news image
news 3 April 2023

5 Plugin Security Terbaik untuk WordPress 2023

WordPress adalah salah satu platform CMS (Content Management System) yang paling populer dan digunakan secara luas di seluruh dunia. Menurut data dari W3Techs, WordPress menguasai 63,4% pangsa pasar CMS di seluruh dunia, dengan 43,1% website menggunakan WordPress untuk website mereka. Dengan penggunaan WordPress yang semakin besar dan selalu berkembang, serangan terhadap website berbasis WordPress juga semakin sering terjadi. 


 

Beberapa jenis serangan siber yang sering ditujukan pada website berbasis WordPress adalah hacking, serangan virus dan malware, serta serangan DDoS. Serangan-serangan ini dapat menyebabkan kerusakan pada website, kehilangan data website baik dihapus atau dicuri, serta pencurian data pribadi seperti alamat dan rekening keuangan.

 

Website yang diserang juga akan berdampak kepada akses website dimana website tidak bisa diakses dan mengalami waktu downtime yang lama. Downtime pada website juga secara drastis dapat mengurangi total traffic ke website, reputasi website, hingga dapat menyebabkan kehilangan pelanggan.

 

Dengan melindungi website dari serangan siber tersebut kamu bisa mencegah kerusakan dan kehilangan data, memastikan keamanan data pemilik dan pengunjung website, serta mempertahankan reputasi website. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk melindungi website berbasis WordPress adalah dengan menggunakan plugin security yang bisa kamu tambahkan pada WordPress.

 

Plugin apa saja yang bisa kamu gunakan untuk WordPress? Berikut adalah 5 rekomendasi plugin security untuk WordPress.

 

  1. WordFence Security

    WordFence Security merupakan plugin keamanan paling populer di WordPress dengan lebih dari 4 juta instalasi aktif. Plugin ini menyediakan perlindungan terhadap serangan hacking, malware, dan bot. Wordfence juga menyediakan firewall aplikasi web yang dapat mencegah serangan brute force dan serangan DDoS.

    Selain itu WordFence Security juga dilengkapi fitur proteksi untuk login ke panel website dengan menggunakan two factor authentication (2FA), CAPTCHA, dan limit jumlah login. Juga terdapat fitur block IP dan firewall untuk melindungi website dari akses tidak resmi ke website. Sekaligus kamu juga bisa memonitor keadaan dari website dan server, serta laporan keamanan harian.

    WordFence Security merupakan plugin yang bisa digunakan secara gratis. Fitur gratis WordFence sudah lebih dari cukup untuk melindungi website WordPress, tapi jika kamu membutuhkan keamanan ekstra seperti perlindungan ke banyak website sekaligus ke subdomain, pemindaian malware per jam, dan real-time firewall rules. Kamu bisa menggunakan versi premium dengan harga mulai dari $119 per tahun.


     

  2. iThemes Security

    iThemes Security juga merupakan plugin security terpopuler dengan lebih dari 1 juta instalasi aktif. Plugin ini menyediakan fitur pencegahan serangan brute force, pemindaian malware, dan penghapusan file yang tidak diinginkan. iThemes Security juga menyediakan fitur keamanan login, proteksi direktori, dan fitur keamanan database.

    Selain itu iThemes Security juga dilengkapi fitur deteksi halaman 404 dan blokir IP. Konfigurasi iThemes Security juga dapat dilakukan dengan mudah bahkan oleh pemula. Plugin ini bisa digunakan secara gratis dengan fitur yang sudah cukup lengkap.

    Tapi jika kamu menginginkan proteksi yang lebih lengkap maka kamu bisa berlangganan iThemes Security Pro dengan berbagai fitur otomatisasi, spam blocker, dan pemindaian virus atau malware berkala. Kamu bisa mendapatkan iThemes Security Pro dengan harga mulai dari $99 per tahun.

     

  3. All-In-One Security (AIOS) – Security and Firewall
     

    Plugin All-In-One Security (AIOS) – Security and Firewall menyediakan fitur pencegahan berbagai serangan siber mulai dari serangan brute force, perlindungan login, penghapusan file yang tidak diinginkan, dan firewall aplikasi web. Plugin ini juga menyediakan fitur pemantauan aktivitas pengguna dan pengaturan keamanan kustom.

