news image
news 23 September 2020

Ketika ingin mengunjungi halaman sebuah website, hal pertama yang Anda lakukan adalah mengetikkan keyword atau nama domain pada kolom pencarian pada Google. Setelah terhubung ke server, halaman website yang dicari akan muncul dan menampilkan berbagai informasi yang Anda butuhkan. Agar sebuah website dapat diakses melalui internet dengan cepat, terdapat beberapa faktor yang memengaruhinya. Salah satunya adalah layanan hosting yang digunakan. Ketika menggunakan layanan hosting, berarti Anda sedang menyewa space pada sebuah cloud server sebagai tempat untuk menyimpan file dan data yang dibutuhkan oleh website agar dapat melayani permintaan pengunjung. Semakin optimal layanan hosting yang digunakan, maka semakin cepat pula akses untuk memuat halaman web tersebut. Dari segi bisnis, akses website yang cepat akan berdampak pada tingkat engagement yang lebih tinggi, user experience yang lebih baik, bahkan tingkat konversi yang lebih tinggi. Tidak hanya itu, Google juga menambahkan bahwa kecepatan akses website juga menjadi salah satu faktor yang memengaruhi algoritma SEO. Singkatnya, performa layanan hosting yang optimal merupakan kunci dari kecepatan website.


Pengertian Hosting


Lalu, apa itu Hosting? Hosting atau yang sering disebut web hosting merupakan layanan untuk menyimpan berbagai data, file, dan gambar pada website. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, layanan hosting juga berperan untuk memastikan sebuah website dapat diakses melalui internet. Beberapa jenis layanan hosting yang umumnya digunakan adalah shared hosting dan dedicated hosting. Shared hosting merupakan jenis layanan hosting yang sifatnya paling basic, di mana sebuah account hosting diletakan bersama dengan beberapa account hosting lainnya dalam satu cloud server yang sama. Jadi, dalam sebuah cloud server tedapat beberapa account hosting yang saling berbagi resource storage, RAM dan prosesor yang sama (shared). Sedangkan, dedicated hosting merupakan layanan hosting di mana sebuah cloud server hanya digunakan oleh satu account hosting dan tidak dibagikan dengan siapapun (dedicated). Meskipun keduanya merupakan layanan hosting, baik dedicated hosting maupun shared hosting memilki keunggulan yang berbeda. Oleh karena itu, agar dapat memilih layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan, Anda perlu mengenali perbedaan shared hosting dan dedicated hosting. Apa saja perbedaannya?


Perbedaan Layanan Shared Hosting dan Dedicated Hosting


perbedaan-hosting


Baik dedicated hosting maupun shared hosting, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Shared hosting dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang baru mulai membangun website ataupun blog karena menawarkan harga yang ekonomis. Selain itu, Anda juga tidak perlu melakukan pengelolaan yang bersifat teknis karena diserahkan sepenuhnya kepada penyedia layanan hosting. Akan tetapi, jika salah satu account hosting menggunakan resource secara overload atau mengalami gangguan, maka akses yang dimiliki oleh account hosting lainnya akan menjadi lambat dan turut terkena dampak dari gangguan tersebut. Hal ini dikarenakan penggunaan resource yang tidak merata pada setiap account sehingga, cloud server tidak mampu menampung website yang memiliki traffic tinggi. Jika Anda membutuhkan resource dengan performa yang lebih baik, Anda dapat menggunakan dedicated hosting. Untuk pengelolaannya sendiri, layanan dedicated hosting umumnya telah dilengkapi dengan control panel seperti Plesk sehingga dapat dikelola dengan mudah. Biasanya, pemilik bisnis enterprise, e-commerce ataupun portal akan memilih dedicated hosting sebagai layanan hosting mereka. Tujuannya, untuk memastikan website dapat diakses dengan cepat dan mampu melayani jumlah pengunjung yang banyak.


