapun layanan WordPress bisa kamu dapatkan melalui NEO WordPress dari Biznet Gio yang  dibanderol dengan harga hanya Rp50.000 dengan spesifikasi 2vCPU, 2GB RAM, dan 10GB SSD Storage. NEO WordPress merupakan layanan hosting WordPress instan yang siap digunakan tanpa perlu instalasi ataupun setup hosting. Layanan ini juga mudah untuk di scale-up kapan saja cukup dengan satu klik melalui Portal Biznet Gio.

Luncurkan WordPress dalam 60 detik menggunakan NEO WordPress. NEO WordPress juga dirancang di atas di cluster Kubernetes dengan skalabilitas dan ketersediaan tinggi. Selain itu, NEO WordPress juga dilengkapi dengan gratis domain, SSL, serta bandwidth hingga 10 Gbps tanpa kuota.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi sales@biznetgio.com atau Portal Biznet Gio untuk melakukan pembelian. Jika kamu masih memiliki pertanyaan hubungi kami via live chat di website kita.