Mengenal NEO Metal dengan GPU, Bisa Apa Saja Sih?


NEO Metal adalah salah satu produk Bare Metal as a Service (BMaaS) dari Biznet Gio yang memberikan layanan Bare Metal server secara instan dengan komputasi yang powerful serta dedicated.

Bare Metal server sendiri merupakan sebuah server fisik yang disediakan oleh Biznet Gio secara individual dimana fisik server dialokasikan khusus kepada pelanggan serta memiliki semua karakteristik dari sebuah layanan cloud seperti on-demand, self service, broad network access, resource pooling, rapid elasticity, dan measured service tanpa hidden cost.

Salah satu pilihan server terbaru dari NEO Metal adalah server dengan GPU yang merupakan layanan dedicated server dengan GPU pertama di Indonesia. Apa sih sebenarnya fungsi GPU pada server? Yuk ketahui lebih lanjut.

Fungsi GPU

GPU merupakan singkatan dari Graphics Processing Unit yaitu sebuah unit yang bertugas untuk mengolah grafis. Jika kamu sebagai seorang gamer tentu tidak asing lagi dengan istilah ini. Pada perkembangannya, GPU juga tidak hanya berfungsi untuk gaming. Berikut adalah fungsi GPU secara umum.

  1. Pengolah Grafis Sesuai namanya, GPU berfungsi untuk melakukan pengolahan grafis seperti desain grafis, video rendering, image rendering, hingga 3D rendering.
  2. Komputasi Paralel GPU khususnya pada layanan NEO Metal yaitu NVIDIA T4 memiliki jumlah core jauh lebih banyak dibanding CPU, lebih tepatnya pada NVIDIA T4 adalah 320 NVIDIA Turing Tensor Cores dan 2.560 NVIDIA CUDA Cores. Turing Tensor Core adalah core yang berfungsi untuk rendering. Sedangkan CUDA Core adalah API yang dapat digunakan sebuah program untuk menggunakan resources GPU untuk proses general, bukan grafis. Dengan ribuan core tersebut tentu bisa meng-handle ribuan operasi atau tugas secara paralel.

Kelebihan NEO Metal dengan GPU

Salah satu pilihan server dengan GPU pada NEO Metal menghadirkan pilihan GPU NVIDIA T4. Dengan gabungan antara spesifikasi tercanggih ditambah dengan GPU NVIDIA T4 maka proses komputasi pada server dengan GPU pada NEO Metal dapat berjalan dengan sangat cepat.

NVIDIA T4 dapat dimanfaatkan untuk melakukan beragam komputasi dengan memanfaatkan sumber daya besar yang dibawa. NVIDIA T4  dengan spesifikasi GPU RAM 16GB, NVIDIA Turing Tensor Core, dan NVIDIA CUDA Core yang menyebabkan NVIDIA T4 mampu menangani beban kerja yang besar dan mampu meng-handle data-data secara cepat. Sangat banyak hal yang mampu dilakukan oleh si NVIDIA T4 ini. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan bersama NEO Metal dengan GPU:

1. Machine Learning

Machine learning membutuhkan processing power yang besar, berikut adalah beberapa kelebihan menggunakan NEO Metal dengan GPU untuk machine learning.

  • Mengidentifikasi Tren dan Pola
    Dengan mengaplikasikan machine learning pada NEO Metal, NEO Metal mampu mengidentifikasi tren dan pola dengan lebih cepat. Machine learning ini membutuhkan sumber daya yang besar karena itu dengan menggunakan GPU komputasinya bisa berjalan jauh lebih cepat. Sebenarnya bisa saja menggunakan CPU tapi karena CPU memiliki jumlah core yang jauh lebih sedikit maka prosesnya berjalan lebih lambat.
  • Lebih Efisien dalam Handling Data
    Dengan memanfaatkan parallel processing, server dengan GPU pada NEO Metal mampu untuk melakukan penanganan data dengan lebih efisien.
  • Real-Time Decision
    GPU ini juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan sebuah fungsi dengan beberapa kondisi. Misalnya sebuah tugas telah memenuhi beberapa kriteria yang telah ditentukan maka tugas tersebut bisa dieksekusi saat itu juga. Biasanya dilakukan oleh perusahaan pinjaman dimana saat seseorang yang mengajukan pinjaman bisa langsung mendapatkan berapa total pinjaman yang bisa ia terima.
  • Automasi
    Dengan memanfaatkan machine learning kamu juga bisa menerapkan automasi untuk beberapa tugas. Automasi bisa menyebabkan beberapa tugas tidak perlu selalu dikerjakan oleh seseorang. Kamu mungkin tidak perlu lagi melakukan tindakan manual untuk segala keputusan. Tentu saja ada beberapa keterbatasan dalam automasi machine learning seperti mengambil keputusan yang bersifat manusiawi atau melibatkan rasa.
  • Mengidentifikasi Wajah atau Gambar.
    Salah satu kelebihan dari machine learning adalah kemampuan untuk mengidentifikasi wajah atau gambar. Dalam proses face recognition, machine learning bekerja dengan mengubah wajah menjadi titik-titik kemudian titik-titik ini disesuaikan dengan wajah atau gambar yang pernah di-input. Hal ini juga yang menyebabkan machine learning dapat mengidentifikasi wajah bahkan ketika menggunakan masker.

Baca juga: Apa itu Face Recognition dan Bagaimana Cara Kerjanya? 


