news image
news 29 Maret 2023

Mengenal Apa Itu JavaScript? Fungsi hingga Cara Kerjanya

JavaScript telah menjadi istilah yang familiar bagi banyak orang, baik yang berkecimpung di dalam dunia teknologi maupun orang awam. Pasalnya, JavaScript menjadi salah satu bahasa pemrograman yang sering kali disebut-sebut untuk men-develop website menjadi lebih ciamik. 


 

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai JavaScript? Yuk, simak ulasan lengkapnya dalam artikel berikut ini. 

Apa itu JavaScript?  

JavaScript merupakan bahasa pemrograman populer yang digunakan untuk membuat website interaktif dan dinamis. Adapun dinamis yang dimaksud di sini berarti konten di dalamnya dapat bergerak dan tampil secara otomatis tanpa harus dimuat ulang manual oleh pengguna. Dapat dikatakan juga bahwa JavaScript merupakan kunci yang perlu dikuasai para web developer untuk menciptakan website yang dapat berinteraksi atau memahami pengunjung di situs tersebut. 


 

Saat ini, JavaScript digunakan untuk membuat berbagai macam aplikasi web, mulai dari website yang sederhana hingga website yang kompleks, seperti sosial media, e-commerce, gim, dan masih banyak lagi contoh lainnya.  


 

Bagaimana awal mula JavaScript hadir? 

Pada awalnya, JavaScript dikembangkan pada tahun 1995 oleh seorang programmer bernama Brendan Eich. Pada saat itu, Eich bekerja untuk perusahaan Netscape Communications dan diberi tugas untuk membuat bahasa pemrograman yang dapat berjalan di browser Netscape Navigator. 


 

Awalnya, bahasa pemrograman ini disebut Mocha, kemudian diubah namanya menjadi LiveScript, dan akhirnya diubah lagi menjadi JavaScript. Nama "JavaScript" sebenarnya adalah pilihan pemasaran, karena bahasa ini diluncurkan pada saat popularitas bahasa pemrograman Java sedang melambung. 


 

JavaScript awalnya digunakan untuk membuat efek-efek visual kecil pada halaman web dan validasi formulir. Namun, seiring berjalannya waktu, JavaScript telah berkembang menjadi bahasa pemrograman yang sangat kuat dan populer, digunakan untuk membuat aplikasi web berbasis browser, aplikasi mobile, game, dan bahkan untuk pengembangan back-end dengan bantuan framework, seperti React.js maupun Node.js. Saat ini, JavaScript adalah salah satu bahasa pemrograman paling populer di dunia, digunakan oleh jutaan pengembang di seluruh dunia. 


 

Hubungan JavaScript, HTML, dan CSS 

JavaScript, HTML, dan CSS adalah tiga bahasa pemrograman yang sering digunakan dalam pengembangan web. 


 

HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa yang digunakan untuk membuat struktur dan konten halaman web. HTML digunakan untuk menentukan bagaimana konten pada halaman web akan ditampilkan kepada pengguna. 


 

CSS (Cascading Style Sheets) adalah bahasa yang digunakan untuk mendesain tampilan visual halaman web. Dengan CSS, pengguna dapat mengontrol warna, ukuran, tata letak, dan banyak aspek lain dari tampilan halaman web. 


 

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat interaktivitas di halaman web. Dengan JavaScript, pengguna dapat menambahkan fitur seperti animasi, validasi formulir, efek visual, interaksi dengan API dan masih banyak lagi. 


 

Secara umum, HTML, CSS, dan JavaScript bekerja bersama-sama untuk membuat halaman web yang menarik dan interaktif. HTML menentukan struktur dan konten, CSS menentukan tampilan dan styling, dan JavaScript memberikan kemampuan interaktivitas dan fungsi dinamis pada halaman web. 


 

Fungsi dan Kelebihan JavaScript 

JavaScript menawarkan berbagai fungsi sekaligus kelebihan. Inilah mengapa bahasa pemrograman ini terbilang populer di kalangan awam terlebih di web developer. Berikut merupakan beberapa kelebihan JavaScript. 