    All-In-One Security (AIOS) – Security and Firewall juga dilengkapi dengan fitur built-in firewall yang lengkap serta tampilan dashboard yang mudah diatur bahkan tanpa pengetahuan teknis. Selain itu plugin ini juga dilengkapi pemindaian otomatis dari berbagai serangan virus dan malware.

    Seperti plugin-plugin sebelumnya All-In-One Security (AIOS) – Security and Firewall bisa digunakan secara gratis. Namun juga terdapat versi pro, yang memiliki fitur tambahan seperti perlindungan dari serangan terotomasi seperti brute force, spam blocker, dan virus scanner yang bisa mendeteksi ancaman dari tema maupun plugin yang terpasang.

     

  4. Jetpack
     

    Jetpack merupakan plugin lengkap yang tidak hanya bisa digunakan untuk melindungi website tapi juga sekaligus dapat mempercepat load website dan melakukan backup pada website. Plugin ini sangat populer dan saat ini sudah memiliki lebih dari 5 juta instalasi aktif.

    Fitur keamanan dari Jetpack ini memberikan proteksi login, pemindaian malware, firewall, dan pemantauan situs web yang dapat membantu melindungi situs web WordPress dari serangan. Setiap serangan yang menyerang website juga akan dicatat pada dashboard Jetpack sehingga lebih mudah untuk di track.

    Jetpack tersedia dalam dua versi, yaitu versi gratis dan berbayar (Jetpack Pro). Versi gratis menyediakan banyak fitur, tetapi versi berbayar menyediakan fitur tambahan seperti backup situs web, pencegahan spam, dan dukungan teknis 24/7 jika seandainya kamu membutuhkan bantuan tentang Jetpack. Biaya berlangganan Jetpack Pro mulai dari $99 per tahun.

     

  5. Sucuri Security
     

    Sucuri Security adalah plugin keamanan WordPress yang menyediakan banyak fitur untuk membantu melindungi situs web dari serangan dan ancaman keamanan. Salah satu fitur unggulan dari Sucuri adalah firewall bawaan yang lengkap untuk melindungi website dari brute force.

    Selain itu Sucuri Security juga dilengkapi fitur-fitur lainnya seperti pemindaian malware otomatis, limitasi login ke website, dan notifikasi jika seandainya website diserang. Sucuri Security juga memiliki CDN sendiri yang bisa mempercepat waktu muat website dan mencegah serangan DDoS.

    Plugin ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Versi gratis menyediakan banyak fitur, tetapi versi berbayar menyediakan fitur tambahan seperti monitoring uptime, backup website, dan layanan dukungan pelanggan. Sucuri Security versi berbayar bisa didapatkan dengan harga $199 per tahun.


Lengkapi WordPress dengan Plugin Keamanan

Sekian artikel kali ini tentang 5 plugin security terbaik untuk WordPress 2023. Plugin ini bisa dengan mudah kamu pasang ke WordPress melalui menu Plugin kemudian klik Add New pada halaman dashboard WordPress website-mu. Selain menggunakan plugin, kamu juga bisa memastikan keamanan website dengan menggunakan layanan hosting yang terjamin aman hingga infrastrukturnya.

Seperti misalnya layanan NEO WordPress dari Biznet Gio yang berjalan di atas teknologi Kubernetes. Teknologi ini memastikan performa website lebih cepat dan minim downtime. Selain itu secara bawaan website yang berjalan di atas Kubernetes juga lebih aman karena terdapat fitur self healing apabila terjadi eror pada level server. NEO WordPress dilengkapi gratis generated-domain, gratis bandwidth hingga 10 Gbps tanpa kuota traffic dan biaya tambahan, sumber daya komputasi dedicated, serta kemampuan untuk upgrade dan downgrade sumber daya secara mudah.

Dapatkan NEO WordPress sekarang juga dengan harga mulai dari Rp50.000/bulan untuk 2 vCPU Core, 2 GB RAM, dan 10 GB Storage yang masing-masing dibagi ke dalam 2 pod untuk apps dan database dengan konfigurasi sumber daya yang sama. Kunjungi Portal Biznet Gio, untuk informasi lebih lanjut hubungi support@biznetgio.com.