news image
news 18 Agustus 2022

Bagi kamu yang sering berselancar di dunia maya, pastinya sudah tidak asing dengan istilah Uniform Resource Locator (URL) atau yang biasa dikenal menjadi sistem penamaan alamat situs web. Misalnya, www.google.com.

Namun selain URL, ada lagi istilah yang tidak kalah pentingnya untuk membangun web, yakni permalink.

Permalink merupakan singkatan dari “permanent” dan “link”. Tanpa disadari, istilah ini sangat sering dijumpai pada setiap web yang dikunjungi. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai permalink, simak ulasan berikut ini.

Apa itu permalink?

Sebelum membahas permalink, ada baiknya mengetahui URL terlebih dahulu secara singkat. Misalnya saat mengakses web https://www.biznetgio.com ini merupakan URL yang terdiri dari protokol HTTPS,  hostname www.biznetgio.com, dan nama domain biznetgio.com.

Sedangkan, permalink merupakan keseluruhan URL yang pengguna lihat pada setiap konten atau postingan di web. Jadi, saat seseorang mengakses halaman lain di luar homepage pada web Biznet Gio tersebut, maka pengakses akan mendapatkan URL permalink yang unik sesuai dengan halaman yang dibuka.

Misalnya, dengan mengklik laman Produk, maka pengguna akan mendapatkan URL permalink yang unik sesuai dengan halaman yang dibuka, contohnya https://www.biznetgio.com/product. Link tersebut itulah yang dinamakan sebagai permalink.

Dengan demikian, pengunjung web bisa membuka halaman produk di Biznet Gio menuju URL permalink tanpa harus masuk melalui home web, dengan catatan mengetahui permalink-nya secara lengkap. Karena bila tidak, maka akan muncul ‘Page Not Found’ atau error.

Jadi, setiap halaman web yang dikunjungi memiliki URL permalink yang berbeda-beda, tetapi permalink ini dapat disesuaikan berdasarkan dengan keinginan, misalnya dari pengaturan di WordPress atau CMS yang digunakan.

Kehadiran permalink yang sudah disesuaikan tersebut membuat pemiliki menjadi lebih mudah mengidentifikasi konten yang dibuat serta memudahkan user bila ingin langsung mengunjungi halaman.

Sebagai contoh, ketika pemilik web ingin membuat konten dengan kategori berita atau news. Maka, tinggal mengubah URL permalink menjadi https://www.biznetgio.com/news. Lalu, saat pemilik ingin menambahkan konten di kategori tersebut, maka permalink-nya akan menjadi https://www.biznetgio.com/news/mengenal-apa-itu-iops.

Bagaimana pengaruh permalink?

Adapun kehadiran permalink juga menghadirkan sejumlah manfaat, antara lain:

1. Mudah diindeks Google

Kehadiran permalink membuat konten yang dibuat mudah terindeks oleh Google. Sebab, tanpa permalink dapat dipastikan bahwa Google akan sulit mengindeks web sehingga kecil kemungkinannya konten dapat berada di halaman pertama mesin pencarian.

Untuk itu, ada baiknya agar membuat permalink yang SEO friendly sesuai dengan keyword dan isi konten yang dibuat. Dengan membuat permalink yang mengandung keyword, Google dapat mengetahui relevansi dari halaman tersebut.

2. Mudah dilihat

Pada dasarnya, pemilik web tentu ingin konten yang dibuat bisa dikunjungi dan dibaca oleh banyak orang. Untuk itu, dengan menyusun permalink yang menarik dan sesuai tentunya akan lebih mudah dilihat dan menarik user karena strukturnya sudah jelas.

Selain itu, membuat permalink juga dianjurkan agar tidak terlalu panjang dan mudah diingat sehingga memudahkan saat mengaksesnya. Dengan begitu, user yang melihatnya pun akan nyaman dan ingin mengklik link tersebut. Berbeda halnya jika URL masih berbentuk angka yang acak-acakan, user pun tidak akan tertarik.

3. Memperkuat SEO web

Untuk membuat konten dapat dengan mudah terindeks oleh Google, pemilik web membutuhkan keyword yang tepat agar kontennya dapat menembus halaman pertama mesin pencarian Google.