2. Artificial Intelligence

Berikut adalah beberapa kelebihan menggunakan server dengan GPU pada layanan NEO Metal untuk kebutuhan kecerdasan buatan (AI)

  • Mempercepat Deep Learning dan Inferensi AI
    Dengan memanfaatkan komputasi paralel yang diberikan oleh GPU sekaligus didukung oleh NVIDIA Turing Tensor Core, NEO Metal dengan GPU mampu digunakan untuk mempercepat deep learning dan pengambilan kesimpulan oleh kecerdasan buatan (AI). Turing Tensor Core mampu memberikan inferensi AI agar lebih efisien dengan hingga 500 triliun operasi tensor per detik. Dengan triliunan operasi per detiknya, komputasi hingga pengambilan kesimpulan oleh AI dapat dilakukan dengan lebih  cepat. Performa ini juga secara dramatis mempercepat fitur yang disempurnakan dengan AI seperti denoising, penskalaan resolusi, membuat aplikasi, hingga pengembangan conversational AI.
  • Mengurangi Human Error
    Tugas-tugas yang biasanya dilakukan secara manual oleh manusia biasanya rawan kesalahan bisa digantikan oleh kecerdasan buatan (AI). Penggunaan AI untuk menggantikan tugas manusia menyebabkan tugas yang dikerjakan lebih tepat dan presisi serta jauh lebih cepat berdasarkan logic-logic yang telah ditentukan sebelumnya. Dengan menggunakan GPU pada NEO Metal, penerapan AI untuk mengurangi human error sekaligus menerapkan manajemen resiko yang lebih baik dapat dilakukan.
  • Faster and Real-Time Decision
    Kecerdasan buatan juga bisa dimanfaatkan untuk mengambil  keputusan secara cepat dengan memanfaatkan logic dan algoritma. Jika kamu memiliki sebuah ide kamu bisa menggunakan artificial intelligence untuk menganalisa ide tersebut untuk melihat dampak, efisiensi, dan kemungkinan penerapannya.

3. GPU Virtualization

Transformasi digital menyebabkan banyak aspek mengalami digitalisasi. Salah satu yang menjadi primadona untuk para pekerja dengan transformasi digital ini adalah penerapan Work From Anywhere. Salah satu yang menjadi keuntungan dengan menggunakan NEO Metal dengan opsi GPU juga bisa didapatkan oleh perusahaan yang memiliki content creator untuk selalu produktif dimana saja dengan memanfaatkan GPU Virtualization. Berikut adalah beberapa kelebihan GPU Virtualization.

  • Lebih Hemat Biaya
    Content creator tentu membutuhkan perangkat dengan spesifikasi yang tinggi khususnya di bagian GPU untuk memproses video atau gambar. GPU Virtualization dapat dimanfaatkan untuk memberikan resources yang powerful pada NVIDIA T4 dengan menggunakan kelebihan dari cloud.
    GPU Virtualization bekerja dengan membagi-bagikan resources pada GPU server ke beberapa GPU virtual yang memiliki spesifikasi yang sama dengan server fisiknya. Contohnya pada NVIDIA T4 dengan 16 GB RAM dapat dibagi menjadi 8 GPU virtual dengan masing-masing 2GB RAM. Masing-masing GPU virtual ini dapat digunakan untuk pekerjaan yang berbeda seperti untuk editing dan rendering gambar atau video, untuk gaming, atau untuk transcoding.
    Dengan melakukan virtualisasi ini kamu juga bisa jauh menghemat biaya, dari seharusnya memiliki 8 komputer/laptop dengan spesifikasi tinggi menjadi 1 server bare metal dengan GPU yang dapat di virtualisasi menjadi 8 GPU.
  • Pemeliharaan Lebih Gampang
    NEO Metal memiliki sistem manajemen satu pintu, jadi maintenance perangkat pun dapat dilakukan lebih mudah. Bandingkan jika kamu harus mengelola sebuah workstation atau seperti contoh di atas 8 laptop/komputer. Tentu proses perawatannya jauh membutuhkan waktu dan lebih mahal.

4. Hardware Accelerated Transcoding

Bagi seorang content creator, proses transcoding dan rendering biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Apalagi jika komputer dari si content creator tidak memiliki spesifikasi mumpuni. Nah, dengan menggunakan NEO Metal yang dilengkapi GPU kamu bisa melakukan transcoding video dengan jauh lebih cepat.

Jika dengan perangkat desktop memerlukan waktu hingga berjam-jam untuk melakukan transcoding video dengan size 40GB berformat RAW menjadi MP4 HEVC. Tapi dengan menggunakan GPU NVIDIA T4 pada NEO Metal, proses bisa dilakukan hanya dalam waktu 16 detik. Sebuah perbedaan yang sangat besar dari segi waktu dan performa.

Tentunya dengan kemampuan komputasi yang lebih cepat, membuat waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan konten jauh lebih singkat. Hal ini juga membuat konten yang bisa diberikan menjadi lebih banyak sekaligus membuka kesempatan untuk konsumen agar lebih tertarik dengan bisnismu. Dengan demikian bisnis juga bisa meningkat dan berkembang dalam waktu yang lebih cepat.

Dengan berbagai kelebihan dan fitur melimpah seperti diatas bisa sangat memungkinkan bagi bisnis kamu untuk tumbuh lebih cepat. NEO Metal memiliki spesifikasi tinggi dan terbaru, dengan menggunakan HPe Proliant, CPU terbaru dari AMD EPYC dan Intel XEON hingga 128 core thread, RAM hingga 128GB, SSD Enterprise Grade 2x480GB, serta bandwidth hingga 10 Gbps, dan tentu saja opsi dengan NVIDIA T4 16GB Data Center Level. NEO Metal bisa kamu dapatkan dengan harga spesial mulai dari Rp2.999.000/bulan. Kunjungi Portal Biznet Gio atau hubungi sales@biznetgio.com sekarang!

Solusi Cloud Terbaik untuk Bisnis Anda

Mulai Sekarang