news image
news 22 November 2022

Ketika membuat website ataupun aplikasi pasti kamu sering mempertanyakan dimana sebaiknya website atau aplikasi tersebut berjalan. Dengan banyaknya pilihan dari provider seperti shared hosting, dedicated hosting, dan virtual private server. Tentu kamu minimal masing-masing harus mengetahui perbedaannya. Untuk perbedaan antara Shared Hosting dan Dedicated Hosting sudah pernah dibahas pada artikel terpisah yang bisa kamu akses melalui tautan berikut ini.


Bagi kamu yang merupakan pendatang baru di dunia cloud hosting tentu masih asing dengan istilah virtual private server atau sering disebut dengan akronimnya yaitu VPS. melalui artikel ini kita akan membahas secara mendalam mengenai apa itu VPS, cara kerja, dan kelebihan VPS


Apa itu VPS?

Virtual Private Server atau VPS adalah layanan server virtual yang memiliki sumber daya yang terdedikasi khusus untuk satu pengguna, berbeda dengan shared hosting dimana sumber daya komputasi yang sama digunakan oleh beberapa pengguna. Hal ini menyebabkan website yang berjalan di atas shared hosting bisa terganggu jika seandainya pengguna dalam satu sumber daya yang sama menggunakan sumber daya secara besar. Namun shared hosting cocok untuk digunakan jika kamu mulai go-digital dan membuat website.

Jika seandainya kamu sudah mulai merasakan bahwa sumber daya pada shared hosting tidak lagi cukup untuk mengakomodasi traffic website ataupun aplikasi milikmu maka kamu bisa beralih menggunakan layanan dengan sumber daya dedicated yang terpisah dari pengguna lain yaitu VPS. Dengan VPS, sumber daya pada sebuah server virtual tidak akan dibagi dengan pengguna lain sehingga menyebabkan website maupun aplikasi akan minim dari gangguan.

Sesuai namanya VPS terdiri dari kata Virtual, Private, Server. Virtual berarti bahwa VPS bertindak di lingkungan virtual dengan teknik virtualisasi pada server. Private berarti bahwa server yang sudah diisolasikan sumber dayanya tersebut adalah milik pribadi. Terakhir Server, yaitu komputer tempat dimana data hosting tersimpan. Sehingga menyebabkan VPS merupakan sebuah entitas server yang sudah terisolasi sumber dayanya dari server fisik yang menyebabkan sumber daya tersebut hanya bisa digunakan oleh satu pengguna dengan teknologi yang disebut virtualisasi.

Cara Kerja VPS

VPS bekerja dengan cara melakukan virtualisasi pada sebuah server fisik dimana virtualisasi ini akan mengisolasi sumber daya komputasi dari server tersebut ke beberapa server virtual. Sebagai contoh misalkan sebuah server fisik dengan sumber daya 8 Core CPU dan 8 GB RAM akan di virtualisasi menjadi 8 server virtual dengan sumber daya komputasi masing-masing 1 Core CPU dan 1 GB RAM. Jadi intinya kamu akan berbagi satu server yang sama namun dengan sumber daya yang terisolasi yang hanya bisa kamu gunakan sendiri.

Kelebihan VPS

VPS memiliki sumber daya dedicated yang menyebabkan komputasi dapat berjalan lebih optimal jika dibandingkan dengan shared hosting, namun bukan cuma itu kelebihan VPS, berikut ini merupakan 4 kelebihan VPS.

  1. Lebih andal dan aman

    Dikarenakan terisolasi secara sumber daya dari pengguna lain menyebabkan website ataupun aplikasi yang berjalan pada VPS lebih andal dan lebih aman. Apalagi dengan fitur yang lebih banyak serta kemampuan untuk mengelola server hingga root menyebabkan VPS lebih fleksibel.

  2. Lebih siap tampung lonjakan traffic

    Dengan sumber daya dedicated juga menyebabkan website lebih aman ketika menerima lonjakan traffic pada website maupun aplikasi, karena seandainya terjadi lonjakan traffic, website tidak down karena sumber daya yang tersedia tidak terbagi dengan pihak lain. Tentu saja hal ini bukan satu-satunya faktor, faktor lainnya misalkan kapasitas bandwidth yang diberikan. Jika bandwidth yang diberikan berkapasitas besar apalagi tanpa kuota tentu saja website ataupun aplikasi akan semakin siap menerima lonjakan traffic yang tinggi.

  3. Kustomisasi tinggi

    Berbeda dengan shared hosting yang cukup terbatas dan hanya bisa digunakan untuk mengelola website biasa misalkan WordPress. Jika kamu sudah mencapai suatu keadaan dimana kamu harus menginstal software pihak ketiga pada server, menggunakan konfigurasi khusus, atau printilan tingkat lanjut lainnya terhadap server maka kamu bisa menggunakan layanan VPS yang memberikan akses ke server hingga root namun tentu saja tidak sampai ke server fisik.

    Hal ini menguntungkan khususnya jika kamu ingin menjalankan website ataupun aplikasi yang lebih kompleks dimana kamu memiliki kebebasan untuk menginstal software tambahan dari pihak ketiga ataupun kamu ingin melakukan monitoring terhadap sumber daya pada server. Seperti misalnya jika kamu memiliki toko online baik berupa aplikasi maupun website tentu kamu harus mulai memikirkan bagaimana pelacakan, pembayaran, penghitungan pajak, dan hal lain yang tentu saja tidak bisa diakomodasi oleh shared hosting.

  4. Lebih hemat dan lebih efisien

    Jika dibandingkan dengan server sendiri tentu saja biaya yang dibutuhkan akan jauh lebih tinggi, namun dengan VPS kamu bisa memiliki kapabilitas dari sebuah server fisik dengan biaya yang jauh lebih terjangkau. Apalagi biasanya sumber daya pada VPS bisa ditingkatkan sesuai kebutuhan.

    Hal ini juga akan menyebabkan efisiensi sumber daya, karena kamu tidak perlu membayar mahal untuk mendapatkan server dengan semua kemampuannya dan apalagi biasanya jika kamu menggunakan VPS belum tentu kamu akan menggunakan seluruh sumber daya pada server tersebut dengan maksimal. Jadi intinya kamu hanya akan membayar mahal untuk sesuatu yang sebenarnya belum kamu butuhkan.

NEO Lite, VPS andal termurah dari Biznet Gio

Jika kamu sudah mulai menyadari bahwa shared hosting tidak bisa lagi mengakomodasi kebutuhan website maka kamu bisa beralih ke layanan VPS dari Biznet Gio yaitu NEO Lite. Dengan NEO Lite kamu bisa mendapatkan layanan VPS dengan sumber daya komputasi yang dedicated serta infrastruktur dan jaringan yang sudah terkonfigurasi untuk menunjang sekaligus meningkatkan performa website ataupun aplikasi.


Ditambah lagi NEO Lite didukung SSD storage berkecepatan tinggi dan gratis bandwidth hingga 10 Gbps tanpa kuota untuk memastikan layanan yang berjalan diatas NEO Lite mampu berjalan lebih cepat dan optimal. Dapatkan NEO Lite sekarang juga mulai dari Rp50.000/bulan dengan sumber daya dedicated yang berkapasitas hingga 16 core vCPU, 16 GB RAM, 60 GB SSD Storage, dan bisa ditingkatkan kapan saja sesuai kebutuhan. Informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi Portal Biznet Gio atau hubungi support@biznetgio.com sekarang juga!