Dari keyword yang sudah dioptimasi dan disesuaikan itu, pemiliki web dapat memasukkannya di dalam permalink. Dengan begitu, SEO dalam web akan kuat dan Google dapat dengan mudah menemukan konten yang dibuat saat ada orang yang melakukan pencarian dan berkaitan dengan konten itu.

Cara membuat permalink yang SEO friendly

Setelah mengetahui sejumlah fungsi dari permalink, lalu bagaimana cara agar permalink terlihat SEO friendly?

  • Pendek dan deskriptif, permalink sebaiknya dibuat dengan pendek dan deskriptif tanpa ditambahi informasi yang tidak diperlukan. Tetapi, tautan permalink juga harus mendeskripsikan isi halaman secara lengkap dan singkat.
  • Dipisahkan tanda - (strip), agar terlihat SEO friendly ada baiknya pemisahan kata pada permalink ditulis dengan tanda “-”.
  • Menggunakan huruf kecil, permalink pada umumnya ditulis dengan menggunakan huruf kecil karena beberapa web server akan memperlakukan huruf kapital dengan cara berbeda (Case Sensitive).
  • Gunakan keyword, permalink lebih baik disesuaikan dengan keyword SEO yang sudah ditentukan melalui tools mesin pencari atau optimasi keyword. Dengan memasukkan istilah berupa keyword yang sesuai, kamu berarti memberikan mesin pencari berupa petunjuk yang kuat tentang konten halaman dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan peringkat yang tinggi.
  • Tidak boleh menggunakan kata-kata sambung atau berhenti, misalnya “di”, “ke”, “is”, “kamu”, dan kata-kata serupa lainnya.

Bagaimana set up permalink?

Untuk melakukan set up permalink, pemilik web bisa mengaturnya pada CMS, misalnya WordPress.

Pertama-tama, pengguna akan diarahkan untuk login ke akun WordPress dan memilih menu Settings lalu Permalink. Saat halaman Permalink Settings sudah muncul, maka akan diarahkan pada beberapa pilihan, seperti:

  • Plan, versi permalink standar jika tidak diubah.
  • Day and name, menampilkan permalink hari sebelum nama post.
  • Month and name, menampilkan permalink bulan sebelum nama post.
  • Numeric, menampilkan permalink dengan urutan angka.
  • Post Name, memberikan permalink dengan nama post.
  • Custom Structure, custom nama permalink sesuai dengan kebutuhan berdasarkan tahun, bulan, hari, jam, menit, post_id, post_name, kategori, dan author.

Bila sudah, tinggal klik Save Changes dan membuka Post lalu Add New. Agar permalink tersebut SEO Friendly dan mudah diingat, maka dapat diedit pada permalink dan menggantinya dengan permalink baru, misalnya “apa-itu-subdomain”, klik menu “Edit” pada sebelah URL Permalink.

Demikian pembahasan mengenai “Permalink: Definisi, Fungsi, dan Cara Membuatnya”. Untuk kamu yang membutuhkan layanan WordPress Instan untuk keperluan website pribadi maupun bisnis, seperti NEO WordPress dari Biznet Gio.

NEO WordPress merupakan layanan hosting WordPress yang siap digunakan tanpa perlu instalasi ataupun setup hosting, layanan ini dapat di scale-up kapan saja, cukup menambahkan resource sesuai kebutuhan pada aplikasi dan database melaui Portal Biznet Gio. Melalui NEO WordPress, pengguna bisa mengatur permalink dengan mudah sesuai dengan isi konten yang akan di-publish.

Selain itu, NEO WordPress juga sudah memiliki banyak fitur, mulai dari gratis domain, SSL, hingga bandwidth besar tanpa kuota.

Dapatkan NEO WordPress dengan harga Rp50.000 per bulan dengan spesifikasi 2 vCPU, 2 GB RAM, dan 10 GB SSD Storage.

Kunjungi Portal Biznet Gio atau hubungi sales@biznetgio.com sekarang! Jika kamu masih memiliki pertanyaan hubungi kami via live chat di website Biznet Gio.