news image
news 5 Desember 2022
Domain .ID belakangan ini semakin diminati oleh pemilik website di Indonesia. Pasalnya, domain .ID merupakan salah satu bagian dari country code top level domain (ccTLD). Website dengan ekstensi TLD dua huruf ini biasanya untuk memudahkan pengguna dalam mengenal asal negara website tersebut. Segala hal yang berkaitan dengan nama domain .ID telah diatur oleh Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI).

Sebagai informasi, ccTLD telah digunakan sejak 1985 dan pertama kali diperkenalkan oleh domain .US (Amerika), .UK (Inggris), dan .IL (Israel). Namun, domain .ID sendiri mulai banyak dipakai pada 1993, walau sudah terbentuk sejak 1990. Lebih dari itu, jenis domain ini juga dikhususkan bagi website yang berada di Indonesia. Jangan salah, eksistensi domain .ID pun tidak kalah hebat dengan domain .COM.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) juga sejak 2015 telah mendorong para pengguna internet di Indonesia untuk beralih menggunakan domain .ID. Sebab, secara garis besar domain ID dapat meningkatkan kecepatan akses website.

Selain itu, domain .ID juga memiliki berbagai kelebihan yang tidak dimiliki oleh ekstensi lain. Apa saja kelebihan itu? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.

1. Kredibilitas

Website dengan ekstensi domain .ID kredibilitasnya tidak lagi diragukan. Sebab, seseorang yang membuat domain .ID membutuhkan identitas resmi, seperti KTP atau akta lahir dan tidak gratis sehingga tidak dapat digunakan sembarangan. Dengan demikian, pemilik website bertanggung jawab penuh atas seluruh sajian kontennya alias tidak boleh sembarangan.

2. Penanda asal website

Seperti yang diketahui, domain .ID khusus digunakan di Indonesia. Dengan menggunakan domain .ID akan mempermudah pengunjung untuk mengetahui bahwa website yang akan dikunjungi merupakan website yang berasal dari Indonesia dan kemungkinan besar menggunakan bahasa Indonesia.

Meskipun ekstensi lainnya, seperti .COM dan .NET juga sering dipakai oleh website Indonesia, tetapi domain .ID lebih spesifik menunjukkan karakter Indonesia pada website.

3. Memiliki perlindungan hukum

Undang-undang telah menjamin perlindungan terhadap website yang menggunakan domain .ID. Dengan demikian, bila brand atau bisnis yang mendaftarkan dengan domain .ID terdapat permasalahan hukum pada website, maka dapat dengan mudah diurus hingga sampai ke tahap meja hijau. Sebab, domain ini dijaga secara eksklusif oleh pemerintah Indonesia.

Selain itu, hukum Indonesia juga telah menjamin keamanan website dengan domain .ID untuk memperoleh kemudahan peradilan ketika terdapat pelanggaran, seperti website terkena hack dan sebagainya.

4. Akses lebih cepat

Selanjutnya, akses pada website juga menjadi lebih cepat karena domain name server (DNS) berasal dari Indonesia atau negara yang sama, maka otomatis akses website menjadi lebih cepat. Hal ini juga bisa membawa pengaruh yang baik untuk pengalaman pengunjung maupun performa SEO website.

5. Banyak kuota nama domain

Domain dengan ekstensi .COM sudah memiliki banyak pengguna. Tak jarang bila memilih domain dengan ekstensi .COM menjadi lebih sulit dan terbatas. Alih-alih memilih nama domain tidak sesuai keinginan, coba untuk mempertimbangkan menggunakan domain dengan ekstensi .ID. Dengan begitu, pemilik website masih bisa mengandalkan keyword potensial untuk dijadikan alamat domain situs.

6. Mudah dioptimasi

Walau domain .ID hanya khusus digunakan di Indonesia saja, namun domain ini telah mendapatkan pengakuan dari mesin pencarian raksasa, Google. Dengan begitu, pemilik website tidak perlu lagi melakukan optimasi secara manual seperti melalui webmaster tools.

