news image
news 28 Juli 2022
Salah satu tujuan membuat website adalah untuk mengembangkan bisnis ataupun untuk tujuan pribadi. Tapi, apa jadinya kalau website yang sudah dibangun sedemikian rupa, domain yang telah dibeli, serta konten yang telah dibuat gagal menarik orang-orang untuk mengunjungi website. Cara meningkatkan traffic website berikut mungkin bisa membantumu untuk meningkatkan jumlah pengunjung website.

Melalui artikel ini kamu akan memahami apa itu traffic website serta tips untuk meningkatkan traffic website. Yuk baca artikel ini hingga tuntas!

Tipe-tipe Traffic Website

Traffic website adalah istilah untuk pengunjung website. Terdapat beberapa perbedaan tipe traffic. Berikut adalah penjelasannya:

1. Direct Traffic

Direct traffic adalah pengunjung website yang secara langsung mengakses website dengan menulis url secara lengkap melalui sebuah device tanpa melalui perantara lain. Bisa juga pengunjung tersebut telah mem-bookmark website tersebut kemudian mengklik-nya dari sana.

Direct Traffic bisa terjadi kalau pengunjung merasa bahwa website tersebut penting. Biasanya sering terjadi ke situs sosial media atau e-commerce yang sering diakses.

2. Organic Traffic

Organic Traffic adalah pengguna yang mengunjungi sebuah website dari mesin pencari seperti Google atau Bing. Ketika seseorang mengetik sesuatu di laman pencarian Google maka akan muncul ribuan hasil pencarian. Biasanya pencarian paling atas adalah pencarian yang paling terkait dengan apa yang pengguna cari.

Terkadang pencarian paling atas adalah iklan, sehingga menyebabkan pencarian teratas tersebut bukan termasuk Organic Traffic melainkan tipe traffic yang akan kita bahas selanjutnya.

3. Paid Traffic

Paid Traffic adalah pengunjung yang datang dari menggunakan layanan berbayar misalnya penggunaan layanan iklan untuk mendapatkan pengunjung. Secara sederhana kamu akan membayar seseorang untuk mengunjungi website melalui pihak ketiga. Setiap orang yang berkunjung ke website melalui iklan ini disebut Paid Traffic.

4. Referral Traffic

Referral Traffic adalah pengunjung website yang datang melalui tautan dari website lain atau media sosial. Misalnya pada sebuah postingan dari website lain menambah link yang tertaut ke website milikmu.

Referral Traffic juga bisa terjadi melalui link yang kamu bagikan melalui media sosial dan terdapat beberapa pengguna yang mengklik tautan tersebut. Pengunjung yang berasal dari tautan di luar website adalah Referral Traffic.

Tips Meningkatkan Traffic Website

1. Optimalkan kecepatan website

Memiliki website yang responsif dan cepat akan meningkatkan kenyamanan pengunjung website sekaligus meningkatkan visibilitas website di mesin pencari khususnya Google. Digital.com mengatakan 1 dari 2 pengunjung website akan meninggalkan website jika tidak ter-load dalam waktu 6 detik.

Salah satu cara untuk mendapatkan website yang cepat dan responsif adalah dengan melakukan optimasi ke konten website. Misalkan dengan cara kompresi gambar pada isi konten. Semakin kecil ukuran aset gambar pada website tentu akan semakin mempercepat load website.

Selain itu website cepat dapat didapatkan dengan menggunakan layanan hosting yang bisa diandalkan. Memilih layanan hosting tentu merupakan hal yang paling krusial karena semua data website akan tersimpan pada layanan hosting tersebut. Artinya jika hosting-nya lambat maka bisa dipastikan load website akan lama.

2.  Maksimalkan penerapan SEO pada website

Website dengan penggunaan Search Engine Optimization (SEO) yang baik mempunyai kesempatan lebih besar untuk tampil di halaman pertama pencarian mesin pencari. SEO ini dapat diterapkan ke setiap konten dari website.

Salah satu cara sederhananya adalah menggunakan keyword terhadap konten yang akan di-publish. Penggunaan keyword yang tepat dapat membantu sebuah page untuk bisa ditemukan di pencarian Google.

