news image
news 20 Maret 2023

5 Bahasa Pemrograman Terpopuler untuk Web Development

Seorang web developer bertugas untuk merancang dan membangun sebuah website. Dalam membangun sebuah website, web developer diharuskan untuk memahami dan mampu menggunakan beberapa bahasa pemrograman untuk web development. Jika kamu tertarik untuk menjadi seorang web developer maka mempelajari 5 bahasa pemrograman berikut adalah hal yang pantas untuk kamu pertimbangkan. Berikut adalah pengertian dari web development dan 5 bahasa pemrograman terbaik untuk web development.

 

Apa Itu Bahasa Pemrograman?

Bahasa Pemrograman adalah bahasa yang memberikan perintah dan instruksi untuk membuat software. Nantinya bahasa tersebut berguna untuk memberikan perintah-perintah pada komputer yang kemudian akan diterjemahkan menjadi logika yang dipahami oleh komputer sehingga komputer bisa menjalankan perintah yang dimaksud.

 

Bahasa pemrograman ini adalah bahasa dasar yang nantinya akan membentuk program seperti website, aplikasi desktop dan mobile, hingga sistem operasi.

 

Apa Itu Web Development?

Web development adalah proses pengembangan sebuah website baik itu dari segi front-end maupun back-end dengan menggunakan bahasa pemrograman untuk membangun sebuah website ataupun web application yang berfungsi dengan baik.

 

Pada pengembangan website seorang web developer akan menggunakan bahasa pemrograman. Setiap bahasa pemrograman tidak dirancang sama sehingga menyebabkan setiap bahasa pemrograman memiliki spesialisasi masing-masing. Mengutip tulisan dari salah seorang web developer Javin Paul, dia menjelaskan bahwa bahasa pemrograman java sangat bagus digunakan untuk menulis kode server-side, namun tidak bisa digunakan untuk front-end development. Hal ini lah yang menjelaskan kenapa web developer harus bisa menyesuaikan bahasa pemrograman apa yang cocok mereka gunakan dengan apa yang akan mereka lakukan.

 

Jenis-jenis Web Development

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa web development itu terdiri dari front-end development dan back-end development, apakah perbedaannya?

 

  1. Front-end Development

    Front-end development merupakan jenis pengembangan yang berfokus pada visual website atau aplikasi. Front-end developer akan banyak bersinggungan dengan pengalaman pengguna dan memastikan aspek visual yang ditampilkan pada website dapat berfungsi dengan baik. Fokusnya adalah untuk memastikan apa yang dilihat pengunjung ketika mengunjungi website dan interaksi pengunjung dapat berjalan dengan lancar.

     

  2. Back-end Development

    Kebalikan dari front-end development, back-end development bekerja untuk memastikan layanan di belakang layar dapat berjalan dengan optimal. Sering disebut dengan server-side, disini back-end developer akan memastikan apakah sebuah website dan aplikasi mampu berjalan dengan lancar dengan mengoptimalkan server dan database. 

 

Apa Itu Framework?

Pada penggunaan bahasa pemrograman terdapat istilah framework. Framework adalah set kode yang digunakan developer untuk membuat penggunaan bahasa pemrograman lebih mudah. Framework sendiri merupakan satu set elemen dan komponen yang digunakan untuk menyederhanakan dan mempercepat pengembangan aplikasi ataupun web. Framework bisa dikatakan sebagai platform tempat aplikasi dapat dibangun

 

Bahasa Pemrograman Paling Populer

 

  1. Javascript

    Javascript sudah 9 tahun berturut-turut menguasai ranking bahasa pemrograman menurut Stack Overflow Developer Survey 2021. Diantara web developer pun Javascript merupakan yang populer karena mampu menghandle tugas front-end maupun back-end dan mampu membuat aplikasi web, aplikasi mobile, hingga website. Jika kamu berniat menjadi web developer maka Javascript adalah bahasa pemrograman yang wajib kamu pelajari.

    Bahasa pemrograman JavaScript biasanya digunakan untuk menambahkan fungsionalitas interaktif ke halaman web, seperti animasi, validasi formulir, dan interaksi pengguna dengan elemen pada halaman web. Javascript juga didukung dengan beberapa framework seperti ReactJs, VueJs, AngularJs, dan NodeJs.

     

  2. Python

    Python adalah bahasa pemrograman yang memiliki jumlah pengguna yang selalu meningkat tiap tahunnya. Hal ini membuktikan bahwa Python memiliki banyak kelebihan sehingga tiap tahunnya pengguna Python selalu bertambah. Bukan tidak mungkin Python akan mengalahkan dominasi Javascript sebagai bahasa pemrograman paling populer.

