news image
news 7 Desember 2022

Domain .XYZ mungkin masih asing dan sering kali dianggap kurang kredibel bagi sebagian orang bila dibandingkan dengan domain lama, .COM. Padahal, domain ini merupakan salah satu domain yang masuk ke dalam generic top-level domain (gTLD).

 

Adapun domain .XYZ merupakan domain yang dibuat sebagai alternatif pengganti dari .COM yang diciptakan oleh Daniel Negari pada 2014. Daniel, yang menciptakan, beranggapan bahwa .COM menjadi domain yang sudah usang dan erat kaitannya dengan “generasi old” saat internet baru diciptakan. Selain itu, domain .XYZ juga muncul di tengah padatnya pengguna .COM dan mahalnya domain tersebut. Tak hanya itu, ia juga merasa bahwa generasi muda seharusnya memiliki sebuah domain khasnya tersendiri.

 

Huruf-huruf yang tersusun dalam domain .XYZ juga memiliki makna tersendiri, yakni mewakili generasi X, Y, dan Z yang dianggap sebagai tiga generasi di mana para innovator digital banyak bermunculan. Walau demikian, penggunaan domain .XYZ tetap tidak terbatas pada generasi atau industri tertentu. Hal ini berarti domain besutan Daniel boleh digunakan oleh siapapun dengan peruntukkan apapun.

Bagaimana popularitas domain .XYZ?

Popularitas domain ini terlihat sejak Daniel Negari melakukan peluncuran domain .XYZ ke publik. Domain ini pun semakin populer saat induk Google Alphabet Inc masuk dan mengadopsi ekstensi domain ini pada 2015. Pada 2015, pengguna domain XYZ melesat pesat dan mencapai lebih dari 1,5 juta pengguna yang mendaftar serta tersebar di 230 negara di dunia.

 

Tidak berhenti di situ, pengguna domain .XYZ semakin bertambah dari tahun ke tahun hingga pada 2021 telah menggaet lebih dari 3,6 juta pengguna dengan jumlah pengguna terbesarnya dari wilayah China.

 

Salah satu alasan mengapa domain ini cukup populer adalah karena namanya terbilang unik dan cukup berbeda dengan orang lain. Domain .XYZ juga tidak terbatas oleh wilayah dan geografis sehingga cocok digunakan untuk kepentingan apapun.

Apa kelebihan domain .XYZ?

Tertarik menggunakan domain .XYZ? Simak sejumlah kelebihan domain ini terlebih dahulu, yuk!

  1. Sangat terjangkau

    Domain .XYZ merupakan domain gTLD yang terkenal murah dan dapat dijangkau oleh siapa saja bila dibandingkan dengan domain gTLD lainnya, terlebih .COM dan .ID. Walau demikian, bukan berarti ekstensi domain .XYZ memiliki kualitas yang murahan dan buruk. Pasalnya, domain ini sudah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan besar dan terkemuka di dunia, seperti abc.xyz, gen.xyz, umake.xyz, dan masih banyak lagi.
  2. Mudah diingat

    Karena unik, domain .XYZ relatif lebih mudah diingat karena merupakan tiga huruf terakhir dalam abjad. Nama xyz yang ditambahkan di belakang nama brand pada website juga dirasa mampu menarik perhatian orang. Brand pun terkesan unik dan kekinian sehingga akan lebih mudah diingat oleh konsumen.

    Selain itu, belakangan ini istilah xyz juga semakin populer karena pembagian generasi, yaitu generasi X untuk mereka yang lahir pada 1961-1980, generasi Y untuk yang lahir pada 1981-1995, dan generasi Z untuk kelahiran tahun 1996-2010.
  3. Pilih nama domain sesuai keinginan

    Bila dibandingkan dengan domain gTLD lainnya seperti .COM atau .NET yang sudah dipakai oleh banyak pengguna website di seluruh belahan dunia, pengguna domain .XYZ masih berada di angka jutaan sehingga kemungkinan besar nama domain yang diinginkan masih tersedia.
  4. Fleksibel

    Berbeda dengan domain-domain lain, .XYZ tidak terikat dengan suatu identitas apapun. Seperti contoh, .ORG adalah domain yang digunakan untuk kepentingan organisasi, .NET digunakan institusi atau perusahaan yang bergerak di bidang IT, dan .INFO digunakan untuk website yang bersifat informasional.

    Baca juga: Apa Itu Domain? Kenali Fungsi dan Jenis-Jenisnya 


    Sementara itu, domain .XYZ bisa digunakan untuk website untuk berbagai kepentingan dan tetap cocok. Branding dari ekstensi domain xyz tidak spesifik sehingga fleksibel penggunaannya, baik untuk mengakomodir kebutuhan website edukasi, bisnis, toko online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhan.
  5. SEO friendly

    Walau masih terbilang sebagai domain baru, xyz sudah masuk ke dalam indeks Google sejak 2018. Dengan demikian, domain ini memiliki potensi yang sama dengan domain lainnya untuk masuk ke dalam halaman pencarian pertama di mesin pencarian, terlebih Google.
  6. Aman digunakan

    Sama seperti semua domain gTLD lainnya, .XYZ merupakan ekstensi domain yang aman digunakan karena .XYZ menggunakan sejumlah pengaman yang dapat mengurangi pengguna dari serangan phising dan malware. Google juga sudah menggunakan domain .XYZ sehingga menunjukkan bahwa domain ini aman digunakan. 

Apa kekurangan domain .XYZ?

Meski memiliki banyak kelebihan, ada juga beberapa kekurangan yang dimiliki domain .XYZ ini.

  • Domain masih agak asing di telinga orang awam.
  • Murah di tahun pertama, selanjutnya akan naik ke harga normal di mana tidak jauh berbeda dengan domain lainnya.
  • Bisa dipandang sebelah mata.

Langganan domain .XYZ

Itulah beragam kelebihan dan kekurangan dari domain .XYZ. Walau memiliki beberapa kekurangan, jangan jadikan hambatan bila memang ingin menggunakan ekstensi domain .XYZ untuk website mengingat domain ini terbilang unik dan akan mudah diingat oleh siapapun.

 

Untuk mendapatkan ekstensi domain .XYZ, kamu bisa memilih provider yang tepercaya dan aman, seperti layanan NEO Domain dari Biznet Gio. Layanan ini telah dilengkapi dengan DNS Manager berteknologi Anycast pertama di Indonesia yang bisa didapatkan dengan gratis.

 

Baca juga: Panduan Penggunaan NEO DNS 

 

Tak hanya domain .XYZ, NEO Domain juga menyediakan berbagai pilihan domain TLD hingga lokal, seperti .ID, .CO.ID, .MY.ID, dan lain sebagainya. Untuk diketahui, Biznet Gio sudah menjadi registrar dari PANDI yang merupakan badan penyelenggara yang bertugas untuk mengelola, mengoperasikan, dan memelihara berbagai pilihan domain lokal.

Gimana, apakah kamu tertarik? Yuk, kunjungi laman Portal Biznet Gio untuk mendapatkan domain website kamu sekarang!