Tentunya penggunaan keyword berlebihan juga akan membuat pengunjung tidak nyaman dan akan kabur dari website. Selain judul yang harus mengandung keyword tentukan juga persentase berapa kali sebuah sebuah keyword muncul di konten tersebut, sebaiknya dibawah 10% dari total kata pada isi konten.

3. Buat Konten Evergreen

Konten Evergreen ini maksudnya adalah konten yang tak lekang oleh waktu. Ketika menulis konten yang selalu bisa dibaca tanpa perlu melihat perubahan yang terjadi di dunia, dapat membangun traffic website menjadi lebih baik. Apalagi website tersebut memuat informasi yang terstruktur dan relevan.

Melakukan blogging pada website juga akan selalu membuat website selalu fresh untuk pengunjung website. Biasanya semakin banyak page yang kamu punyai di dalam website juga akan meningkatkan visibilitas website di mesin pencari.

4.  Manfaatkan Media Sosial

Sosial media juga dapat meningkatkan traffic ke website. Salah satu caranya adalah dengan membuat akun sosial media, kemudian meningkatkan growth sosial media tersebut dengan konten-konten yang sesuai dengan konten pada website. Pastikan untuk memasukkan referral link yang akan mengarah ke website milikmu agar traffic website juga bertambah. Selalu update konten di media secara aktif dan konsisten. Walaupun meningkatkan growth butuh waktu tapi media ini selalu bisa membawa pengunjung untuk menghampiri sebuah website.

Pastikan juga konten yang akan dibagikan adalah konten yang menarik dan bisa menarik minat pengunjung untuk sekedar like, komen, atau bisa membagikan konten tersebut. Saat ini terdapat banyak platform media sosial yang bisa dimanfaatkan seperti Instagram, Facebook, atau Twitter. Selain itu konten media sosial berbentuk video juga sangat booming seperti Tiktok yang bisa cukup cepat untuk membangun reputasi brand atau website.

5. Advertise

Berikutnya adalah cara yang paling cepat menarik pengunjung untuk mengunjungi website adalah menggunakan jasa iklan. Kamu bisa memanfaatkan iklan pada mesin pencari seperti Google Ads yang membuat website bisa muncul di pencarian teratas berdasarkan keyword tertentu.

Kamu juga bisa memanfaatkan layanan iklan lain seperti pada platform sosial media seperti Facebook, Instagram, dan lain sebagainya. Iklan adalah sumber pasti yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan traffic website.

6. Bangun Kredibilitas Website

Walaupun kurang diperhatikan, ternyata website yang lebih terpercaya lebih sering direkomendasikan oleh mesin pencari. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempunyai website terpercaya adalah mempunyai website dengan fitur keamanan minimal SSL. Penggunaan SSL selain aman untuk website juga akan menampilkan pesan “Secure” pada browser yang memastikan kalau website tersebut aman untuk diakses.

Selanjutnya adalah mempunyai ekstensi dan nama domain yang terpercaya dan berkualitas, misalnya pemilihan ekstensi domain populer seperti .com atau .net. Selain itu jika website ditujukan untuk pasar lokal katakanlah orang-orang di Indonesia, maka mempunyai website dengan domain .id juga akan meningkatkan kredibilitas website.

Meningkatkan traffic website memang tidak bisa dilakukan secara cepat. Kesabaran, konsistensi, dan komitmen sangat dibutuhkan untuk membangun branding website agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Biznet Gio melalui layanan NEO Dedicated Hosting memberikan layanan hosting yang cepat dengan garansi uptime SLA 99.9%. Selain itu layanan ini juga memberikan gratis SSL dan bandwidth serta memiliki sumber daya terdedikasi untuk pastikan website siap tampung traffic tinggi. Seluruh layanan Biznet Gio juga dilengkapi dengan standar keamanan terlengkap berstandar internasional seperti SOC 2 Type II, PCI-DSS, dan ISO 27001. Dapatkan NEO Dedicated Hosting mulai dari Rp180.000/bulan. Kunjungi Portal Biznet Gio sekarang! Untuk info lebih lanjut hubungi sales@biznetgio.com.