 

  • Mudah dipelajari. JavaSript merupakan bahasa pemrograman yang mudah dipelajari bahkan bagi para pemula sekalipun. Hal ini dikarenakan sintaks dan penulisan kode pada JavaScript terbilang ringkas dan mudah dimengerti. Misalnya saja untuk menampilkan “Selamat Datang” maka sintaks penulisan di JavaScript dapat dilakukan dengan:

    [sourcecode lang=”js”] console.log(“Hello World!”); 
    [/sourcecode]

     
  • Interaktif dan responsif. Bahasa pemrograman satu ini terkenal sebagai pilihan yang tepat untuk membuat website yang user-friendly. Hal ini sejalan dengan produk-produk digital, baik aplikasi web dan mobile, mementingkan user-experience. Dengan JavaScript, para developer bisa merancang website yang interaktif dan kreatif.
  • Fleksibel. Meski JavaScript seringkali dimanfaatkan pada sisi front-end, namun JavaScript juga bisa digunakan untuk sisi server dengan adanya bantuan dari Node.js.
  • Mengembangkan aplikasi mobile. JavaScript banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi pada perangkat mobile.
  • Dapat digunakan pada berbagai framework dan library yang siap digunakan dan mempercepat prosese pengembangan. Selain itu, JavaScript juga dapat dijalankan pada hampir semua web browser yang modern.

Cara kerja JavaScript 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, JavaScript adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat interaktivitas pada website, seperti animasi, efek visual, dan responsif pada input pengguna. Hal inilah yang membuat JavaScript menjadi bahasa pemrograman favorit yang banyak digunakan. Nah, berikut ini merupakan cara kerja JavaScript:


 

  1. Penulisan kode: Kode JavaScript ditulis di dalam file dengan ekstensi .js atau di dalam tag <script> pada file HTML. 
     

     
  2. Parsing: Ketika sebuah halaman web di-load, browser akan mem-parsing kode JavaScript dan mengeksekusinya secara berurutan dari atas ke bawah. 
     
     
  3. Execution: Setiap baris kode JavaScript akan dijalankan, dan jika ada kesalahan atau bug, browser akan memberikan pesan error di console. 
     
     
  4. Manipulasi DOM: JavaScript memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan dan isi halaman web dengan manipulasi DOM (Document Object Model), yaitu struktur HTML yang merepresentasikan halaman web. 
     
     
  5. Interaction: JavaScript juga memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan halaman web, seperti menekan tombol, mengisi formulir, atau melakukan aksi lainnya yang dapat menghasilkan perubahan pada halaman. 
     
     
  6. Asynchronous: JavaScript juga mendukung pemrograman asynchronous, yang memungkinkan aksi atau operasi yang memerlukan waktu yang lama untuk berjalan tanpa menghentikan eksekusi kode lain. 




     

Bagaimana menjalankan JavaScript? 

Untuk menjalankan JavaScript dan juga bahasa-bahasa pemrograman lainnya, kamu hanya memerlukan aplikasi code editor dan web browser. Nah, saat ini banyak sekali code editor yang tersedia, mulai dari yang standar hingga menawarkan fitur yang lengkap. Salah satu platform code editor yang lengkap dan mudah digunakan adalah NEO Code dari Biznet Gio. 


 

NEO Code merupakan code editor gratis dengan performa yang cepat berbasis web yang bisa memudahkan proses pengembangan software dan dapat dijalankan di perangkat apapun karena ringan, baik desktop, tablet, bahkan smartphone, serta dari web browser manapun. Code editor ini dapat digunakan untuk membuat dan mengedit source code berbagai bahasa pemrograman populer, seperti JavaScript, Python, PHP, C#, TypeScript, HTML, dan CSS.  


 

Adapun fitur-fitur NEO Code di antaranya: 

  1. Basic editing dan auto-save sehingga setiap perubahan yang dilakukan oleh pengguna akan secara otomatis tersimpan.
  2. IntelliSense, yaitu menyerankan kata berdasarkan huruf yang pengguna ketik.
  3. Github Integration, yaitu upload dan publish code langsung ke Github repository.
  4. Run and Debugging, yaitu memudahkan pengguna untuk mengedit, meng-compile, dan mengeksekusi code berulang kali. 


     

NEO Code juga dilengkapi dengan ekstensi lainnya, seperti linting untuk mempermudah pengecekan eror pada kode, fitur auto-complete untuk mempermudah penulisan kode, dan storage gratis 2 GB. 


 

Yuk, coba dan nikmati kemudahan membuat serta mengedit code kapan saja dengan NEO Code melalui BGN Lab. Temukan juga layanan menarik lainnya dari BGN Lab, platform layanan eksperimental dari Biznet Gio yang bisa kamu gunakan secara gratis.  

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai BGN Lab kamu bisa menghubungi kami melalui email ke support@biznetgio.com.