news image
news 25 November 2022

Ketika membuka sebuah website biasanya kita akan menuliskan website yang ingin dibuka pada kolom URL browser. Pada website tersebut jika mengklik sesuatu pada halaman website maka URL pada website akan berubah.

 

Slug adalah bagian dari URL (Uniform Resource Locator) yang berfungsi untuk menunjukkan halaman tertentu dari sebuah website dan merupakan bagian paling mudah dibaca dari sebuah URL. Slug berada setelah garis miring terakhir sebuah website.

 

Untuk lebih mudah memahami tentang Slug maka kamu juga perlu memahami struktur dari URL, misalnya pada penjelasan berikut:


struktur url


Dalam SEO, bagian yang paling penting dari URL yang bisa mempermudah mesin pencari untuk memahami isi konten pada sebuah halaman website adalah Slug. Struktur URL dengan slug yang benar akan memberikan sinyal kalau konten agar masuk ke laman pencarian.

 

Tips Membuat Slug

Slug yang SEO-Friendly akan memberikan kenyamanan tidak hanya untuk mesin pencari tapi juga kepada pengunjung website untuk memahami isi dari halaman website yang sedang dibuka. Slug dengan unsur angka dan karakter lainnya akan sulit oleh dimengerti oleh algoritma dan sekaligus mempersulit halaman tersebut untuk di-crawling oleh mesin pencari.

 

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat slug yang SEO Friendly:

  1. Pastikan terdapat keyword pada Slug

    Salah satu komponen penting dalam SEO adalah keyword. Kata-kata pada keyword juga bisa dimasukkan ke Slug. Menambahkan keyword pada slug bisa membuat isi pada halaman website tersebut mudah dipahami mesin pencari.
  2. Buat Slug yang singkat dan jelas

    Memiliki Slug yang singkat dan jelas berguna untuk membuat pengunjung website lebih mudah memahami isi halaman website. Pada WordPresss ketika kamu membuat page baru maka Slug akan secara otomatis mengikuti judul dari konten atau artikel yang sedang ditulis. Ini bisa menyebabkan slug menjadi panjang.
    Misalnya kamu membuat artikel berjudul “Apa itu WordPress? Sejarah, Pengertian, Kelebihan, dan Fungsi”. WordPress akan secara otomatis men-generate Slug menjadi /apa-itu-wordpress–sejarah-pengertian-kelebihan-dan-fungsi.

    Untuk ini kamu bisa membuat Slug yang lebih singkat dan jelas menjadi /apa-itu-wordpress. Selain membuat URL lebih rapi ini juga akan membuat pengunjung dan mesin pencari mudah untuk memahami isi halaman website.


  3. Jangan gunakan angka atau tahun pada Slug

    Penggunaan angka atau tahun pada Slug akan membuat mesin pencari menganggap bahwa halaman web yang bersangkutan tidak relevan lagi untuk dibaca. Misalnya kamu membuat artikel berjudul "7 Tema WordPress Gratis Terbaik 2022”. Sebaiknya jangan membuat slug /tema-wordpress-terbaik-2022 karena mesin pencari akan menganggap Slug hanya relevan untuk tahun yang ditulis. Selain itu membuat slug tanpa dan tahun akan membuat konten dianggap evergreen oleh mesin pencari.
  4. Sebaiknya jangan terlalu sering mengganti Slug

    Memang pada dasarnya membuat Slug yang SEO-friendly bagus untuk meningkatkan visibilitas website pada mesin pencari. Tapi mengganti Slug juga bisa berdampak pada visibilitas itu sendiri bahkan jika kita melakukan redirect pada URL yang sudah diubah Slug-nya. Jadi pastikan Slug yang akan dibuat masih relevan digunakan untuk jangka waktu lama

Cara Paling Efektif untuk membuat URL 

Berikut ini merupakan kiat terbaik untuk membuat URL yang bisa mendukung SEO pada website.

  • Awali URL dengan HTTPS

    HTTPS merupakan protokol yang lebih aman dari HTTP biasa. Protokol ini bekerja dengan cara mengenkripsi data pada website. Website yang menggunakan HTTPS juga lebih direkomendasikan oleh mesin pencari dan browser dan sekaligus akan menunjang SEO.

    Kamu bisa mendapatkan protokol HTTPS dengan menggunakan sertifikat SSL yang bisa didapatkan secara gratis jika kamu berlangganan layanan hosting dari Biznet Gio seperti NEO Dedicated Hosting, NEO Web Hosting, dan NEO WordPress. Biznet Gio juga menyediakan sertifikat SSL berbayar baik single untuk melindungi satu domain dan Wildcard yang bisa melindungi seluruh domain dan subdomain.

  • Miliki Domain yang Jelas

    Memiliki domain yang menggambarkan brand tentu saja akan membuat mesin pencari dan pengunjung lebih mudah memahami identitas website. Lalu melengkapi website dengan ekstensi yang sesuai dan tepercaya juga akan lebih membuat website berpotensi meningkatkan kredibilitas website.

    Misalnya untuk membuat toko online kamu bisa membuat domain dengan ekstensi .store atau ekstensi lainnya yang bisa kamu kreasikan untuk membuat pengunjung mengenali brand mu dengan cepat.

    Untuk bisa memiliki domain dengan ekstensi terlengkap dan juga sudah terdaftar pada pengelola nama domain baik lokal maupun internasional kamu bisa menggunakan layanan NEO Domain yang juga memiliki fitur Registrar Lock untuk memastikan domain aman dari pencurian. Selain itu NEO Domain juga termasuk gratis layanan NEO DNS yang bisa membuat akses ke website lebih cepat dengan menggunakan Anycast.

  • Gunakan Subdomain

    Subdomain berfungsi untuk membedakan atau membagi website ke konten atau kategori yang berbeda. Penggunaan Subdomain juga bisa membuat crawling dan indexing website lebih cepat karena Google menganggap subdomain merupakan website yang berbeda.

    Subdomain bisa didapatkan secara gratis jika kamu sudah memiliki domain. Untuk mengetahui info lengkap dan cara membuat Subdomain kamu bisa merujuk ke artikel di bawah ini.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Subdomain dan Cara Membuatnya | Biznet Gio 


Cara Membuat Slug pada WordPress 

Pada WordPress kamu bisa dengan mudah menambahkan Slug, berikut adalah salah satu caranya.

  • Buat postingan pada WordPress, tulis judul yang kamu inginkan. Misalnya seperti gambar di bawah ini.
  • Setelah itu kamu akan melihat menu baru di bawah judul berupa permalink yang bisa kamu edit.
  • Klik edit, kemudian Slug sudah bisa diubah. Sesudah itu klik OK untuk menyimpan perubahan.
  • Terakhir jangan lupa save draft untuk memastikan Slug tersimpan.

Slug pada website-mu sudah SEO-Friendly? 

Setelah mengetahui fungsi dan cara membuat Slug pada website ini kamu seharusnya menyadari bahwa Slug merupakan salah satu komponen yang cukup penting untuk mendukung visibilitas website di mata mesin pencari.

 

Selain Slug terdapat berbagai kriteria lain yang bisa menunjang peringkat SEO pada website misalnya memiliki layanan hosting yang berkualitas. Khususnya seluruh layanan hosting dan cloud server dari Biznet Gio yang tepercaya serta telah memenuhi sertifikasi keamanan standar global seperti SOC 2 Type II, PCI-DSS dan ISO 27001. Selain itu, tim support selau siap sedia selama 24/7 untuk membantu setiap kebutuhan kamu.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan hosting dari Biznet Gio hubungi kami via email ke support@biznetgio.com.