news image
news 30 November 2022

WordPress merupakan salah satu CMS yang paling populer digunakan oleh website di seluruh dunia. Salah satu keunggulan dari WordPress adalah rutin memberikan update atau pembaruan yang berisi fitur-fitur baru, penyempurnaan fitur yang sudah ada, hingga pembaruan sekuritas untuk meningkatkan keamanan WordPress. 

Melakukan update WordPress sebenarnya dapat dilakukan dengan cara yang mudah. Melalui artikel ini kamu akan mengetahui alasan pentingnya meng-update WordPress dan bagaimana cara melakukan update WordPress dengan mudah. 

Kenapa harus update WordPress 

WordPress adalah CMS yang gratis, open-source, serta dikembangkan oleh komunitas developer. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa kamu harus melakukan update WordPress. 

  1. Peningkatan performa website 

    Walaupun algoritma Google selalu diperbarui, salah satu faktor penting yang selalu menjadi patokan SERP adalah website yang mampu di-load secara cepat. Biasanya setiap update terbaru dari WordPress juga memberikan performance fixes dari versi sebelumnya, yang berarti akan meningkatkan kecepatan website
     
  2. Keamanan dan perbaikan bug 

    Salah satu pembaruan esensial yang bisa didapatkan ketika kamu meng-update WordPress adalah pembaruan fitur keamanan. Seperti yang pernah dijelaskan pada paragraf pembuka, Karena dikembangkan oleh komunitas, siapa pun bisa saja melihat, mengubah dan mengembangkan source code WordPress. 
     
    Tapi bukan berarti WordPress rentan dari serangan siber karena pengembang WordPress juga selalu melakukan penambalan keamanan serta memperbaiki bug yang ada. Selain itu karena didukung komunitas yang luas, setiap bug yang ditemukan oleh pengguna maupun developer akan dilaporkan ke WordPress dan kemudian akan diberikan update perbaikan bug
     
  3. Penambahan fitur baru

    Fitur baru biasanya selalu ditambahkan ke update WordPress. Dari setiap fitur yang ditambahkan elemen yang paling sering mendapatkan update adalah dari sisi aksesibilitas dan page builder. Setiap update akan memberikan fitur baru agar pengguna dapat semakin mudah membuat website
     
    Misalnya pada update 6.0 dengan codename “Arturo” memberikan pembaruan untuk mengubah halaman situs secara penuh, fitur “full-site editing” ini awalnya diperkenalkan pada WordPress 5,9, namun dikarenakan merupakan fitur anyar terbaru maka pada WordPress 6.0 fitur ini semakin disempurnakan. WordPress 6.0 juga memberikan fitur block editor yang lebih lengkap serta editor tema yang mudah digunakan termasuk fitur untuk mengganti tema dalam satu klik. 

Cara melakukan update WordPress 

Setelah mengetahui kenapa kamu harus meng-update WordPress berikut ini adalah bagaimana cara melakukan update WordPress.

Melalui Control Panel

Cara pertama adalah menggunakan control panel yaitu Plesk dan cPanel. Keduanya merupakan control panel berbayar yang populer dan bisa didapatkan secara gratis jika berlagganan layanan hosting Biznet Gio.


1. Melalui Plesk


Cara update WordPress pertama adalah menggunakan control panel Plesk. Salah satu cara mendapatkan control panel Plesk secara gratis dengan berlangganan layanan NEO Dedicated Hosting. Untuk meng-update WordPress di Plesk bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut: 

  • Login ke Plesk dengan cara memasukkan IP Public + Port 8443 pada kolom URL atau melalui Portal Biznet Gio, lalu login dari sisi sub menu NEO Dedicated Hosting. Setelah itu masukkan kredensial yang Anda miliki.
  • Pada dashboard Plesk, cari menu WordPress di sub menu pada bagian kiri.

  • Setelah itu klik tombol Update, lalu akan muncul tampilan seperti dibawah, kemudian klik tombol Update.

  • Kemudian tunggu hingga proses update selesai, setelah selesai WordPress sudah berhasil di-update.

2. Melalui cPanel

Cara kedua menggunakan control panel cPanel. Kamu akan mendapatkan cPanel secara gratis dengan berlangganan NEO Web Hosting. Terdapat dua metode untuk melakukan update WordPress via cPanel, berikut adalah tutorialnya, 

Melalui Softaculous 

      • Login ke cPanel dengan mengetikkan IP/Nama domain + Port 2082 pada kolom URL atau melalui Portal Biznet Gio, lalu login dari sisi sub menu NEO Web Hosting. Setelah itu masukkan kredensial yang Anda miliki. 
      • Pada dashboard cPanel cari sub menu Softaculous Apps Installer, kemudian jika seandainya terdapat update kamu akan melihat tulisan There are Updates available. Klik tulisan tersebut. 

      • Kemudian klik versi WordPress. 

      • Kemudian pada menu selanjutnya klik Upgrade.

      • Tunggu proses update hingga selesai. 

Melalui WordPress Toolkit 

      • Login ke cPanel, kemudian cari sub menu Domain lalu klik WordPress Toolkit. 

      • Kemudian klik pada Domain yang ingin di-update lalu klik Update to 6.02 (Versi bergantung kepada update terbaru WordPress. 

      • Kemudian klik update

      • Terakhir, tunggu proses update hingga selesai. 

Melalui Dashboard WordPress Admin 

Cara terakhir adalah update WordPress secara langsung melalui dashboard WordPress. Cara ini bisa kamu lakukan di semua layanan hosting Biznet Gio termasuk layanan hosting khusus WordPress dari Biznet Gio yaitu NEO WordPress.

Khusus untuk NEO WordPress pada saat pembelian kamu akan mendapatkan WordPress versi terbaru. Berikut adalah tata cara update WordPress melalui WordPress Admin. 

  • Login ke WordPress Admin dengan mengetikkan namadomain/wp-admin pada kolom URL. Masukkan kredensial yang kamu miliki.
  • Setelah itu klik menu Update.
  • Jika update tersedia kamu bisa mengklik Update Now dan proses update akan berjalan. 
  • Jika kamu sudah memiliki WordPress versi terbaru maka akan muncul seperti gambar di bawah 

Selalu update WordPress untuk mendapatkan fitur dan perbaikan terbaru 

Dengan melakukan update WordPress tentu saja kamu akan mendapatkan semua perbaikan fitur dan bug, penambahan fitur, serta penambalan keamanan yang lebih baik. Apalagi untuk meng-update WordPress bisa kamu lakukan dengan mudah dalam beberapa klik seperti yang sudah dijelaskan di atas.



Kalau kamu ingin menggunakan layanan WordPress, Biznet Gio menyediakan 3 jenis layanan yang sudah dilengkapi dengan WordPress. Mulai dari NEO Dedicated Hosting yang sudah dilengkapi Plesk + WordPress Toolkit, NEO Web Hosting yang sudah dilengkapi cPanel + WordPress Toolkit hingga layanan WordPress Hosting terbaru dari Biznet Gio yaitu NEO WordPress yang bisa langsung kamu gunakan dalam 1 menit tanpa repot setup hosting. Semua layanan di atas juga sudah dilengkapi fasilitas gratis bandwidth hingga 10 Gbps tanpa kuota, SSL gratis, domain gratis dan dukungan support 24/7. Untuk pemesanan, bisa langsung kunjungi Portal Biznet Gio. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam melakukan update WordPress.