    Python banyak digunakan untuk web development, scripting, dan automasi bahkan kecerdasan buatan (AI). Python juga memiliki dukungan support dan komunitas yang besar untuk membantumu lebih cepat menguasainya. Python juga mampu mengerjakan tugas front-end dan back-end dan yang paling penting Python termasuk bahasa pemrograman yang mudah dipelajari bahkan oleh pemula. Python juga memiliki framework yang sering digunakan bersamaan seperti Django, TurboGears, dan Dash.

     

  3. PHP

    PHP merupakan bahasa pemrograman yang memang diciptakan untuk web development. PHP bersifat dinamis dan umum karena itu masih banyak web developer yang menggunakan PHP walaupun disaingi oleh Javascript atau Python. PHP adalah salah satu bahasa pemrograman yang sanggup melakukan perintah untuk back-end dengan optimal. Bahkan salah satu aplikasi web yang populer yaitu Wordpress dibuat menggunakan PHP.

    Sering digunakan untuk membuat aplikasi web dan website, PHP juga merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mudah dipelajari. PHP juga merupakan bahasa yang memiliki dukungan yang baik terhadap database seperti MySQL, PostgreSQL, dan Oracle.

     

  4. HTML

    HTML merupakan bahasa pemrograman yang sangat populer karena digunakan secara luas dalam pembuatan halaman web dan aplikasi web. Saat ini, hampir semua situs web menggunakan HTML sebagai bahasa dasar untuk membangun halaman web, seperti website bisnis, media, pemerintah, pendidikan, dan lainnya.

    Bahasa pemrograman HTML merupakan bagian penting dari web development karena digunakan untuk membuat struktur dan konten halaman web. Salah satu keunggulan HTML adalah mudah dipelajari dan digunakan, banyak orang bahkan yang tidak berlatar belakang teknis juga dapat membuat halaman web sederhana dengan HTML. Dalam pengembangan web, HTML sering digunakan bersama dengan CSS dan JavaScript untuk menciptakan pengalaman web yang dinamis dan menarik.

     

  5. C#

    C# merupakan bahasa pemrograman buatan Microsoft, pada awalnya C# digunakan untuk menunjang .NET Framework untuk mengembangkan aplikasi Windows. C# sangat populer untuk mengembangkan back-end yang berarti C# bekerja di server-side. C# pertama kali diluncurkan pada tahun 2000. 
     
    C# bersifat umum yang berarti bahasa ini berbagai fungsi seperti mengembangkan game, aplikasi Windows, dan web development (back-end). Selain itu, C# memberikan proses kompilasi dan eksekusi lebih cepat dibanding bahasa lain. Seperti Python dan Ruby, C# juga merupakan bahasa pemrograman berbasis objek. 

 

Penutup

Itulah penjelasan tentang web development dan 5 bahasa pemrograman terpopuler untuk web development. Setiap web developer pasti punya bahasa pemrograman favoritnya sendiri untuk membangun sebuah website maupun aplikasi web. Biznet Gio sendiri menyediakan platform code editor yang berbasis web yaitu NEO Code


 

NEO Code mendukung berbagai bahasa pemrograman populer seperti JavaScript, Python, PHP, C#, TypeScript, HTML, dan CSS. NEO Code juga memberikan fitur-fitur untuk mempermudah kamu dalam coding. Bersifat web-based sehingga bisa diakses dari mana saja melalui browser dan tidak membutuhkan aplikasi tambahan apapun, memiliki fitur autosave, dan memiliki integrasi untuk push code ke GitHub.  


 

Selain itu NEO Code juga dilengkapi dengan ekstensi lainnya seperti linting untuk mempermudah pengecekan eror pada kode serta fitur auto-complete untuk mempermudah penulisan kode. 


 

Saat ini layanan web-based code editor NEO Code dapat kamu gunakan secara GRATIS melalui BGN Lab. Daftar sekarang juga melalui Portal BGNLab dan kamu juga akan langsung mendapatkan gratis storage 2 GB. Temukan juga layanan menarik lainnya dari BGN Lab. Platform layanan eksperimental dari Biznet Gio yang bisa kamu gunakan secara GRATIS. Tunggu apa lagi, segera kunjungi BGN Lab. Untuk informasi lebih lanjut mengenai BGN Lab kamu bisa menghubungi kami melalui email ke support@biznetgio.com.