Pentingnya Memiliki Layanan Hosting di Indonesia


Setelah menentukan jenis layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda, hal yang perlu Anda pertimbangkan selanjutnya adalah lokasi cloud server hosting. Jika mayoritas pengunjung Anda berasal dari Indonesia, sebaiknya Anda memilih cloud server yang berlokasi di Indonesia. Apabila cloud server yang Anda gunakan berada di luar negeri, risiko munculnya kendala seperti proses loading yang lama ataupun pesan yang error dapat mengganggu kinerja bisnis Anda. Biznet Gio menawarkan layanan shared hosting dan dedicated hosting dengan cloud server yang berlokasi di Indonesia. Selain mendapatkan dukungan layanan support selama 24 jam penuh, Anda juga dapat menikmati berbagai keunggulan lain jika berlangganan hosting di Biznet Gio, diantaranya:

  1. Cloud Server yang Berlokasi di Indonesia
    Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, apabila mayoritas pengunjung Anda berasal dari Indonesia, menggunakan cloud server yang berlokasi di Indonesia merupakan pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan, routing dan bandwidth yang dibutuhkan lebih pendek dan kecil jika dibandingkan dengan mengakses data dari cloud server luar negeri, sehingga waktu akses ke website Anda menjadi lebih cepat. Secara tifak langsung, kecepatan akses website juga akan meningkatkan nilai SEO website Anda.

  2. Memenuhi Standar Manajemen Keamanan
    Biznet Gio telah memenuhi sertifikasi ISO 27001 dan PCI-DSS sebagai standar manajemen keamanan informasi dan transaksi. Juga pada layanan dedicated hosting dari Biznet Gio sudah tersedia fitur keamanan tambahan seperti, Secure Socket Layer (SSL), Fail2ban, Firewall dan juga berbagai extension untuk layanan keamanan mulai dari Antivirus hingga Email Security.

  3. Pilihan Domain Indonesia Terbaik
    Setiap negara memiliki domain khusus dengan inisial nama negara tersebut. Indonesia sendiri memiliki domain dengan kode .id seperti .web.id, .co.id, .net.id, .ac.id, dan lain-lain. Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) hanya memberikan wewenang kepada penyedia layanan hosting di Indonesia untuk melakukan registrasi atau mengelola nama domain. Biasanya perusahaan yang memiliki wewenang tersebut disebut sebagai Registrar oleh PANDI. Biznet Gio merupakan registrar yang ditunjuk oleh ICANN dan PANDI Indonesia. Sehingga, Anda dapat memiilih berbagai pilihan Global Top-Level Domain (gTLD) dengan penawaran terbaik.

  4. Fitur DNS Manager dengan Teknologi Anycast
    Anda dapat menggunakan NEO DNS yang merupakan layanan managed DNS pertama di Indonesia dengan teknologi Anycast. Dengan menggunakan layanan NEO DNS, Website dapat diakses dengan cepat dimana saja, baik secara lokal maupun internasional karena memiliki database yang tereplikasi ke 12 data center di seluruh dunia. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengelola domain website Anda menggunakan DNS manager yang aman dengan konfigurasi yang mudah.

Anda dapat menggunakan layanan NEO WEB dari Biznet Gio untuk memenuhi kebutuhan hosting Anda. Tersedia dalam 2 pilihan layanan yaitu NEO Web Hosting dan NEO Dedicated Hosting. Layanan NEO Web Hosting, dapat Anda miliki dengan harga mulai dari Rp.20.000/bulan. Sudah dilengkapi dengan storage hingga 120 GB dan berbagai fitur yang serba FREE dan UNLIMITED seperti FREE SSL, Domain, serta UNLIMITED network traffic hingga 10 Gbps. Sedangkan, layanan NEO Dedicated Hosting + Plesk dapat Anda miliki dengan harga mulai dari Rp270.000/bulan. Dilengkapi dengan 60 GB storage, 2 GB RAM dan gratis IP Public serta bandwidth up to 10 Gbps. Selain menyediakan layanan hosting yang aman, tim Customer Care Biznet Gio selalu siap memberikan respons yang cepat selama 24 jam. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi kami melalu sales@biznetgio.com.