Selain itu, Google juga memiliki algoritmanya sendiri untuk menampilkan situs website dengan konten relevan terhadap keyword berdasarkan lokasi pengguna. Bila konten pada website dengan domain .ID menggunakan bahasa Indonesia, maka tentu saja target audiens yang diinginkan adalah masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, menggunakan domain .ID akan membuat website lebih mudah muncul pada posisi teratas search engine result page (SERP) bila terdapat pengunjung yang berlokasi di Indonesia memasukkan kata kunci tertentu di Google.

7. Memiliki banyak jenis

Domain .ID memiliki sejumlah ekstensi tingkat dua (second level domain), di antaranya adalah:
    • Domain .AC.ID, ekstensi domain ini biasanya digunakan untuk perguruan tinggi yang telah terdaftar pada Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Agama, atau kementerian lain yang masih memiliki hak untuk memberikan izin pendidikan ke berbagai universitas.
    • Domain .GO.ID, ekstensi ini digunakan oleh berbagai lembaga atau instansi pemerintah sipil dan tidak bisa diperkenankan dipakai oleh user reguler. Instansi yang ingin menggunakan domain ini pun perlu daftar melalui situs domain.go.id yang dikelola oleh Kominfo.
    • Domain .SCH.ID, “sch” merupakan singkatan dari school atau sekolah. Domain ini diperuntukkan bagi lembaga pendidikan formal dari TK hingga SMA. Namun, apabila lembaga non-formal yang ingin menggunakan ekstensi ini sudah disahkan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) wilayah masing-masing tetap bisa menggunakan domain ini.
    • Domain .DESA.ID, merupakan domain yang diperuntukkan bagi desa-desa yang ingin membangun website.
    • Domain .OR.ID, merupakan ekstensi domain yang dikhususkan untuk organisasi, komunitas, maupun yayasan tertentu. Untuk menggunakan domain ini, dibutuhkan sejumlah dokumen, seperti KTP dan surat kerja organisasi.
    • Domain .CO.ID, merupakan salah satu ekstensi .ID terpopuler. Domain ini sering digunakan pada bidang usaha yang memiliki legalitas hukum dan bergerak di Indonesia.
    • Domain .BIZ.ID, domain in biasanya diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin membangun website bisnis dengan skala yang lebih kecil. Misalnya, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
    • Domain .MY.ID, sesuai namanya “my”, domain ini seringkali digunakan untuk kepentingan personal atau pengguna yang ingin membangun blog pribadi.
    • Domain .WEB.ID, domain ini biasanya digunakan untuk berbagai jenis website dengan beragam kebutuhan, baik personal maupun institusi.
    • Domain .NET.ID, merupakan ekstensi domain yang bergerak di layanan telekomunikasi dan internet.


8. Harganya terjangkau

Domain .ID merupakan salah satu ekstensi domain profesional yang menawarkan harga yang cukup terjangkau, yakni berkisar mulai dari Rp210.000 per tahun dan Rp10.000 untuk domain MY.ID bila kamu berlangganan NEO Domain

Sebagai informasi, Biznet Gio merupakan registrar resmi dari PANDI, badan penyelenggara yang bertugas mengelola, mengoperasikan, dan memelihara berbagai pilihan domain lokal, seperti .ID, .CO.ID, .MY.ID, dan lain-lain.

Baca juga: Domain .XYZ, Domain Masa Kini yang Menyasar Nama Tiga Generasi


Selain itu, kamu juga akan mendapatkan NEO DNS telah tereplikasi ke-12 Data Center di seluruh dunia dan DNS Manager berteknologi Anycast pertama di Indonesia secara gratis untuk setiap pembelian domain di Biznet Gio.

Namun, kamu juga bisa mendapatkan domain .ID secara gratis bila berlangganan layanan hosting dari Biznet Gio, yaitu NEO Web Hosting pada paket Expert yang dibanderol dengan harga hanya Rp100.000 per bulan. Cek juga promo lainnya melalui laman Promo Biznet Gio atau langsung kunjungi Portal Biznet Gio.