news image
news 15 Agustus 2022

Memiliki website yang cocok digunakan di semua perangkat adalah sebuah new-normal dari website. Apalagi website yang kompatibel dengan perangkat mobile seperti smartphone. Menurut penelitian dari bankmycell.com pada tahun 2022 terdapat 6,64 Miliar pengguna ponsel pintar di seluruh dunia atau 83,72% dari total populasi di seluruh dunia.

Banyaknya masyarakat yang sudah lebih familiar dengan penggunaan smartphone juga membuat mereka cenderung lebih sering mencari atau menerima informasi dengan mudah di tengah tingginya mobilitas sehari-hari.

Tingginya kecenderungan masyarakat dalam mengakses dan mendapatkan berbagai informasi melalui smartphone pun menjadi pertanda baik, khususnya bagi pemilik website agar menyajikan web yang mobile-friendly. Oleh karena itu, melalui artikel ini kamu akan mengetahui kenapa kamu harus mempunyai website yang mobile-friendly dan bagaimana cara membuat sebuah website yang mobile-friendly.

Kenapa kamu harus memiliki website yang mobile-friendly?

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf awal bahwa 83,72% populasi dunia menggunakan smartphone, jika masih belum yakin, berikut adalah beberapa alasan kenapa kamu harus memiliki website mobile-friendly.

  1. 63% organic traffic berasal dari perangkat mobile
    Penelitian dari Markleinc menunjukkan 63% organic traffic dari Google berasal dari perangkat mobile. Jadi kesempatan untuk mendapatkan traffic lebih tinggi jadi semakin besar dengan memiliki website yang mobile-friendly. Memiliki website yang mobile-friendly juga berarti website tersebut nyaman digunakan di berbagai perangkat dengan ukuran layar yang lebih kecil dari ukuran desktop.

  2. Google memberikan visibilitas lebih tinggi pada website mobile-friendly
    Pada tahun 2015, Google meluncurkan algoritma Mobilegeddon yang akan memberikan website dengan tampilan responsif untuk mendapatkan peringkat dan visibilitas yang lebih tinggi di mesin pencari Google. Maksud dari tampilan website responsif sendiri adalah tampilan website yang mampu menyesuaikan diri dengan berbagai ukuran layar dan perangkat. Tentu saja dengan memiliki website mobile-friendly akan meningkatkan visibilitas website pada mesin pencari.

  3. Bisa diakses setiap saat
    Website dengan tampilan ramah terhadap berbagai perangkat dan ukuran layar memungkinkan website bisa diakses setiap saat. Calon pengunjung tidak perlu harus membuka komputer untuk bisa mengetahui informasi terbaru pada website, cukup dengan membuka ponsel, akses ke website dapat dengan mudah dilakukan. Selain itu memiliki website yang bisa diakses setiap saat juga akan meningkatkan konversi dan interaksi pengunjung terhadap website.

Bagaimana cara mengetahui website sudah mobile-friendly?

Salah satu cara untuk mengetahui apakah website yang dimiliki sudah mobile-friendly adalah dengan melakukan mobile-friendly test. Google memberikan mesin pengetesan website mobile-friendly melalui Pengujian Situs Mobile-Friendly - Google Search Console. Cara untuk melakukannya adalah dengan memasukkan url website lalu klik uji url. Setelah itu kamu bisa mengetahui apakah website milikmu sudah mobile-friendly atau belum.

Cara membuat website mobile-friendly

Jika kamu menemukan bahwa website yang kamu miliki belum mobile-friendly, cara berikut  ini mungkin akan membantumu bagaimana cara mendapatkan website yang mobile-friendly. Berikut adalah cara membuat website mobile-friendly pada website berbasis WordPress.

  1. Menggunakan tema yang responsif
    Pilihlah tema-tema yang responsif, artinya tema-tema yang secara otomatis menyesuaikan tampilan website dengan ukuran layar dari pengunjung website. Pada WordPress, terdapat beragam pilihan tema yang sudah mendukung website responsif. Misalnya adalah tema OceanWP atau Divi.

  2. Menggunakan plugin tambahan
    Selain menggunakan tema yang responsif kamu bisa menggunakan plugin tambahan untuk membuat website semakin mobile-friendly. Terdapat banyak plugin yang bisa kamu gunakan seperti WPTouch. Plugin ini tidak merubah tampilan website, hanya saja bekerja dengan menyesuaikan tampilan website agar kompatibel dengan berbagai ukuran layar termasuk mobile. Plugin lainnya seperti JetPack, plugin ini tidak seperti WPTouch, JetPack sebenarnya adalah plugin all-rounder yang bisa digunakan untuk mempercepat website, memberikan keamanan pada website, sebagai anti-virus, sekaligus membuat website yang responsif.

  3. Jangan menggunakan pop-up pada tampilan mobile
    Website dengan tampilan pop-up akan menghambat user-experience pengunjung, tidak hanya dari pengguna desktop, pengguna mobile pun akan kesulitan, apalagi dengan layar mobile yang terbatas bisa menyebabkan pengunjung tidak menemukan tombol close pada tampilan pop-up. Google pun memberikan hukuman dan konsen pada website dengan tampilan pop-up untuk tampilan mobile. Baca lengkap tentang hal ini melalui tautan berikut.

  4. Optimalkan kecepatan load website
    Salah satu keutamaan website mobile-friendly adalah memiliki website yang bisa diakses dengan cepat. Sebuah penelitian dari Google menyebutkan bahwa 53% dari pengunjung yang berasal dari perangkat mobile akan meninggalkan website jika tidak bisa ter-load dalam waktu 3 detik. Hal ini berarti lebih dari 53% kemungkinan website akan kekurangan traffic. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mempercepat load website adalah dengan melakukan kompresi terhadap aset yang terdapat pada website seperti gambar dengan menggunakan ShortPixel Image Optimizer, atau menerapkan sistem caching pada website dengan menggunakan plugin WP Rocket, plugin ini bekerja dengan menyimpan data sementara website melalui cache yang bisa diakses cepat, jadi bisa menyebabkan waktu load website menjadi lebih singkat.

Selain menerapkan beberapa tips di atas, kamu juga bisa langsung mencoba membuat website WordPress yang cepat, responsif dan mobile-friendly dengan menggunakan layanan hosting WordPress Instan dari Biznet Gio yaitu NEO WordPress. NEO WordPress merupakan layanan hosting WordPress yang siap digunakan tanpa perlu instalasi ataupun setup hosting, layanan ini dapat di scale-up kapan saja, cukup dengan drag meter resource pada aplikasi dan database melaui Portal Biznet Gio. Layanan ini dirancang untuk berjalan di cluster Kubernetes dengan skalabilitas dan ketersediaan tinggi. NEO WordPress juga sudah memiliki banyak fitur, mulai dari gratis domain, SSL, hingga bandwidth besar tanpa kuota.

Dapatkan NEO WordPress dengan harga 50 ribu per bulan dengan spesifikasi 2vCPU, 2GB RAM, dan 10GB SSD Storage. Kunjungi Portal Biznet Gio atau hubungi sales@biznetgio.com sekarang! Jika kamu masih memiliki pertanyaan hubungi kami via live chat di website Biznet Gio.